berbagai macam pelafalan bahasa inggris yang benar

Berbagai Macam Pelafalan Bahasa Inggris yang Benar

Pelafalan bahasa inggris yang benar atau pronunciation adalah salah satu kemampuan dalam menguasai Bahasa inggris yang harus diperhatikan. Belajar bahasa Inggris tidak hanya menguasai banyak kosakata, tetapi juga harus tahu bagaimana melafalkan kosakata tersebut dengan tepat.

Ada begitu banyak kata dalam Bahasa Inggris dan banyak orang yang masih salah dalam mengucapkannya. Agar dapat menghindari masalah tersebut, belajar dan berlatih pronunciation dibutuhkan supaya pesan yang ingin kamu sampaikan pada sebuah percakapan bisa diterima dengan efektif.

3 Daftar Kata Untuk Latihan Pelafalan Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, terdapat 26 alfabet, akan tetapi pengucapannya tidak sama. Bahasa Indonesia adalah Bahasa fonetis, sehingga setiap kata mempunyai pelafalan yang sama seperti ejaan dan bunyi pada tiap hurufnya. Itulah mengapa belajar Bahasa Indonesia justru lebih mudah.

Berbeda dengan Bahasa inggris, bukan Bahasa fonetis, mempunyai sistem pengucapan sulit. Contoh, saat kamu ingin mengucapkan huruf a pada kata ant, maka huruf a tersebut berbeda pengucapannya dengan huruf a pada kata car.

Bahkan, terdapat huruf yang tidak perlu diucapkan walaupun huruf tersebut ada dalam kata. Contoh, ketika kamu ingin mengucapkan kata knee, kamu tidak perlu melafalkan huruf k. sedangkan ketika ingin mengucapkan kata lamb tidak perlu melafalkan huruf b. Agar lebih mudah belajar pelafalan bahasa inggris yang benar, berikut adalah beberapa kosakata yang bisa kamu jadikan sebagai bahan latihan:

1. Stomach

Digraf, dikenal huruf rangkap yaitu ch dalam Bahasa inggris, pelafalannya adalah tj. Contohnya adalah pada kosakata chicken, chair, ataupun beach. Para pemula Bahasa inggris mengucapkan semua kata tersebut sama seperti ketika mengucapkan stomach, padahal hal tersebut tidak tepat.

Huruf ch pada stomach, sebenarnya dilafalkan k mirip seperti ketika mengucapkan kata black, trick, atau duck. Jadi, untuk melafalkan stomach yang benar adalah sto-mek.

Baca Juga:
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

2. Answer

Bagaimana cara melafalkan kata answer?  Kosakata tersebut mempunyai huruf mati atau konsonan yang tidak perlu dibunyikan. Caranya yang benar yaitu mengabaikan huruf w, sehingga melafalkannya adalah an-ser. Abaikan huruf w tersebut sama seperti mengabaikan huruf w pada kata wrinkle, sword, atau wrestle.

3. Vehicle

Berdasarkan peraturan Bahasa inggris, vokal atau huruf hidup terakhir pada kata berakhiran e, maka harus dilafalkan dengan cara dipanjangkan. Misalnya, pada kata dine, mine, dan fine, bunyikan huruf i dengan lafal ai. Hanya saja aturan tersebut sering digunakan secara tidak tepat pada kata serupa, seperti contoh vehicle.

Huruf i pada kata vehicle tidak perlu dibaca ai, dan pengucapan yang tepat yaitu vee-hik-el. Peraturan ini juga berlaku untuk kata examine atau determine.

Baca Juga:
Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Pelafalan Bahasa Inggris

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisa melakukan pelafalan bahasa inggris yang benar. Pertama, cobalah meniru cara pelafalan yang dilakukan oleh native speaker atau penutur asli. Kamu juga bisa belajar tentang phonetic symbols.

Selain itu, cobalah untuk latihan menggunakan bacaan seperti tongue twister, tujuannya supaya bisa membedakan cara pelafalan Bahasa inggris dari kosakata yang terdengar mempunyai bunyi mirip seperti she sees the sea. Tidak ada cara latihan terbaik selain dengan latihan menggunakan Bahasa Inggris dalam dialog sehari-hari. Tonton juga berbagai film Bahasa inggris atau dengarkan lagu Bahasa inggris.

Mau yang lebih optimal? Cobalah untuk ikut kelas speaking atau belajar di tempat kursus seperti ICAN English. Dengan adanya tutor dan materi yang sudah dirancang, kamu bisa belajar sesuai kebutuhan, termasuk meningkatkan kemampuan berbicara atau pelafalan dalam Bahasa inggris dengan benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web