Panduan Lengkap Sebelum Daftar TOEFL Preparation Courses

Panduan Lengkap Sebelum Daftar TOEFL Preparation Courses

Daftar tes TOEFL selalu menjadi pengalaman menegangkan, karena kamu perlu mendapatkan skor tertentu. Kamu juga harus membayar biaya cukup besar untuk mengikuti tes. Bahkan, kamu juga dianjurkan ikut TOEFL Preparation Courses selama berbulan-bulan, sebelum jadwal tes resmi.

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk penutur bahasa Inggris non-pribumi. Banyak yang mengikuti ujian TOEFL sebagai persyaratan masuk ke universitas berbahasa Inggris. Alasan lainnya adalah untuk pindah ke negara berbahasa Inggris atau memenuhi syarat mendapatkan pekerjaan berbahasa Inggris.

5 Tips Sebelum Daftar TOEFL

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum daftar tes TOEFL agar dapat mengerjakan tes dengan lebih mudah, yaitu:

1. Belajar Mencatat

Selama TOEFL berlangsung, kamu akan mendengarkan klip audio yang hanya diputar satu kali. Selanjutnya, kamu harus menjawab pertanyaan, berbicara, atau menulis tentang subjek dalam audio. Karena tidak ada pemutaran ulang, kamu harus menjadi pencatat yang baik. Untuk itu, kamu harus belajar membuat catatan secara real time, tanpa melewatkan apa pun yang dikatakan pembicara.

Selama latihan, gunakan berbagai klip audio berbeda, berdasarkan panjang dan tingkat kesulitannya. Dengarkan klip tersebut kembali dan lihat seberapa akurat catatan yang kamu buat. Mampu membuat catatan dengan percaya diri dan mencatat semua informasi penting secara real time akan sangat membantu dalam tes TOEFL.

2. Ambil Tes Latihan

Saat mempersiapkan TOEFL, kamu harus mengincar skor tertentu. Selama masa persiapan TOEFL, kamu juga harus mengetahui apakah sudah mendekati skor target dengan rajin menyelesaikan tes latihan atau sebaliknya.

Tes latihan juga membantu kamu dalam memahami suasana tes, jenis pertanyaan, dan kendala yang akan dihadapi pada hari tes. Ada beberapa cara untuk berlatih TOEFL, termasuk menggunakan tes gratis yang disediakan oleh lembaga kursus.

3. Rajin Baca Setiap Hari

Bahkan penutur asli bahasa Inggris pun membangun kosa kata dengan membaca. Semakin luas bacaan, semakin terpapar banyak konsep dan kosa kata. Semakin suka membaca, semakin membantu membangun keterampilan pemahaman membaca.

Baca berbagai sumber bacaan dan cermati penggunaan bahasa. Tujuannya untuk memperluas jangkauan mata pelajaran yang kamu sukai dalam bahasa Inggris. Kamu tidak pernah tahu mata pelajaran apa yang akan muncul dalam tes TOEFL.

4. Dengarkan Podcast

Ada banyak podcast berbahasa Inggris online, seperti BBC, NPR, komedi atau berita. Mendengarkan penutur asli berbicara bahasa Inggris dengan kecepatan alaminya akan mengembangkan pemahaman mendengarkan. Keterampilan berbicara juga dapat kamu tingkatkan dengan cara memutar ulang bagian podcast. Selanjutnya, cobalah meniru pengucapan pembicara.

5. Belajar Mengetik

Bagian menulis ujian mengharuskan kamu dalam mengetik jawaban di komputer, menggunakan keyboard QWERTY. Jika kamu menghabiskan seluruh waktu berkutat dengan keyboard, kamu tidak akan punya banyak waktu untuk menulis esai yang bagus. Walaupun ini adalah keterampilan sederhana, banyak orang yang lupa mempersiapkannya.

Pastikan kamu dapat mengetik dengan cepat dalam bahasa Inggris menggunakan keyboard QWERTY jauh sebelum tanggal tes. Ada banyak alat online gratis untuk membantu meningkatkan kecepatan dalam mengetik.

Macam-Macam Kursus Persiapan TOEFL

Terkait kursus persiapan TOEFL, ada beragam pilihan tersedia, tergantung peserta tes. Biaya kursus ini dapat sangat bervariasi, bergantung paket dasar hingga paket kursus komprehensif yang dipimpin pengajar profesional. Berikut ini adalah macam-macam kursus persiapan tes TOEFL:

Kursus Online Mandiri

Jenis kursus ini menawarkan lingkungan belajar fleksibel, ideal bagi siapapun yang memiliki jadwal berbeda. Biasanya, harga lebih terjangkau dibanding jenis kursus lainnya. Akan tetapi, membutuhkan disiplin diri yang tinggi. Kamu akan mendapatkan akses banyak soal latihan, pelajaran berupa video, dan beberapa simulasi ujian. Jadi, kamu harus bisa memanfaatkan sumber daya yang sudah disediakan semaksimal mungkin.

Kursus Online bersama Tutor

Jika kamu mencari pendekatan lebih terstruktur untuk persiapan TOEFL, kursus online bersama tutor adalah pilihan tepat. Kursus-kursus ini sering kali menawarkan sesi langsung, evaluasi sesuai capaian tiap individu, dan pengalaman belajar lebih disesuaikan kemampuan personal. Biasanya biayanya lebih mahal, namun investasi tersebut sangat bermanfaat untuk pembelajaran terpandu.

Kursus tatap muka

Jika lebih menyukai suasana kelas tradisional, terdapat pula kursus persiapan TOEFL tatap muka. Kursus-kursus ini merupakan pilihan paling mahal dan menawarkan fleksibilitas jadwal. Terdapat panduan langsung dan kesempatan berinteraksi secara real-time dengan instruktur dan rekan-rekan.

Masing-masing jenis kursus memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk menentukan pilihan terbaik bergantung pada gaya belajar, jadwal, dan kemampuan finansial. Apa pun jenis program studi yang kamu pilih, strategi dan kursus persiapan TOEFL telah terbukti membantu meningkatkan skor saat menghadapi tes resmi.

Baca Juga:
Pengalaman Belajar TOEFL Otodidak

Pilihan Tempat Kursus Persiapan TOEFL Terbaik

Memilih TOEFL Preparation Courses yang tepat adalah keputusan penting karena berdampak signifikan pada nilai ujian dan masa depan akademis. Dengan banyaknya pilihan tersedia, kamu pasti mudah merasa kewalahan. Untuk itu, pertimbangkan gaya belajar, anggaran, dan keterbatasan waktu untuk mempersempit pilihan.

Ingat, kursus termahal belum tentu yang terbaik, dan kursus yang berhasil bagi teman kamu belum tentu berhasil bagi kamu sendiri. Kuncinya adalah menemukan lembaga kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar pribadi.

Baik kursus online, kursus dengan ruang kelas tradisional, atau perpaduan keduanya, pastikan lembaga kursus menawarkan materi pelajaran komprehensif, tes latihan, dan mekanisme evaluasi. Gunakan strategi dan tips persiapan TOEFL yang efektif sebagai bagian dari rencana studi. Mau ikut program TOEFL course yang efektif? Gabung di kelas TOEFL Preparation Class dari ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.