kalimat pengandaian dalam bahasa inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Jun 27, 2022 | Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan suatu hal yang belum terjadi, sudah terjadi, atau tidak terjadi.

Materi yang satu ini perlu kamu ketahui dengan baik. Belajar bahasa Inggris dengan efektif memungkinkan kamu untuk memahami materi yang satu ini dengan baik. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa membantu kamu belajar dengan efektif dan maksimal.

Baca Juga: CONTOH DAN PENGGUNAAN KALIMAT EVEN THOUGH BAHASA INGGRIS

Jenis-Jenis Serta Contoh Kalimat Pengandaian Dalam Bahasa Inggris

Conditional sentence dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda-beda. Tiap-tiap jenis tersebut memiliki makna dan fungsi yang juga berbeda. Berikut merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis serta contoh dari conditional sentence.

1. Conditional Sentence 0 (Zero)

Jenis conditional sentence 0 menceritakan mengenai fakta atau suatu hal yang benar dan sudah dibuktikan secara ilmiah. Jika dikaji secara mendetail, bentuk kalimat ini bukan bersifat pengandaian, karena pada kenyataan yang disampaikannya sudah pasti terjadi atau mempunyai pengertian yang benar.

Adapun, rumus yang digunakan untuk jenis ini yaitu if + simple present (kalimat akibat). Misalnya, if you turn the lights on, it not dark anymore (jika kamu menyalakan lampunya, maka tidak akan gelap lagi).

2. Conditional Sentence 1 (First Conditional Sentence)

Berikutnya, conditional sentence type 1 merupakan pengandaian terhadap suatu kejadian saat ini atau kejadian yang akan terjadi di masa mendatang dengan tingkat probabilitas tinggi. Probabilitas tersebut terletak pada if clause dan bukan pada consequence clause (kalimat akibat).

Adapun, rumusnya yakni if + simple present, simple future (will) + imperative (kalimat akibat). Misalnya, he is the best at math, I will do hard work if the day come (dia yang terbaik dalam matematika, aku akan berusaha keras jika harinya tiba)

3. Conditional Sentence 2 (Second Conditional Sentence)

Conditional sentence 2 menggunakan konsep dasar ketika kejadian yang saat ini/masa depan akan datang memiliki probabilitas yang sangat rendah. Adapun rumusnya yakni, if + simple present + would/could/might do (kalimat akibat). Misalnya, she never come to school, if I see her I will talk to her (dia tidak pernah datang ke sekolah, jika aku melihatnya aku akan berbicara dengannya. 

4. Conditional Sentence 3 (Third Conditional Sentence)

Conditional sentence 3 memiliki konsep suatu kejadian masa lalu atau yang sudah terjadi dengan kemungkinan 0. Adapun, rumusnya yakni, if + past perfect + would/could/should/might have done (kalimat akibat). Contohnya, if she had driven carefully, we would save (jika dia berkendara hati-hati, kita akan aman)

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris penting untuk diketahui karena akan sangat berguna ketika dalam berkomunikasi dengan seseorang. Selain itu, kalimat ini juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT AKTIF DAN PASIF SIMPLE FUTURE TENSE

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH