Pembagian Waktu dalam Bahasa Inggris

Pembagian Waktu dalam Bahasa Inggris

Agu 19, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam sehari semalam tersedia waktu 24 jam yang bisa kamu manfaatkan. Meski sama-sama 24 jam terdapat perbedaan antara format waktu dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Selain perbedaan format, terdapat juga istilah-istilah mengenai pembagian waktu dalam Bahasa Inggris.

Semua hal yang disebutkan diatas akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Selain itu terdapat pula contoh kalimat yang mengandung format waktu 12 jam. Serta istilah-istilah tentang waktu yang bisa digunakan dalam kalimat atau pun percakapan. Dalam belajar bahasa Inggris, materi ini cukup penting untuk dipelajari. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa membantu kamu memahami materi yang satu ini.

Baca Juga: MACAM KETERANGAN WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS

Mengenal Pembagian Waktu dalam Bahasa Inggris

Tidak seperti negara Indonesia yang menggunakan format waktu 24 jam. Pembagian waktu dalam bahasa inggris untuk berbagai negara lainnya adalah menggunakan format 12 jam. Begitu pula dengan istilah-istilah yang digunakan, dalam bahasa inggris istilah tentang pembagian waktu lebih banyak dibanding bahasa indonesia.

1. AM (Ante Meridiem)

Ante meridiem merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Yunani. Arti dari Ante Meridiem sendiri adalah sebelum tengah hari, ini merujuk pada waktu sebelum matahari terbit hingga sebelum melewati meridian. Artinya istilah AM pada format waktu 12 jam menunjukan waktu dimulai dari dini hari hingga tengah hari.

Dalam format 24 jam, waktu AM dimulai sejak pukul 12.01 hingga 12.00. Jadi, bila kamu akan berangkat ke sekolah pada pukul delapan pagi. Maka dalam format 12 jam, jam delapan pagi bisa ditulis dengan 8 am.

2. PM (Post Meridiem)

Post meridiem merupakan kebalikan dari ante meridiem. Sama-sama berasal dari bahasa Yunani, post meridiem memiliki arti setelah tengah hari. Ini merujuk pada waktu setelah tengah hari hingga berakhirnya hari.

Dalam format 24 jam, waktu PM dimulai sejak pukul 12.01 hingga 24.00. Jadi bila kamu berencana untuk pulang dari sekolah pada pukul delapan malam. Maka dalam format 12 jam, jam delapan malam bisa ditulis dengan 8 pm.

3. Konversi Waktu dari Format 12 Jam ke Format 24 Jam

Tidak seperti format waktu 24 jam yang hanya berputar satu kali sehari. Dalam format 12 jam perputaran waktu terjadi dua kali dalam satu hari. Bagi sebagian orang, pembagian waktu 12 jam ini terlihat sedikit membingungkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel tentang konversi waktu di bawah ini

Format WaktuKeterangan
12 Jam24 Jam
12.000.00Midnight/tengah malam
12.01 am0.01 
1.00 am1.00 
5.00 am5.00 
12.0012.00Noon/siang hari
12.0112.01 
7.00 pm19.00 
10.00 pm22.00 
12.0024.00Midnight/tengah malam

Baca Juga: TIPS ATUR WAKTU AGAR BISA BELAJAR BAHASA INGGRIS, MAHASISWA WAJIB TAHU!

Istilah Pembagian Waktu Dalam Bahasa Inggris

Selain menggunakan format 12 jam atau 24 jam untuk menunjukan waktu. Terdapat istilah-istilah dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk mengekspresikan waktu tertentu. Istilah-istilah ini bisa kamu temui dalam percakapan sehari-hari atau dalam media komunikasi lain. Berikut beberapa istilah tentang pembagian waktu dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan

Dawn = subuh/fajar (sekitar jam 4.00 AM sampai jam 5.00 AM)

Early morning = pagi sekali (sekitar jam 5:00 AM sampai 6:00 AM)

Morning = pagi (dimulai dari terbitnya matahari sampai 12:00 PM)

Early Afternoon = pagi menjelang siang (sekitar jam 11:00 AM sampai 1:00 PM)

Noon = tengah hari (12:00)

Afternoon = sore (dimulai dari 12:00 sampai 5:00 PM)

Late afternoon = siang hingga menjelang sore (dari sekitar 4:00 PM sampai 06:00 PM)

Dusk = petang/senja (menjelang matahari terbenam)

Early evening = sore menjelang malam (dari 5:00 PM sampai 7:00 PM)

Evening = malam (dimulai dari 5:00 PM sampai 11.00 PM)

Late evening = larut malam (dari jam 9:00 PM sampai 11:00 PM)

Night = malam (dimulai dari jam 11:00 PM hingga terbitnya matahari atau subuh)

Midnight = tengah malam (pada jam 00:00/12:00 AM)

Middle of the night = tengah malam menjelang pagi (sekitar jam 1:00 PM sampai dua jam sebelum matahari terbit)

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan keterangan waktu dengan format 12 jam. I leave for work at 8.00 am and get home at 6.30 pm, at 5.45 PM, all the bus stop, dan the restaurant open everydays start at 9.00 AM and close at 9 PM.

Sedangkan, berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan istilah pembagian waktu. I wake up early morning to catch up the bus. The best quality for sleeping is at down. I have break fast in the morning everyday . I have meeting with client at meeting room in early afternoon around 11.00 AM

Itulah beberapa informasi mengenai pembagian waktu dalam Bahasa Inggris yang perlu kamu tahu. Sudahkah kamu paham dan mengetahui cara menggunakannya? Jika belum, ayo berlatih agar pemahamanmu semakin mendalam.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH