penggunaan kata bantu dalam bahasa inggris

Penggunaan Kata Bantu dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada 4 jenis kata kerja bantu atau biasa disebut dengan auxiliary verbs, yang terdiri dari be, do, have, dan modals. Sebagai pelajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai keempatnya karena tentu penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris akan sering kamu lakukan.

Mengenal Kata Bantu dalam Bahasa Inggris

Auxiliary verbs biasanya terkenal sebagai kata pembantu yang berfungsi untuk melengkapi kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Selain untuk melengkapi kata kerja utama, kata bantu juga berfungsi untuk memperjelas kata kerja utama tersebut.

Kata bantu utama mempunyai tiga kelas utama yang disebut: BE VERBS, DO VERBS dan HAVE VERBS. Hal yang menarik dari kata bantu utama adalah beberapa di antaranya dapat berfungsi sebagai kata kerja utama dalam kalimat karena dapat digunakan sendiri.

Baca Juga:
Penjelasan dan Contoh Exclamatory Sentence

Jenis Kata Bantu dalam Bahasa Inggris

Auxiliary verbs tidak dapat berdiri sendiri tanpa kata kerja utama. Kata ini digunakan untuk menegaskan tenses, aspek, modal, penekanan dan lain sebagainya. Dalam sebuah kalimat, kata kerja bantu ini biasanya muncul sebelum kata kerja utama.

Beberapa jenis kata bantu dalam bahasa Inggris yang perlu kamu tahu adalah

Kata Bantu Be

Be ini bisa mencakup am, is, are, was, were, being, been, dan to be. Biasanya ini digunakan untuk menjelaskan kata kerja, kata benda dan present participle. Untuk menggunakan kata bantu ini, kamu harus menyesuaikan dengan tenses yang kamu gunakan.

Contoh penggunaan kata bantu dalam bahasa Inggris dengan to be dalam sebuah kalimat adalah

  • She is a lovely mother
  • You are such a good friend
  • We were so young
  • I was thinking about you

Baca Juga:
Penggunaan dan Contoh Modal Perfect

Kata Bantu Do

Kata bantu ini mungkin sering kamu lihat dan dengar. Verbs ini biasanya berfungsi untuk menekankan perasaan atau kata kerja yang ada di depannya. Tak hanya do, kata bantu ini juga mencakup does, did, dan done.

Penggunaan kata bantu ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan tenses yang kamu gunakan. Misalnya kamu harus menggunakan do dan does untuk Present Tense, did untuk Past Tense dan done untuk Past Perfect Tense.

Kata Bantu Have

Kata ini biasanya digunakan untuk perfect tense. Tak hanya Have, had dan has juga bisa digunakan dalam kalimat sesuai dengan kondisi dan waktu. Have untuk kalimat present dan future perfect, sedangkan has digunakan untuk present perfect, serta had untuk past perfect.

Baca Juga:
Kata Tambahan Dalam Bahasa Inggris

Mengapa Perlu Menggunakan Auxiliary Verbs?

Dalam sebuah kalimat, kata bantu ini seringkali diabaikan dan dianggap tidak penting. Padahal, kata ini sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Menurut Grammar Monster, kata bantu ini sangat berguna untuk menentukan mood, menunjukkan opini dan pendapat yang kamu miliki.

Bukan hanya berguna dalam percakapan, kata bantu ini juga sangat berguna jika kamu menulis tulisan dalam bahasa Inggris. Untuk itu, penting memahami semua kata bantu, terutama ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam.

Selain tiga kata bantu di atas, terdapat pula modals yang terdiri dari can, must, may, should, dan lainnya. Fungsi dari modals ini adalah untuk menjelaskan kemampuan, keharusan, kepastian, permintaan, larangan dan sebagainya.

Menguasai kata bantu bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam membentuk kalimat bahasa Inggris, baik dalam lisan maupun tulisan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web