Penggunaan do dan does

Penggunaan Do dan Does Bahasa Inggris

Feb 4, 2022 | Bahasa Inggris

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata do dan does. Kamu mungkin sering bertemu dengan dua kata ini ketika berbicara atau membaca. Penggunaan do dan does tentu tidak bisa sembarangan. Selain sebagai auxiliary, do dan does bisa menjadi kata kerja yang memiliki makna melakukan sesuatu.

Kedua kata ini biasanya digunakan pada percakapan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakannya untuk menyatakan suatu aksi, pertanyaan, hingga pernyataan yang bersifat negative. Perbedaan dari dua kata ini sebenarnya terletak pada subjeknya.

Baca Juga: CONTOH KATA KERJA BAHASA INGGRIS

Penggunaan Do dan Does dalam Kalimat Bahasa Inggris

Do biasanya digunakan untuk subjek kata ganti orang (personal pronouns), seperti I, You, They, We. Sedangkan, does biasanya digunakan untuk subjek orang ketiga (third person), seperti He, She, It.

Do juga kerap kali digunakan dalam Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Sedangkan, Does digunakan dalam Simple Present Tense. Kedua kata kerja bantu ini sering digunakan dalam kalimat yang menjeaskan suatu kejadian, pertanyaan, hingga kalimat yang bersifat negatif.

Do

Rumus untuk kata kerja ini adalah Pronoun + Auxiliary Verb (Do) + Verb

Untuk subjek yang menggunakan kata ini biasanya hanyalah I, You, They, We. Selain sebagai auxiliary, Do juga berfungsi sebagai kata kerja. Biasanya digunakan dalam kalimat present tense. Contohnya adalah:

  • I do my homework (kalimat positif)
  • They do not go to park (kalimat negative)

Does

Rumusnya adalah Pronoun + Aux v. (Do) + Verb

Kata Does digunakan untuk subjek (he, she it). Untuk does hanya berfungsi sebagai auxiliary. Biasanya digunakan dalam kalimat present tense. Contohnya adalah:

  • She does not go to park
  • He eats banana (khusus dalam kalimat positif, verb hanya ditambahkan S atau ES)

Baca Juga: PENGGUNAAN KATA BANTU DALAM BAHASA INGGRIS

Penggunaan Did pada Kalimat

Did biasanya digunakan untuk masa lampau dari do dan does. Nah, rumus yang bisa kamu gunakan untuk kata ini adalah Pronoun + Aux v. + Verb. Berikut beberapa contoh kalimat did yang perlu kamu pahami:

  • I did go to gym last night, it was fun session
  • We did go to the park last month, what about go to another travel destination?

Terkadang, dalam kalimat bahasa Inggris kamu akan menemukan penggunaan auxiliary verb disebutkan dua kali dalam satu kalimat. Umumnya, penggunaan kata kerja bantu sebanyak dua kali ini digunakan dalam Simple Past Tense serta kalimat tanya. Contohnya adalah what did you do to your brother?

Belajar seputar penggunaan do dan does akan membuat kamu lebih mudah membuat kalimat bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH