Belajar Penggunaan Be dalam Bahasa Inggris

Belajar Penggunaan Be dalam Bahasa Inggris

Belajar tentang penggunaan be dalam Bahasa Inggris akan meningkatkan pemahaman dalam tata bahasa. Be adalah auxiliary verb yang juga dapat berperan sebagai  main verb atau kata kerja utama.

Verb be adalah kata kerja tidak beraturan yang mempunyai delapan bentuk berbeda, yaitu: be, is, am, are, was, were, been, dan being. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menggunakan Be untuk belajar Bahasa Inggris.

Penggunaan Be

Inilah beberapa aturan dalam menggunakan Be:

Be Untuk Present Simple dan Past Simple

Penggunaan be dalam bentuk present simple dan past simple tenses membuat lebih banyak perubahan daripada jenis verb lainnya. Berikut adalah beberapa contoh yang harus kamu simak:

Bentuk beContoh kalimatBentuk tense
AmI am late  Present simple
AreYou are late
We are late
They are late
IsShe is late
He is late
WasI was late
She was late
He was late
Simple Past
WereWe were late
They were late
You were late

Be dalam Bentuk Being dan Been

Being adalah bentuk be, digunakan pada kalimat untuk menunjukkan present participle, contoh: Rudi is being very nice these days. Sedangkan been adalah bentuk be, digunakan pada kalimat untuk menunjukkan past participle, contoh: They have been here for two hours.

Contracted Form of Be

Bentuk be pada kalimat present simple tense sering disingkat dalam pembicaraan normal. Bentuk singkat “they are” menjadi they’re dan bukan their yang mana adalah bentuk posesif dari they, sebagaimana contoh berikut: they are here menjadi they’re here.

Penggunaan Be dalam Kalimat Negatif

Bentuk be dalam kalimat negatif adalah dengan menambahkan NOT setelah be. Pada speech Bahasa Inggris, beberapa bentuk telah disingkat dalam kalimat negatif. Beberapa lainnya dari bentuk tersebut justru menekankan makna negatif, sebagaimana contoh berikut:

You aren’t late vs You’re not late.

Bentuk kedua, yaitu “You’re not late” lebih cenderung menekankan kata negatif.

Be sebagai Auxiliary Verb

Seringnya, penggunaan Be dalam Bahasa Inggris adalah untuk auxiliary verb untuk membentuk kalimat Continuous Tenses dan Passive. Continuous Tense dalam main verb menggunakan bentuk be yang sesuai, present ataupun past, diikuti present participle seperti tambahan -ing.

Pada bentuk passive main verb, menggunakan bentuk be yang sesuai dan diikuti past participle.

Be sebagai Main Verb

Be juga merupakan verb yang bisa digunakan sebagai kata kerja utama. Seringnya digunakan untuk melengkapi subjek dan complement. Sebagai main verb, be seringnya digunakan untuk menyatakan perasaan dan keadaan. Contoh penggunaan main verb Be dalam simple tenses: I am happy, I am not sad, atau She was busy.

Be sebagai main verb juga berguna untuk menunjukkan perilaku orang lain. Biasanya, ditandai dengan bentuk Continuous Tense dan disertai adjective, seperti contoh berikut: I am being careful, but you’re being slow.

Be + To Infinitive

Biasanya bentuk ini digunakan untuk masa depan, dalam kondisi formal. Misalnya, ketika seorang reporter menyampaikan laporan berita. Berikut adalah contoh penggunaan be dan to infinitive dalam kalimat: Mr. President is to visit Malaysia in February.

It + Be untuk Subjek

Penggunaan it + be, dimana it adalah subjek biasanya digunakan untuk menyatakan waktu, jarak, harga, dan cuaca. Be ditandai dengan bentuk singular, seperti contoh: It is too hot.

There + Be

Penggunaan there diikuti be (is atau are) digunakan untuk membicarakan sesuatu yang sudah ada. Be dalam bentuk singular atau jamak, bergantung pada jumlah kata benda, dan terkadang be disingkat, seperti contoh: There are several cars here. There isn’t enough water to drink.

Verb Be dalam Klausa Tanya

Bentuk klausa pertanyaan dengan verb be dibuat dengan meletakkan bentuk be yang sesuai di depan subjek, seperti contoh berikut: is he sleeping? Are you okay?

Baca Juga:
Bahasa Inggris Slang Sehari Hari Paling Populer

Fungsi Penggunaan Be dalam Bahasa Inggris

Belajar penggunaan be dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk membantu agar kamu bisa mudah berkomunikasi, baik melalui lisan atau tulisan. Penggunaan be yang tepat membuat orang lain tidak salah paham dengan apa yang kamu utarakan.

Tidak hanya bisa belajar Be dalam Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bagian dari tata bahasa lainnya di ICAN English. Ada tutor yang akan membantu memperjelas pemahaman kamu dalam menggunakan part of speech atau grammatical structure lainnya supaya bisa berkomunikasi dengan lancar dalam kehidupan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web