tes toefl yang diakui internasional

Tes TOEFL yang Diakui Internasional

Kamu pasti pernah mendengar dan mengikuti TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) entah untuk memehuni salah satu persyaratan pendidikan, beasiswa atau pekerjaan. Tapi kamu perlu tau bahwa dua TOEFL diakui internasional yang sering digunakan tergantung dari tujuannya secara spesifik.  

Untuk mempersiapkan diri secara maksimal, kamu dapat bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English. Tutor berpengalaman akan membimbing dan memberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

5 Macam Tes TOEFL Yang Diakui Internasional

Dua macam tes TOEFl tersebut yakni, tes TOEFl IBT dan tes TOEFL ITP. Tentu ke dua tes ini memiliki perbedaan baik itu dari biaya tes, materi tes, waktu ujian dan sebagainya. jadi dengan mengetahui tentang macam-macam tes TOEFL yang diakui internasional, kamu bisa memilih lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Tes TOEFL ITP

Tes TOEFL yang diakui internasional pertama yaitu ITP (Institusional Testing Program) secara umum di pergunakan untuk internal organisasi. Jenis kemampuan bahasa inggris yang di ujikan ada 3 yaitu: Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Tes TOEFL ITP berada dalam naungan ETS (Education testing service) yang berada di Amerika.

Tiap tahun ujian test ITP di selenggarakan lebih dari 1.500 institusi serta di ikuti lebih dari 300.000 peserta di seluruh dunia. Tes yang satu ini sudah menggunakan berbagai konten yang ada didalam dunia sosial dan akademik untuk mengatur tingkat kemahiran kamu dalam berbahasa inggris.

2. Kegunaan tes TOEFL ITP  

Kamu perlu mengetahui untuk tes ITP di peruntukan untuk lingkungan akademik serta membantu para pendidik mengetahui kemahiran bahasa inggris mahasiswa atau siswanya. adapun tes ITP di gunakan untuk; Program beasiswa, tes masuk perguruan dalam negeri, melamar kerja di perusahaan yang ternama.

3. Skor tes TOEFL ITP

Kamu pasti bertanya berapa skor yang baik ketika kamu mengikuti tes ini. Dengan mengetahui informasi skor dari tes TOEFL ITP, maka kamu jadi mendapatkan gambaran bagaimana strategi yang harus dilakukan agar bisa lulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan. 

Di certificate of achievement atau sertifikat penghargaan akan diberikan pada mereka yang berhasil meraih nilai minimal tes TOEFL ITP 460 hingga 677. Dengan skor yang sudah kamu ketahui ini tentu kamu akan lebih memaksimalkannya.

Kamu perlu tahu juga TOEFL ITP mengeluarkan sertifikat pada dua kategori. Pertama, Bronze (460-542), Silver (543-626), dan Gold (627-677). sekarang kamu sudah tahu skor maksimalnya adalah 677. Namun untuk di indonesia sendiri mendapatkan skor 500 sudah termasuk bagus. Tapi alangkah baiknya jika kamu bisa meraih nilai sempurna.

4. Tes TOEFL IBT  

Tes TOEFL IBT (Internet Based Tes) adalah tes TOEFL yang diakui secara internasional yang mengukur kemampuan penutur bahasa inggris non pribumi serta memahaminya. sebagaian besar universitas mengharuskan penutur bahasa inggris non pribumi. Hal ini untuk membuktikan bahwa kamu mampu dalam berpartisipasi di perkuliahan.

Kamu perlu tahu juga tes TOEFL IBT memberikankan kamu beberapa keuntungan seperti membantu kamu diperhatikan oleh petugas penerimaan, karena dalam tes nya mengukur kemampuan dalam akademik yang umum ada di kelas. Selain itu, tes ini juga cenderung lebih fleksibel dan cocok dipilih untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang atau sibuk.

Baca Juga:
Soal TOEFL Reading Section dan Pembahasannya

5. Kegunaan Tes TOEFL IBT  

Kamu perlu tahu bahwa tes ini di akui lebih dari 11.500 universitas dan lembaga pendidikan tinggi di lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Kamu dapat menggunakan TOEFL IBT mengonfirmasi bahwa universitas yang anda minati menerima skor IBT dan untuk melihat persyaratan skor mereka.

Kelebihan tes TOEFL IBT ini bahkan menjadi yang di utamakan di Amerika serikat, sedangkan di Australia dan selandia baru hasil tes IBT 100% diterima. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di Perancis dan Jerman tes IBT cukup populer di gunakan sebagai syarat masuk universitas dan lainnya.

Penutup

Dengan mengetahui tes TOEFL yang diakui internasional, dan dengan perbedaan yang di jabarkan di atas, maka kamu bisa tahu tes mana yang sesuai kebutuhanmu kelak.  Jika memang kamu tujuannya lebih ke internasional lebih baik ikuti tes TOEFL IBT.

Tes TOEFL diterima di lebih banyak institusi dibandingkan tes bahasa Inggris lainnya di dunia — di lebih dari 8.500 universitas, lembaga, dan institusi lain di lebih dari 130 negara, termasuk hampir semua universitas terkemuka di AS, Inggris, dan Australia.

Skor TOEFL dapat membantu kamu pergi ke mana pun yang kamu inginkan karena skor tersebut diterima di hampir semua universitas atau institusi yang memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang kuat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.