contoh materi reading dalam toefl

Contoh Materi Reading dalam TOEFL

Materi reading TOEFL adalah salah satu komponen yang akan kamu temui dalam tes tersebut. Sama seperti tes lainnya, konsep menjawab reading test yaitu membaca essay dan menjawab pertanyaan tentang sesuai essay yang sudah kamu baca.

Dalam satu essay, biasanya terdapat tiga sampai empat paragraf penuh informasi. Baca dan jawab pertanyaan secara benar supaya kamu bisa memperoleh skor tinggi pada sesi tersebut.

7 Jenis Pertanyaan Reading Test Dalam TOEFL

Belajar bersama ICAN English di kelas TOEFL preparation bantu kamu lebih paham tentang bagaimana belajar materi reading TOEFL lebih mudah. Soal-soal reading test sangat bervariasi, terdapat 7 jenis soal yang harus kamu tahu:

1. Tentang Tema/Topik

Topik utama merupakan subjek utama dalam bacaan, bisa judul atau bisa inti isi tulisan. Berikut adalah contoh pertanyaannya:

  • The passage is about?

2. Gagasan Utama

Main idea atau pokok pikiran merupakan paragraf tentang keterangan, penjelasan, uraian, maupun pendapat si penulis terkait topik atau pokok bahasan. Gagasan utama yaitu penjelasan judul dari penulis, menjelaskan sudut pandang penulis.

Karena gagasan penjelasan topik bisa lebih panjang dalam bentuk kalimat lengkap. Berikut adalah contoh pertanyaan materi tes reading TOEFL bertanya tentang gagasan utama:

  • What is the text talking about?

Baca juga:
Cara Meningkatkan Skor Tes TOEFL Reading

3. Judul

Untuk menjawab pertanyaan, bacalah paragraf satu ataupun paragraf awal. Judul tersebut berupa kata, frasa, dan juga kalimat pendek. Berikut adalah contoh pertanyaan yang menanyakan judul:

  • What is the best title of the passage?

4. Tujuan

Tujuan adalah alasan utama menulis utama bacaan tersebut. Tujuan tersebut bisa kamu temukan pada bagian paragraf pertama ataupun kedua, dan berkaitan dengan main idea.

Beberapa contoh pertanyaan tujuan adalah:

  • What is the purpose of the text?

5. Informasi Detail

Bagian penting pada reading comprehension yaitu jawab tentang detail pertanyaan yang berhubungan dengan fakta-fakta pada bacaan seperti who, where, what, when, ataupun how. Berikut adalah contoh bentuk pertanyaannya:

  • What does the author say about?

6. Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian rangkuman bacaan. Letaknya ada pada bagian akhir bacaan dengan contoh bentuk pertanyaannya sebagai berikut:

  • What is the conclusion of the text?

7. Rujukan Kata

Pronoun dipakai penulis guna menggantikan kata benda yang baru kamu sebutkan sehingga tidak harus mengganti menggunakan kata benda sama.

Kata acuan bisa berupa pronoun dan pronomina. Kata tersebut bisa mengacu pada nomina atau noun juga satu frase nomina atau noun phrase dalam beberapa kata.

Baca Juga:
Panduan Belajar TOEFL Yang Harus Diperhatikan

Jenis Teks dan Contoh Materi soal Reading

Ketika mengerjakan soal reading comprehension, ada banyak teks bervariasi lengkap dengan tema pembahasan. Secara garis besar, teks tersebut dikelompokkan pada dua jenis teks, yaitu:

Narrative Text

Narrative text atau teks naratif merupakan tulisan tentang sebuah erita yang dibentuk pada alur tertentu. Teks narasi mempunyai berbagai unsur seperti tokoh, latar, dan konflik yang dihadapi tokoh.

Contoh materi reading TOEFL dengan jenis teks naratif yaitu dongeng, mitos, maupun cerita-cerita jaman dahulu. Contoh lainnya yaitu tentang kisah hidup tokoh terkemuka dunia, seperti tokoh pejuang atau penemu.

Expository Text

Teks ini menjelaskan sesuatu, tanpa ada tokoh, latar, masalah dihadapi tokoh, dan alur cerita. Tujuannya adalah menyajikan informasi, menjelaskan sesuatu, dan mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Contoh expository text dalam materi soal reading comprehension adalah teks tentang makanan tradisional suatu daerah. Untuk bisa menangkap informasi pada teks tersebut, maka kamu harus berlatih, membiasakan diri agar kamu bisa mengasah kemampuan diri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.