pengertian dan contoh conditional sentence

Pengertian dan Contoh Conditional Sentence

Kalimat bahasa Inggris memang beragam. Setiap jenis kalimat memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah conditional sentence. Ketika mempelajari bahasa Inggris, sebaiknya ketahui serta pahami pula pengertian dan contoh conditional sentence. Karena jenis kalimat ini akan banyak muncul pula di teks berbahasa Inggris.

Seperti yang telah disebutkan, kalimat bahasa Inggris memang memiliki beragam jenis teks berbeda. Setiap teks biasanya digunakan untuk kepentingan dan aktivitas berbeda pula. Untuk conditional sentence ini, biasanya digunakan ketika sedang berandai-andai terkait suatu hal. Kalimat ini banyak diucapkan atau diungkapkan ketika melakukan percakapan bahasa Inggris.

Penjelasan Lengkap Pengertian dan Contoh Conditional Sentence

Jika kamu sedang belajar writing bahasa Inggris, maka tidak lengkap tanpa mempelajari conditional sentence. Dalam jenis kalimat ini, terdapat pula rumus atau pola yang perlu dipahami. Karena akan berpengaruh terhadap bisa atau tidaknya kamu membuat kalimat ini. Dalam belajar bahasa Inggris kamu perlu melakukannya dari dasar untuk bisa meningkat ke level selanjutnya. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa asing yang satu ini.

Baca Juga:
Contoh dan Penjelasan Nominal Sentence

Oleh sebab itu, inilah penjelasan lengkap terkait conditional sentence yang wajib dipahami!

1Pengertian Conditional Sentence

Hal pertama yang wajib diketahui dari pengertian dan contoh conditional sentence adalah konsep dari jenis kalimat ini sendiri. Secara umum, conditional sentence adalah jenis kalimat yang bertujuan untuk mengekspresikan pengandaian. Di bahasa Indonesia, biasanya kalimat ini berupa pengandaian sesuatu yang belum pernah terjadi atau dapat dikatakan imajinasi.

Dalam bahasa Indonesia, misalnya adalah andai saja kamu datang ke pesta. Dalam bahasa Inggris, jenis kalimat seperti itu disebut dengan conditional sentence. Ciri utama conditional sentence adalah adanya kata if (jika). Karena jenis kalimatnya memang pengandaian, sehingga akan terkandung kata-kata seperti jika, andai, kalau saja, dan sejenisnya.

Conditional Sentence Tipe 0

Dalam conditional sentence, terdapat beberapa tipe yang berbeda sesuai konteks kalimatnya. Pertama adalah tipe 0, yaitu mengungkapkan sesuatu yang bersifat fakta. Konteks dalam kalimat ini biasanya berupa kejadian atau fenomena ilmiah. Sehingga, sebab dan akibatnya memang sebuah fakta nyata. Pola umumnya adalah menggunakan kata jika dan maka.

Rumus atau pola kalimatnya adalah if + simple present, simple present. Rumus lainnya adalah simple present + if + simple present. Dalam bahasa Indonesia, kalimatnya dapat berupa jika air tersumbat, maka akan banjir. Dalam bahasa Inggris, kalimatnya akan menjadi if the water is clogged, it will flood. Kalimat ini biasanya dipisahkan oleh koma antara sebab dan akibat.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Conditional Sentence Tipe 1

Pengertian dan contoh conditional sentence berikutnya adalah untuk tipe 1. Pada tipe ini, kalimat diungkapkan untuk pengandaian terhadap sesuatu yang hasilnya mungkin saja terjadi di masa mendatang. Hal tersebut disebabkan, sesuatu itu mungkin memang masih masuk akal untuk terjadi. Sehingga, rumus yang digunakan untuk tipe 1 adalah simple future tense.

Polanya adalah if + simple present, simple future. Pola atau rumus lainnya dapat menggunakan simple future + if + simple present. Contohnya adalah if you give him a gift, he will forgive you (jika kamu memberikannya sebuah kado, dia akan memaafkanmu). Contoh lainnya if I win the competition, I will get a car (jika saya memenangkan kompetisi, saya akan mendapat mobil).

Conditional Sentence Tipe 2

Selanjutnya adalah untuk tipe 2. Pada tipe ini, conditional sentence digunakan untuk mengungkapkan pengandaian yang hasilnya mungkin saja terwujud. Namun, kemungkinannya memang sangat kecil. Sehingga, conditional sentence tipe 2 ini cocok digunakan untuk melakukan pengandaian terhadap angan-angan yang kamu miliki dalam pikiran.

Rumus atau pola kalimatnya menggunakan past future tense. Rumusnya adalah if + past tense, past future. Rumus lainnya adalah past future + if + past tense. Contoh kalimatnya adalah if I became a governor, I will repair the education system in Indonesia (jika saya adalah seorang gubernur, saya akan memperbaiki seluruh sistem pendidikan di Indonesia).

Baca Juga:
CONTOH DAN PENJELASAN NOMINAL SENTENCE

Conditional Sentence Tipe 3

Pengertian dan contoh conditional sentence terakhir adalah tipe 3. Dalam tipe ini, berlawanan dengan tipe 1. Karena tipe ini digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang hampir tidak akan pernah terwujud sama sekali. Biasanya, kalimat yang diungkapkan berupa imajinasi saja dari seseorang. Sehingga, akan cukup mustahil untuk terwujud.

Rumus yang digunakan untuk tipe terakhir ini adalah past perfect tense, selain itu ditambah pula dengan auxiliary berupa would, could, dan should. Rumusnya adalah if + past perfect, future perfect. Contoh kalimatnya adalah if I had taken the train, I would not have had a motorcycle accident (jika saja saya naik kereta, saya tidak akan mengalami kecelakaan motor).

Pengertian dan contoh conditional sentence menjadi penting untuk diketahui. Terlebih jika sedang belajar skill writing dalam bahasa Inggris. Pastikan kamu mengetahui seluruh tipe conditional sentence beserta rumusnya. Agar kamu dapat lebih mudah menerapkannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web