pengalaman belajar toefl otodidak

Pengalaman Belajar TOEFL Otodidak

Pengalaman belajar TOEFL otodidak mungkin sangat menarik untuk dibahas, mengingat mempersiapkan TOEFL bukanlah sesuatu yang mudah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tingkat kesulitan dari tes TOEFL bisa dikatakan cukup tinggi. Sehingga, banyak orang memutuskan untuk mengikuti lembaga kursus khusus untuk persiapannya.

Namun, selain mengikuti kursus, penting juga untuk terus melakukan latihan mandiri. Belajar secara otodidak bukanlah suatu yang mustahil untuk dilakukan selama kamu ada kemauan dan konsisten dalam belajar. Belajar otodidak mungkin akan terasa lenih berat, tetapi juga akan sangat menyenangkan jika kamu menikmati prosesnya.

Pengalaman Belajar Toefl Otodidak Serta Tips Memulainya

TOEFL atau Test Of English as a foreign Language adalah suatu tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau sebagai persyaratan pekerjaan. di bawah ini merupakan tips untuk mulai belajar TOEFL berdasarkan pengalaman belajar TOEFL otodidak.

1. Yakinkan Diri Sendiri Untuk Siap Belajar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu memutuskan untuk belajar secara otodidak yakni, mulai dari diri sendiri. Kamu harus bisa meyakinkan diri sendiri untuk siap belajar. Jangan merasa ragu dan yakinkan diri sendiri.

Belajar otodidak dua kali lebih menantang dibandingkan belajar dengan bantuan tutor. Hal tersebut bisa jadi lebih menyenangkan, atau sebaliknya. Kamu harus bisa mensugestikan bahwa, dengan belajar otodidak kamu bisa mengeksplor lebih jauh terkait materi yang hendak dipelajari.

2. Membaca Pengalaman Orang Lain Dan Mengikuti Referensinya

Berikutnya, kamu bisa membaca pengalaman orang lain yang juga memutuskan untuk belajar TOEFl secara otodidak seperti kamu. Dengan banyak membaca pengalaman dari orang lain kamu akan mendapatkan gambaran lebih banyak dan belajar dari itu.

Selain itu, biasanya orang-orang juga akan membagikan metode belajarnya dan memberikan berbagai cara yang bisa kamu ikuti. Sehingga, selain kamu akan mendapatkan gamabaran, kamu juga bisa mengikuti reference atau cara belajar orang lain.

Baca Juga:
Seputar Rincian Skor TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

3. Kenali Kemampuan Diri Sendiri

Salah satu kelebihan yang akan didapatkan ketika belajar mandiri secara otodidak yakni kamu bisa belajar sesuai dengan kemampuan kamu. hal tersebut akan jauh lebih efektif dibandikan dengan belajar yang materinya sudah ditentukan.

Sehingga, sebelum memulai belajar sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu kemampuan diri. Salah satu cara yang bisa digunakan yakni dengan latihan mengisi soal-soal yang dapat kamu temukan dengan mudah di internet. Setelah itu, amati apa saja kekurangkan kamu dan coba perbaiki dengan terus belajar.

4. Temukan Cara Belajar Terbaik Versi Diri Sendiri

Ada banyak cara belajar yang bisa kamu eksplor. Kamu bisa memilih metode belajar kamu sesuai dengan apa yang kamu sukai. Misalnya, untuk belajar listening kamu bisa menggunakan media film atau lagu berbahasa inggris untuk berlatih, dan sebagainya.

Baca Juga:
Panduan Menjawab Tes TOEFL

5. Lakukan Manjemen Waktu Dan Target

Terakhir, penting untuk kamu melakukan menejemen waktu serta menentukan target. Kamu bisa menyesuaikan waktu belajar sesuai dengan keinginanmu. Selain itu jangan lupa untuk menetapkan target agar proses belajar bisa lebih terarah.

Jika kamu merasa belajar sendiri cukup rumit, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar bisa mendapatkan skor yang maksimal. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih karena kamu akan dibimbing oleh para pengajar berpengalaman. Kamu juga akan mendapatkan materi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itulah pengalaman belajar TOEFL otodidak yang mungkin bisa kamu jadikan referensi ketika hendak mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes TOEFL. Kunci kesuksesan dari belajar secara otodidak yakni, konsisten dan tidak mudah menyerah. Kamu harus bisa meyakinkan diri sendiri bahwa kamu mampu meraih tujuanmu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web