Panduan TOEFL

Panduan Menjawab Tes TOEFL

Mei 18, 2022 | TOEFL

Panduan TOEFL akan sangat membantu setelah kamu mengetahui apa saja jenis-jenis TOEFL dan semua kegunaannya, tapi masih punya beberapa pertanyaan terkait bagaimana cara mengikuti tes TOEFL. Atau, mungkin sempat terbersit seberapa sulit pertanyaan yang kamu hadapi saat ikut tes TOEFL.

Tidak perlu panik, kamu bisa lebih fokus dan mulai membuat beberapa persiapan matang untuk menghadapi tes ini. Selain ikut kursus dalam kelas persiapan TOEFL di ICAN English dengan tutor berpengalaman, kamu juga harus tahu apa saja struktur tes TOEFL.

Baca Juga: WEBSITE BELAJAR TOEFL, GRATIS!

Panduan Mengerjakan Soal TOEFL

Pada jenis TOEFL apapun, secara umum, soal-soal yang kamu hadapi adalah reading, writing, listening, dan speaking. Berikut adalah panduan mengerjakan TOEFL pada masing-masing sesi:

1. Sesi Reading

Panduan mengerjakan Reading pada tes TOEFL yaitu fokus pada pertanyaan dalam bacaan. Pahami bacaan dan jawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Persingkat waktu dengan baca pertanyaan terlebih dahulu, dan kalau sudah menemukan jawabannya, langsung jawab saja.

Kesalahan para pelajar yang ikut tes TOEFL sesi reading adalah membaca teks dari awal hingga akhir, sampai kehabisan waktu. Sehingga mengerjakannya tidak efisien.

2. Sesi Writing

Pada tes TOEFL sesi writing, kamu akan mendapatkan dua tugas. Tugas pertama berhubungan dengan grafik, diagram, dan tabel. Apa yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan, menarik kesimpulan, atau memaparkan informasi menggunakan kata-kata yang kamu kuasai. Tujuannya adalah menguji kemampuan membaca data, menjelaskan proses kerja, atau menjelaskan objek.

Pada tugas pertama, kamu harus mengamati grafik secara cermat agar kamu dapat memahami maksud grafik. Jika sudah selesai memberi penjelasan, berikan kata-kata penutup dengan kesimpulan jelas, padat, dan mudah dimengerti.

Pada tugas kedua, kamu harus membuat esai terkait perspektif kamu sendiri, sehingga dapat membuat opini menarik dan enak dibaca. Tugas kedua menguji kosakata atau vocabulary, semakin luas maka semakin tinggi nilai yang kamu miliki.

Setiap kata sangat penting dan hindari menulis kata terlalu panjang. Buat essai terstruktur dari awal sampai akhir, dan tambahkan kesimpulan. Jangan membuat pendahuluan terlalu lama, dan buat kesimpulan yang bisa menjelaskan secara keseluruhan.

3. Sesi Listening

Panduan TOEFL pada sesi listening adalah meningkatkan kemampuan menangkap kata atau informasi yang ada dalam dialog. Terdapat beberapa aksen yang membuat kamu kesulitan menebak apa yang sedang diperbincangkan.

Kadang dialog tersebut hanya untuk menipu, untuk membuat kamu bingung dalam menentukan jawaban. Panduan meningkatkan kemampuan listening adalah sering dengarkan podcast, video YouTube berbahasa inggris, atau menulis paragraph Bahasa inggris.

 4. Sesi Speaking

Sesi speaking menguji kemampuan berbicara, dibagi dalam tiga bagian. Bagian pertama yaitu menjawab pertanyaan kehidupan sehari-hari. Topik yang dibicarakan adalah hobi, pekerjaan, dan tempat tinggal.

Pada bagian kedua, kamu harus menjawab tentang hubungan kamu dengan orang terdekat. Sedangkan pada bagian ketiga, kamu harus menjawab topik yang sedang hangat saat ini.

Tidak hanya dituntut untuk mengembangkan jawaban, kamu juga tidak boleh lupa dengan penggunaan tata Bahasa, dengan persentase 25% ujian berbicara. Grammar adalah tantangan pada ujian berbicara. Seringkali banyak yang lupa memprioritaskan tata Bahasa saat berbicara.

Baca Juga: JENIS JENIS TOEFL DAN KEGUNAANNYA

Panduan Menghadapi Tes TOEFL

Sekarang, kamu sudah punya panduan mengerjakan TOEFL. Sebelum menghadapi tes tersebut, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan. Latihan intensif adalah kunci utama. Semakin sering latihan, semakin besar pula peluang kamu memperoleh skor lebih tinggi.

Buatlah rencana studi yang lebih efektif dan terapkan disiplin. Latih diri secara berulang sesuai rencana studi dan belajar dari pengalaman. Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa mendaftarkan diri pada kelas persiapan tes TOEFL, ICAN English untuk bertemu teman-teman yang bisa kamu ajak belajar Bahasa inggris bersama.

Adanya tutor berpengalaman membuat belajar jadi lebih intensif, terstruktur, terdapat perkembangan dan evaluasi untuk semua sesi tes TOEFL. Tutor juga akan membantu melatih kepercayaan diri untuk kemampuan speaking sebelum mengikuti tes.

Pada saat menghadapi tes TOEFL resmi, kamu bisa membaca dan memahami semua petunjuk pada lembar soal dengan cermat terlebih dahulu. Jangan remehkan petunjuk tersebut, walaupun hampir sama seperti latihan, bisa saja terdapat perbedaan yang seringkali diabaikan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH