Penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris

Penggunaan Kata Bantu dalam Bahasa Inggris

Jan 28, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada 4 jenis kata kerja bantu atau biasa disebut dengan auxiliary verbs, yang terdiri dari be, do, have, dan modals. Sebagai pelajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai keempatnya karena tentu penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris akan sering kamu lakukan.

Auxiliary verbs biasanya terkenal sebagai kata pembantu yang berfungsi untuk melengkapi kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Selain untuk melengkapi kata kerja utama, kata bantu juga berfungsi untuk memperjelas kata kerja utama tersebut.

Baca Juga: PENGERTIAN AUXILIARY VERB DALAM BAHASA INGGRIS

Jenis Kata Bantu dalam Bahasa Inggris

Auxiliary verbs tidak dapat berdiri sendiri tanpa kata kerja utama. Kata ini digunakan untuk menegaskan tenses, aspek, modal, penekanan dan lain sebagainya. Dalam sebuah kalimat, kata kerja bantu ini biasanya muncul sebelum kata kerja utama.

Beberapa jenis kata bantu dalam bahasa Inggris yang perlu kamu tahu adalah

Kata Bantu “Be”

Be ini bisa mencakup am, is, are, was, were, being, been, dan to be. Biasanya ini digunakan untuk menjelaskan kata kerja, kata benda dan present participle. Untuk menggunakan kata bantu ini, kamu harus menyesuaikan dengan tenses yang kamu gunakan.

Contoh penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris dengan to be dalam sebuah kalimat adalah

  • She is a lovely mother
  • You are such a good friend
  • We were so young
  • I was thinking about you

Kata Bantu “Do”

Kata bantu ini mungkin sering kamu lihat dan dengar. Verbs ini biasanya berfungsi untuk menekankan perasaan atau kata kerja yang ada di depannya. Tak hanya do, kata bantu ini juga mencakup does, did, dan done.

Penggunaan kata bantu ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan tenses yang kamu gunakan. Misalnya kamu harus menggunakan do dan does untuk Present Tense, did untuk Past Tense dan done untuk Past Perfect Tense.

Kata Bantu “Have”

Kata ini biasanya digunakan untuk perfect tense. Tak hanya Have, had dan has juga bisa digunakan dalam kalimat sesuai dengan kondisi dan waktu. Have untuk kalimat present dan future perfect, sedangkan has digunakan untuk present perfect, serta had untuk past perfect.

Baca Juga: KATA TAMBAHAN DALAM BAHASA INGGRIS

Mengapa Perlu Menggunakan Auxiliary Verbs?

Dalam sebuah kalimat, kata bantu ini seringkali diabaikan dan dianggap tidak penting. Padahal, kata ini sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Menurut Grammar Monster, kata bantu ini sangat berguna untuk menentukan mood, menunjukkan opini dan pendapat yang kamu miliki.

Bukan hanya berguna dalam percakapan, kata bantu ini juga sangat berguna jika kamu menulis tulisan dalam bahasa Inggris. Untuk itu, penting memahami semua kata bantu, terutama ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam.

Selain tiga kata bantu di atas, terdapat pula modals yang terdiri dari can, must, may, should, dan lainnya. Fungsi dari modals ini adalah untuk menjelaskan kemampuan, keharusan, kepastian, permintaan, larangan dan sebagainya.

Menguasai kata bantu bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam membentuk kalimat bahasa Inggris, baik dalam lisan maupun tulisan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH