Pembahasan Soal TOEFL Reading

Pembahasan Soal TOEFL Reading

Mei 27, 2022 | TOEFL

Pembahasan soal TOEFL reading comprehension adalah materi yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Pada bagian ini, kamu bisa belajar memahami, mengintrepretasi, juga analisis teks bacaan tentang banyak topik.

Dalam tes reading, materi yang kamu pelajari mempunyai pola atau standar tertentu. Agar lebih paham dan mampu menyelesaikan soal-soal reading, kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan ikut kelas TOEFL preparation di ICAN English.

Baca Juga: CARA MENJAWAB READING COMPREHENSION

Cara Membahas Soal TOEFL Reading

Materi pembahasan soal TOEFL reading sangat bervariasi. Kadang, soal-soal tersebut adalah tentang tema bacaan, mencari pikiran pokok, menjawab makna kosa kata tertentu, mencari informasi tertentu, menyimpulkan, melakukan identifikasi pengecualian dan rujukan pronoun tertentu.

Saat sedang berlatih pembahasan soal pada TOEFL reading section, berikut adalah tips yang harus kamu gunakan:

1. Jangan Baca Seluruh Teks

Soal TOEFL reading berisi tentang teks bacaan. Akan tetapi, kamu tidak perlu baca seluruh teks tersebut karena hanya memakan waktu. Cobalah baca terlebih dahulu apa soal atau pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.

2. Abaikan Kata atau Frase Sulit

Kadang, waktu kamu habis digunakan untuk memikirkan hal sepele, seperti saat menemukan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang kamu tidak mengerti apa maknanya. Hal seperti ini juga bisa menyita waktu.

Dalam menghadapi TOEFL reading section, kamu harus tinggalkan kata yang tidak kamu mengerti. Atau, coba kaitkan kata tersebut dengan kata sebelumnya, contoh:

They drink the coffee.

Kalau kamu tidak tahu arti drink, maka kamu bisa menyambungkan kata they dan coffee terlebih dahulu agar bisa menebak kata drink.

3. Identifikasi Noun dan Verb

Cobalah identifikasi noun atau kata benda dan verb atau kata kerja yang penting pada teks bacaan. Hal ini membantu menghemat waktu saat kamu fokus pada kata yang dimaksudkan.

4. Bacalah Sekilas dan Amati Kalimat Pertama Tiap Paragraf

Perhatikan kalimat utama pada paragraf karena umumnya awal kalimat adalah letak ide pokok. Beri tanda pada poin-poin yang ditanyakan mulai dari angka, nama-nama, definisi, tempat, dan juga kesimpulan.

5. Isi Semua Soal

Pastikan semua soal kamu kerjakan saat menghadapi TOEFL reading section. Jangan sampai ada yang kosong karena walaupun jawaban salah tidak akan membuat nilai TOEFL berkurang.

Baca Juga: CONTOH MATERI READING DALAM TOEFL

Cara Memaksimalkan Skor TOEFL Reading Comprehension

Test of English as Foreign Language menilai kemampuan Bahasa inggris, termasuk membaca atau reading. Pembahasan soal TOEFL reading secara intensif akan memaksimalkan skor.

Kunci utama soal reading adalah waktu. Manfaatkan waktu yang telah kamu miliki ketika mengerjakan soal reading sehingga skor benar-benar sesuai harapan. Cara latihan yang tepat adalah mengerjakan soal-soal reading dengan batasan waktu.

Soal-soal TOEFL juga seringkali disertai dengan banyak kosakata asing yang tidak populer. Kamu tidak harus menjadi kamus berjalan dalam memahami bacaan. Kosakata tingkat tinggi biasanya diletakkan dalam teks bacaan supaya dapat menilai apakah kamu mampu menyelesaikan soal-soal bacaan tersebut atau tidak.

Walaupun kamu tidak dapat memprediksi kosakata apa saja yang bisa muncul pada bacaan TOEFL reading, kamu juga perlu mempersiapkan diri, seperti mencari tahu dan menghafalkan kosakata yang susah. Kamu dapat melakukannya dengan cara baca langsung, catat arti pada beberapa kata, dan cari kosakata pada berbagai bacaan berbobot.

Kemudian, lihat maknanya dalam kamus, atau cobalah belajar Bahasa Inggris online khusus terkait kosakata kelas atas atau kosakata yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Kerjakan dari bagian yang paling mudah dan atur waktu semaksimal mungkin. Persiapkan jauh-jauh hari dengan sering latihan sebelum menghadapi tes TOEFL resmi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH