cara penggunaan simple present tense

Cara Penggunaan Simple Present Tense

Dalam bahasa Inggris, terdapat gramatikal yang dinamakan 16 tenses. 16 tenses merupakan pondasi untuk membuat kalimat bahasa Inggris. Seluruh kalimat dalam bahasa Inggris, sudah dipastikan memiliki tenses. Salah satunya adalah simple present tense. Ketahuilah cara penggunaan simple present tense.

Jika kamu tidak mengetahui cara penggunaannya, maka akan sulit membuat kalimat bahasa Inggris. Terlebih, simple present tense merupakan jenis tenses paling dasar dalam gramatikal bahasa Inggris. Sehingga, tenses inilah yang nantinya akan dipelajari pertama. Selain itu, jenis kalimat simple present tense pun paling sering muncul. Dalam kursus bahasa Inggris, materi tenses ini akan selalu ada. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang memiliki kelas basic English di mana kamu akan mempelajari materi-materi dasar bahasa Inggris.

6 Cara Penggunaan Simple Present Tense

Secara umum, simple present tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah peristiwa yang terjadi di masa sekarang. Selain itu simple present tense seringkali digunakan pula untuk mengungkapkan kebiasaan, instruksi, tindakan berulang, atau agenda tetap. Untuk memahami lebih dalam mengenai simple present tense, simak cara penggunaanya di bawah ini!

1. Rumus Dasar Simple Present Tense

Hal pertama yang wajib diketahui sebelum memahami cara penggunaan simple present tense adalah rumus dasar. Apabila tidak mengetahui rumus dasar dari simple present tense, maka akan sulit membuat kalimatnya. Untuk rumus kalimat positif adalah subjek + verb 1 + complement (verbal) dan subjek + auxiliary verb + complement (nominal).

Untuk kalimat negatif, rumusnya adalah subjek + do/does not + verb 1 + complement (verbal) dan subjek + auxiliary verb + not + complement (nominal). Sedangkan untuk kalimat interogatif adalah do/does + subjek + verb 1 + objek? (verbal) dan to be (is/am/are) + subjek + adjective/adverb? (nominal).

Baca Juga:
Catatan Tentang Simple Present Tense

2. Cara Penggunaan untuk General Truth

Untuk cara penggunaan pertama adalah general truth atau menjelaskan suatu fakta. Fakta tersebut sudah dipastikan kebenarannya. Bisanya, penggunaan general truth untuk kalimat-kalimat ilmiah. Misalnya revolusi bumi, fenomena alam, dan sebagainya yang sudah dipastikan kebenarannya. Rumus yang dipakai dapat disesuaikan dengan kalimat atau konteks.

Misalnya, jika untuk kalimat positif. Maka dapat menggunakan rumus subjek + verb 1 + complement. Contohnya adalah rainbows occur because of the refraction of light (pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya). Kalimat tersebut menunjukkan adanya general truth, atau sebuah kejadian yang memang sudah tentu atau teruji kebenarannya.

3. Cara Penggunaan untuk Daily Activities

Cara penggunaan simple present tense berikutnya adalah untuk mengungkapkan daily activities atau kebiasaan yang rutin dilakukan. Kamu dapat menggunakan simple present tense untuk menerangkan aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Untuk pola atau rumus yang dipakai, dapat disesuaikan dengan jenis atau konteks kalimat tersebut.

Misalnya untuk kalimat positif adalah I go to market every morning with my mother (saya pergi ke pasar setiap hari dengan ibu saya). Dalam kalimat tersebut, terlihat keterangan bahwa kegiatan sehari-hari yang dilakukan adalah pergi ke pasar. Kamu juga dapat menggunakan simple present tense untuk menjelaskan kejadian yang berulang-ulang.

4. Cara Penggunaan untuk Express Feelings

Selain untuk menerangkan sebuah kejadian atau peristiwa. Simple present tense dapat digunakan pula untuk mengungkapkan perasaan atau emosi. Perlu diingat dan dipahami, apabila kamu akan mengungkapkan perasaan atau emosi. Maka menggunakan simple present tense ini. Perasaan apapun yang dirasakan, dapat diungkapkan menggunakan tense ini.

Misalnya adalah I am sad to know that you are not okay today (saya sedih mengetahui bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja untuk hari ini). Contoh lainnya adalah I always thankful to my all friend that always beside me (saya selalu berterima kasih kepada teman-teman yang selalu ada di samping saya).

Baca Juga:
Ringkasan Materi Simple Present Tense

5. Cara Penggunaan untuk Command (Perintah)

Instruksi atau perintah yang ada di smartphone, gadget, atau tempat umum biasanya seringkali menggunakan simple present tense. Karena, cara penggunaan simple present tense berikutnya adalah memang untuk perintah atau instruksi. Jika kamu berniat memberikan instruksi kepada orang lain, maka sebaiknya gunakanlah simple present tense ini.

Contohnya adalah dont cross the road (jangan lewati batas jalan), use a mask to go out (gunakan masker untuk keluar rumah), no entry other than employees (jangan masuk, kecuali karyawan), use a pencil to shade the image (gunakan pensil untuk mengarsir gambar), dan terakhir adalah wear warm clothes in winter (pakailah baju hangat selama musim dingin).

6. Cara Penggunaan untuk Kegiatan Terjadwal (Dalam Waktu Dekat)

Cara penggunaan terakhir adalah untuk kegiatan yang terjadwal dalam waktu dekat. Misalnya, kamu akan naik bus yang berangkat jam 7 malam. Maka, dapat menuliskannya dalam kalimat menjadi the bus departs at 7 p.m (bus akan berangkat pada jam 7 malam).

Cara penggunaan simple present tense menjadi penting untuk kamu ketahui. Terlebih jika kamu ingin membuat kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar. Apabila sudah mengetahui cara penggunaannya, maka kamu dapat segera mempraktikannya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web