Pengertian Auxiliary Verb dalam Bahasa Inggris

Pengertian Auxiliary Verb dalam Bahasa Inggris

Pengertian auxiliary verb adalah kata kerja yang digunakan untuk membantu memperjelas kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Kata kerja bantu ini berfungsi untuk membentuk dan memberikan tambahan makna pada kalimat.

Auxiliary verb ini tidak bisa digunakan tanpa kata kerja utama. Kata bantu digunakan untuk menunjukkan tense, aspek, modal, penekanan dan lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata kerja bantu ini biasanya hadir sebelum kata kerja utama.

Pengertian dan Contoh Auxiliary Verb

Untuk memahami kata bantu ini, maka kamu harus mengerti perbedaannya dengan main verb atau kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

I do want to go to Japan. Pada kalimat ini, kata kerja want adalah kata kerja utama. Sedangkan do membantu memperjelas kata kerja utama wish untuk memberikan penekanan, sehingga membentuk makna yang menjelaskan bahwa subjek benar-benar ingin pergi ke Paris.

Baca Juga:
Penggunaan Kata Bantu Dalam Bahasa Inggris

Beberapa contoh untuk auxiliary verb adalah:

  • Be (am, are, dan is)

You are not helping us, He is playing

  • Have/Has/Had

I have done my homework, She has passed the test

  • Do/Does/Did

Did you come to her party?, Dont you trust me?

Selain beberapa contoh di atas, terdapat pula modals yang juga sering digunakan. Modals sendiri adalah salah satu auxiliary verb. Ini digunakan untuk menunjukkan kemungkinan, kemampuan, larangan, ijin, kebutuhan dan lainnya. Modals ini tidak pernah digunakan bersama dengan tiga macam auxiliary di atas.

Beberapa contoh modals dalam bahasa Inggris adalah can, could, may, might, must, ought to, shall, should, will dan would.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Action Verb Bahasa Inggris

Perbedaan Kata Bantu dan Modals

Keduanya sebenarnya sama-sama diartikan sebagai kata kerja bantu. Namun, kedua kata ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Modals adalah salah satu macam auxiliary verb. Namun, modals memiliki arti literal, seperti “will” yang berarti “akan”, “must” yang berarti “harus”, “can” yang berarti “dapat”, dan lain sebagainya.

Sedangkan, auxiliary verb, selain modals tidak memiliki arti literal namun hanya memberikan penjelasan pada kata kerja utama.

Selain itu, auxiliary bisa memberikan makna yang berbeda atau berubah, tergantung pada kalimat yang ingin disampaikan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web