penggunaan do, does, did

Penggunaan Do, Does, Did

Dalam bahasa Inggris, grammar atau tata bahasa memang menjadi hal yang cukup penting. Salah satunya adalah penggunaan do, does, did. Meskipun grammar bukan aspek paling penting dalam belajar bahasa Inggris, tetapi disarankan untuk mengetahui dasar grammar. Belajar bahasa Inggris tentu tak akan lepas dari materi ini.

Do, does, dan did merupakan kata kerja atau verb. Dalam bahasa Inggris, kata kerja tersebut masuk dalam kategori auxiliary verb (kata kerja bantu). Do, does, dan did memiliki arti melakukan dalam bahasa Indonesia. Namun, ketiga kata kerja tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Penggunaan Do, Does, Did: Mengenal Kata Kerja Do

Do merupakan kata kerja yang digunakan untuk verb 1 atau present dan future tense. Sehingga, penggunaan kata kerja do ini cocok untuk kalimat yang menerangkan waktu saat ini. Do bisa digunakan untuk subjek I, you, they, dan we. Berikut adalah beberapa penggunaan kata do dalam bahasa Inggris!

Kata Kerja Utama

Untuk kata kerja utama, penggunaan do dapat diartikan sebagai melakukan, berbuat, atau mengerjakan. Contohnya adalah pada kalimat you do your homework really great. (Kamu mengerjakan pekerjaan rumahmu dengan baik). Terlihat bahwa keterangan waktunya adalah present atau masa sekarang.

Kata Ganti Orang (Pertama dan Kedua)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, do digunakan untuk subjek I, you, they, dan we. Do dapat pula digunakan sebagai kata ganti untuk orang pertama dan kedua. Misalnya adalah, do you drink a cup of coffee? (apakah kamu minum kopi?) Kata do hanya dapat dipakai untuk orang pertama (I, we) dan orang kedua (they, you).

Kata Kerja Bantu

Selain kata kerja utama, do dapat pula digunakan untuk kata kerja bantu atau auxiliary verb. Misalnya adalah, I do not understand the materials (Aku gak paham materinya). Dalam kalimat tersebut, do digunakan untuk membantu kata kerja understand.

Baca Juga:
Penggunaan Modals Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do, Does, Did: Mengenal Kata Does

Does sebenarnya memiliki arti yang sama seperti do, tetapi kata kerja does hanya digunakan di present tense. Selain itu, does hanya digunakan untuk subjek He, She, dan It. Digunakan pula untuk subjek tunggal, misalnya a boy, the man, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa penggunaan kata does!

Kata Kerja Utama

Does dapat digunakan dalam kata kerja utama atau ordinary verb. Misalnya adalah, she does her work perfectly. (Dia mengerjakan pekerjaannya dengan sempurna). Dapat terlihat bahwa subjek yang digunakan adalah orang ketiga atau she.

Kata Ganti Orang (Ketiga)

Seperti yang sudah disebutkan, does hanya dapat digunakan untuk orang ketiga. Misalnya adalah kalimat, It does not work. (Itu tidak bekerja). Apabila subjeknya orang pertama atau kedua, maka dapat menggunakan do.

Kata Kerja Bantu

Sama halnya seperti dua penggunaan di atas, does hanya dapat digunakan untuk orang ketiga. Untuk kata kerja bantu misalnya adalah, She does not want the food (Dia tidak menginginkan makanan tersebut).

Baca Juga:
Penggunaan Do dan Does Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Did

Penggunaan do, does, did terakhir adalah pada kata kerja did. Berbeda dengan do dan does, did hanya dapat digunakan untuk keterangan waktu di masa lampau atau past tense. Berikut adalah beberapa penggunaannya!

Kata Kerja Utama

Dalam kata kerja utama atau ordinary verb. Penggunaan kata did misalnya adalah, I did my work at time (Aku melakukan pekerjaanku tepat waktu). Untuk kata kerja did, perlu dipastikan bahwa keterangan waktunya adalah masa lampau.

Kata Ganti Orang

Kata kerja did dapat dipakai untuk orang pertama, kedua, dan ketiga. Misalnya adalah, We did the job perfectly last week (Kami mengerjakan pekerjaan dengan baik pada pekan lalu). Keterangan waktunya adalah pekan lalu atau masa lampau.

Kata Kerja Bantu

Terakhir adalah kata kerja bantu atau auxiliary verb. Misalnya adalah, did he come to the party yesterday (Apakah dia datang ke pesta kemarin?). Tampak bahwa keterangan yang digunakan akan selalu past tense.

Penggunaan do, does, did menjadi hal yang penting dalam bahasa Inggris. Karena memang seringkali digunakan di berbagai kalimat atau percakapan. Namun, perlu diketahui perbedaan dalam penggunaan kata kerja tersebut agar tidak keliru. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web