pengertian prepositional phrase dalam bahasa inggris

Pengertian Prepositional Phrase dalam Bahasa Inggris

Kalau kamu mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, kamu pasti sudah pernah dengar tentang struktur kalimat SPOK. Sama seperti Bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris memperhatikan subjek, predikat, objek, dan kata keterangan sangat penting untuk membuat kalimat yang baik dan jelas. Hal tersebut juga berlaku ketika kamu mempelajari pengertian prepositional phrase dalam bahasa Inggris. Prepositional phrase merupakan kalimat keterangan yang berfungsi tentang tempat dan waktu.

Apa Fungsi dari Prepositional Phrase

Pengertian prepositional phrase adalah gabungan dua kata maupun lebih, memberikan keterangan terkait waktu, tempat, ataupun kondisi. Frase tersebut diawali preposisi serta diikuti object of preposition.

Object of preposition tersebut dapat berbentuk kata ganti dan kata benda. Agar lebih jelas, kamu bisa memperhatikan pola kalimat yang mempunyai frase berikut:

  • Preposition + Noun, Pronoun, Gerund, atau Clause
  • Preposition + Modifier(s) + Noun, Pronoun, Gerund, atau Clause

Bagaimana apabila diterapkan pada sebuah kalimat?

  • I will be at my apartment all day long. At adalah preposisi, sementara apartment adalah noun.
  • I got this guitar from my uncle. From my uncle¬†yaitu preposition phrase, from adalah preposisi dan my uncle adalah noun.

Berikut adalah fungsi prepositional phrase:

1. Untuk keterangan, sebagai pelengkap kalimat utuh

2. Sebagai adverb, sehingga dapat menerangkan verb atau kata kerja dalam kalimat, berikut contohnya: Natasya lives in that castle. Contoh lainnya prepositional phrase dapat menjadi adverb adalah: Ben is tired from the tour.

3. Sebagai adjective, contoh: please meet a girl with the red scarf; Please buy a ring with blue diamond.

4. Penunjuk subjek, contoh: That romantic song is written by Taylor; The rare species is introduced by the local scientist.

5. Pelengkap dua objek pada kalimat, contoh: Rachel gave her breakfast to the kid; They bought an apartment for me.

Baca Juga: Mengenal Preposisi dalam Bahasa Inggris

Bentuk Prepositional Phrase

Selain memahami pengertian prepositional phrase ketika belajar Bahasa Inggris, kamu juga harus mengetahui apa saja bentuk prepositional phrase yaitu:

1. Preposition Single

Berikut adalah macam-macam preposition single: since, after, to, without, between, with, in through, by, unlike, for.

2. Preposition Complex

Berikut adalah contoh preposition complex: next to, in front of, as for, in case for, on behalf of, according to, because of, far from, along with, as well as, due to.

Belajar menggunakan prepositional phrase tidaklah mudah, bisa mengecoh karena dapat menciptakan kalimat ambigu. Apabila masih kesulitan memahami penjelasan di atas, ada baiknya kamu mendalami kemampuan bahasa Inggris lebih fleksibel dan praktis.

Gunakan program ICAN English agar kamu bisa belajar saat di rumah. Dengan dilatih para mentor profesional, seluruh kesulitan kamu dalam bahasa Inggris akan terselesaikan. Kamu juga bisa memulai bergabung untuk mengetahui sejauh mana tingkat bahasa Inggris tersebut.

Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web
Website