Pengertian auxiliary verb

Pengertian Auxiliary Verb dalam Bahasa Inggris

Feb 7, 2022 | Bahasa Inggris

Pengertian auxiliary verb adalah kata kerja yang digunakan untuk membantu memperjelas kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Kata kerja bantu ini berfungsi untuk membentuk dan memberikan tambahan makna pada kalimat.

Auxiliary verb ini tidak bisa digunakan tanpa kata kerja utama. Kata bantu digunakan untuk menunjukkan tense, aspek, modal, penekanan dan lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata kerja bantu ini biasanya hadir sebelum kata kerja utama.

Baca Juga: PENGGUNAAN KATA BANTU DALAM BAHASA INGGRIS

Pengertian dan Contoh Auxiliary Verb

Untuk memahami kata bantu ini, maka kamu harus mengerti perbedaannya dengan main verb atau kata kerja utama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

I do want to go to Japan. Pada kalimat ini, kata kerja want adalah kata kerja utama. Sedangkan do membantu memperjelas kata kerja utama wish untuk memberikan penekanan, sehingga membentuk makna yang menjelaskan bahwa subjek benar-benar ingin pergi ke Paris.

Beberapa contoh untuk auxiliary verb adalah:

  • Be (am, are, dan is)

You are not helping us, He is playing

  • Have/Has/Had

I have done my homework, She has passed the test

  • Do/Does/Did

Did you come to her party?, Don’t you trust me?

Selain beberapa contoh di atas, terdapat pula modals yang juga sering digunakan. Modals sendiri adalah salah satu auxiliary verb. Ini digunakan untuk menunjukkan kemungkinan, kemampuan, larangan, ijin, kebutuhan dan lainnya. Modals ini tidak pernah digunakan bersama dengan tiga macam auxiliary di atas.

Beberapa contoh modals dalam bahasa Inggris adalah can, could, may, might, must, ought to, shall, should, will dan would.

Baca Juga: CONTOH INTERROGATIVE SENTENCE BAHASA INGGRIS

Perbedaan Kata Bantu dan Modals

Keduanya sebenarnya sama-sama diartikan sebagai kata kerja bantu. Namun, kedua kata ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Modals adalah salah satu macam auxiliary verb. Namun, modals memiliki arti literal, seperti ‘will’ yang berarti ‘akan’, ‘must’ yang berarti ‘harus’, ‘can’ yang berarti ‘dapat’, dan lain sebagainya.

Sedangkan, auxiliary verb, selain modals tidak memiliki arti literal namun hanya memberikan penjelasan pada kata kerja utama.

Selain itu, auxiliary bisa memberikan makna yang berbeda atau berubah, tergantung pada kalimat yang ingin disampaikan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH