Penggunaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

Sudah belajar bahasa Inggris, siapa yang masih bingung penggunaan either dan neither?  Mungkin kamu sudah tidak asing dengan kedua kata tersebut karena sering didengar dalam percakapan sehari, tapi jika tidak paham artinya tentu membuat bingung karena penggunaannya tidak selalu sama Dalam berbagai macam konteks.

Jika kamu belajar bahasa Inggris melalui  Lembaga Kursus yang profesional, mungkin bisa memahami artinya dan penggunaannya Melalui pembelajaran bersama tutor  bahasa Inggris terbaik. Tetapi bagi kamu yang belajar bahasa Inggris secara otodidak, tentu saja harus memahami dengan baik penggunaan untuk either dan neither ya.

Memahami Penggunaan Either dan Neither

Sebelum memahami penggunaan beserta contoh dari either dan neither,  pada baiknya jika kamu memahami arti dari keduanya. Berikut ini penjelasan untuk penggunaan keduanya.

Penggunaan Either

Either akan digunakan apabila kamu memilih salah satu dari dua pilihan yang tersedia. Jadi jika kamu ingin mengekspresikan sesuatu ketika memilih salah satu diantara dua pilihan, maka bisa menggunakan kata tersebut.  Bisa juga diartikan bahwa either memiliki sifat yang positif dan tidak memberikan negasi untuk kedua pilihan.

Berikut ini contoh penggunaan kalimat either:

  • Either you can join us for dinner tonight, or we can catch up over coffee tomorrow morning. The choice is yours. (Entah kamu bisa bergabung dengan kami untuk makan malam malam ini, atau kita bisa minum kopi besok pagi. Pilihan ada padamu.)
  • I can’t decide either to watch a movie at home or go out to the cinema. Both options sound appealing. (Aku  tidak bisa memutuskan untuk menonton film di rumah atau pergi ke bioskop. Kedua opsi tersebut terdengar menarik.)

Jadi, kedua kalimat tersebut tentu bisa digunakan untuk penggunaan kata either.

Penggunaan Neither

Sedangkan untuk penggunaan neither memiliki arti dapat dimanfaatkan dalam situasi ketika ada dua pilihan, tetapi kamu tidak memilih salah satunya.  Bisa  juga kata diartikan bahwa kata neither digunakan Jika kamu tidak setuju atau tidak memilih antara kedua pilihan yang diberikan. Berikut ini contoh kalimat penggunaan neither.

  • Neither of the options presented seems suitable for our project’s requirements. (Tak satu pun dari opsi yang disajikan tampaknya sesuai dengan kebutuhan proyek kami.)
  • Sarah and Tom are both skilled candidates, but neither has experience in this particular field. (Sarah dan Tom sama-sama kandidat yang terampil, namun keduanya tidak memiliki pengalaman di bidang tersebut.)

Kedua contoh kalimat di atas menjelaskan bahwa pembicara tidak memilih kedua dari pilihan yang sudah disediakan.

Memahami Fungsi Either dan Neither dalam Sebuah Kalimat

Penggunaan either dan neither memang sangat penting dalam kalimat bahasa Inggris. Nah, berikut ini beberapa fungsi dari kedua kata tersebut sesuai kaidah dalam penggunaan grammar.

Digunakan sebagai Pronoun

Pronoun adalah sebuah kata ganti di dalam bahasa Inggris dengan fungsi untuk menggantikan kata benda maupun nama. Jadi penggunaan either dan neither bisa dimanfaatkan sebagai pronoun untuk menggantikan dua kata benda maupun nama. Contohnya seperti berikut:

  • I have two books, but I can’t decide which to read first. You can borrow either. (Aku  punya dua buku, tapi aku tidak bisa memutuskan mana yang akan dibaca terlebih dahulu. Kamu juga bisa meminjam.)
  • There are two deserts on the menu, and you can choose either. (Ada dua makanan penutup di menu, dan kamu dapat memilih salah satunya.)
  • Neither of the candidates has the necessary qualifications for the position. (Tak satupun dari kandidat memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk posisi tersebut.)
  • There are two flavors of ice cream available, but neither appeals to me. (Ada dua rasa es krim yang tersedia, tapi tidak ada yang menarik bagi saya.)

Melalui beberapa contoh tersebut, kamu bisa memahami dengan baik bagaimana penggunaan either dan neither sebagai pronoun.

Digunakan Sebagai Adjective

Selain digunakan sebagai pronoun, either dan neither juga dapat digunakan sebagai adjective. Adjective merupakan sebuah kata sifat  yang digunakan di dalam bahasa Inggris untuk bisa menjelaskan maupun memberikan keterangan pada kata benda. Nah, either maupun neither ni digunakan untuk bisa menjelaskan dua hal maupun lebih. Berikut ini contohnya:

  • You can choose either shirt, they both look great on you. (kamu dapat memilih salah satu kemeja, keduanya terlihat bagus untukmu.)
  • We have two options for the meeting time, and either time works for me. (Kami memiliki dua pilihan waktu pertemuan, dan kedua waktu tersebut cocok untuk ku.)
  • Neither option seems suitable for our project’s requirements. (Tampaknya tidak ada opsi yang cocok untuk kebutuhan proyek kami.)
  • Neither candidate possesses the necessary skills for the job. (Tidak ada kandidat yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.)

Digunakan Sebagai Conjunction

Either dan neither juga dapat digunakan sebagai conjunction. Nah, conjunction merupakan sebuah kata penghubung bahasa dalam bahasa Inggris yang dapat mempertemukan dua pemikiran atau lebih menjadi satu. Either serta neither, sebagai bagian dari jajaran conjunction, mampu mengaitkan dua alternatif atau pilihan dalam suatu konteks. Contohnya seperti berikut:

  • Either you can come to the party tonight, or we can meet for lunch tomorrow. (Entah kamu bisa datang ke pesta malam ini, atau kita bisa bertemu untuk makan siang besok.)
  • We can either go for a walk in the park, or we can stay at home and watch a movie. (Kita bisa berjalan-jalan di taman, atau tinggal di rumah dan menonton film.)
  • Neither my sister nor I have been to Paris before, so we’re both excited about our upcoming trip. (Saya dan saudara perempuan saya belum pernah ke Paris sebelumnya, jadi kami berdua bersemangat dengan perjalanan kami yang akan datang.
  • Neither the teacher nor the students were prepared for the unexpected fire drill. (Baik guru maupun siswa tidak siap menghadapi latihan kebakaran yang tidak terduga.)

Dalam contoh di atas, either  digunakan  sebagai penghubung untuk memperkenalkan pilihan antara dua alternatif yang tersedia. Sedangkan  neither  digunakan sebagai kata penghubung dua elemen dalam konstruksi negatif, sehingga dapat menunjukkan bahwa tidak ada satupun individu atau hal yang disebutkan bisa memenuhi sebuah kondisi tertentu.

Baca Juga: Contoh Kalimat Either dan Neither

Digunakan Sebagai Determiner

Fungsi  selanjutnya, either dan neither  juga dapat digunakan sebagai determiner. Jadi,  determiner merupakan hal penting dalam bahasa Inggris yang menjadi kata penentu untuk menentukan kata yang benda yang telah diikuti. Penggunaan either dan neither untuk determiner berfungsi menunjukkan dua pilihan atau opsi, contohnya seperti berikut:

  • You can choose either dessert from the menu; they both look delicious. (Kamu dapat memilih makanan penutup dari menu; keduanya terlihat lezat.)
  • We have two options for the vacation destination, so you can pick either one. (Kami memiliki dua pilihan tujuan liburan, jadi kamu bisa memilih salah satunya.)
  • Neither candidate has the necessary experience for the job. (Tidak ada kandidat yang memiliki pengalaman yang diperlukan untuk pekerjaan itu.)
  • Neither book on the shelf caught my interest, so I left the bookstore empty-handed.(Tidak ada buku di rak yang menarik minat saya, jadi saya meninggalkan toko buku dengan tangan kosong.

Digunakan Sebagai Adverb

Fungsi selanjutnya yang dapat juga digunakan sebagai adverb, yang merupakan kata keterangan dalam bahasa Inggris dengan tujuan untuk memberikan keterangan pada kata kerja maupun kata sifat. Either dan neither  dapat digunakan sebagai adverb yang akan memberikan keterangan pada kata kerja, contohnya sebagai berikut: 

  • You can sit on either side of the table; there’s enough space for everyone. (Kamu bisa duduk di kedua sisi meja; ada cukup ruang untuk semua orang.)
  • I can meet you either before lunch or after dinner, whichever works best for you. (Saya bisa menemui kamu sebelum makan siang atau setelah makan malam, mana saja yang paling cocok untuk kamu.)
  • She is neither late nor early for the meeting; she arrived right on time. (Dia tidak terlambat atau terlalu dini untuk rapat; dia tiba tepat waktu.)
  • The restaurant is neither too crowded nor too quiet; it has just the right ambiance.(Restorannya tidak terlalu ramai atau terlalu sepi; ini memiliki suasana yang tepat.)

Dalam contoh tersebut ada keterangan, misalnya contoh yang kedua memberikan keterangan penulis dapat bertemu dengan pembaca pada salah satu waktu yang ditentukan, sebelum makan siang atau setelah makan malam.

Penutup

Dapat  disimpulkan bahwa penggunaan either dan neither  ditujukan untuk memilih salah satu dari dua pilihan, atau tidak memilih sama sekali. Dalam bahasa Inggris either dan neither adalah salah satu materi penting yang wajib dipelajari.

Apabila kamu  ingin meningkatkan pemahaman untuk materi tersebut ada baiknya jika bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris profesional ICAN English. Ada berbagai macam materi yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Selain itu kamu akan didampingi oleh tutor dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.