penggunaan infinitive dalam bahasa inggris

Penggunaan Infinitive dalam Bahasa Inggris

Dalam grammar atau struktur bahasa Inggris, terdapat beberapa macam kata kerja. Salah satunya adalah infinitive. Secara umum, infinitive ini digunakan sebagai kata sifat, kata benda, atau kata keterangan. Penggunaan infinitive dalam bahasa Inggris biasanya dimaksudkan untuk menyatakan suatu tujuan, pendapat (opinion), serta menjawab beberapa pertanyaan.

Diantaranya adalah pertanyaan mengapa, siapa, dan apa. Perlu diketahui bahwa infinitive biasanya akan diawali oleh to dan diikuti oleh verb yang merupakan kata dasar. Infinitive berbeda dengan kata kerja lainnya. Karena akan tetap berbentuk infinitive dan tidak akan terkonjugasi oleh kata kerja lain ketika diletakkan di dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

5 Bentuk Penggunaan Infinitive dalam Bahasa Inggris

Fungsi infinitive dalam bahasa Inggris akan cukup bervariasi tergantung dengan jenis penggunaannya. Karena penggunaannya pun memiliki beberapa jenis atau beberapa bentuk. Hal ini perlu diketahui ketika tengah belajar grammar bahasa Inggris. Karena merupakan salah satu aspek terpenting. Simak beberapa bentuk penggunaannya di bawah ini!

Baca Juga:
Contoh Expressing Opinion dalam Bahasa Inggris

1. Infinitive Sebagai Subjek dalam Kalimat

Jenis serta bentuk pertama adalah infinitive yang digunakan sebagai subjek dalam kalimat. Pada bentuk pertama ini, infinitive biasanya terdapat di bagian awal kalimat. Karena memang difungsikan sebagai subjek. Dalam mempelajari kalimat atau grammar bahasa Inggris, biasanya infinitive sebagai subjek ini banyak digunakan dalam beberapa tulisan bahasa Inggris.

Pola kalimat infinitive sebagai subjek adalah to + infinitive + (is/was) + object atau adjective. Contoh kalimatnya adalah, to understand chemistry is hard (untuk memahami pelajaran kimia itu sulit). Contoh lainnya, to drive in the evening is not desirable (berkendara di malam hari itu tidak diinginkan). Dalam kedua kalimat tersebut, terlihat infinitive berada di awal kalimat.

2. Infinitive Untuk Mengemukakan atau Mengungkapkan Tujuan

Penggunaan infinitive berikutnya adalah untuk mengemukakan serta mengungkapkan tujuan. Dalam penggunaan ini, infinitive digunakan untuk menyatakan sebuah tujuan. Atau dalam kata lain, infinitive memiliki fungsi yang sama dengan in order to. Karena penggunaannya sama-sama untuk menyatakan sebuah tujuan. Namun, pola infinitive berbeda dengan in order to.

Karena dalam infinitive ini, diksi yang dipakai hanyalah to saja. Tanpa ditambah dengan in order. Pola kalimat infinitive untuk menyatakan sebuah tujuan adalah subject + verb + to + infinitive + object. Contoh kalimatnya adalah, my younger sister frequently ask me to help her homework (Adik perempuanku seringkali memintaku untuk membantu pekerjaannya).

3. Infinitive Untuk Memberi atau Menyatakan Pendapat

Bentuk penggunaan berikutnya adalah infinitive yang digunakan untuk menyatakan serta memberikan sebuah pendapat. Apabila ingin menyatakan sebuah pendapat atau opinion, maka dapat menggunakan pola dari infinitive verb. Perlu diketahui bahwa bentuk infinitive dapat digunakan untuk menyatakan pendapat apabila diikuti oleh kata sifat atau adjective.

Sehingga, bentuk kalimatnya memang diharuskan memiliki kata sifat atau adjective. Pola kalimat infinitive untuk menyatakan atau memberikan pendapat adalah subject + to-be verb + noun + to + infinitive. Contoh kalimat infinitive dalam menyatakan pendapat adalah, it was difficult to walk quickly in the morning (Sulit untuk berjalan dengan cepat ketika pagi hari).

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Infinitive dan Gerund

4. Infinitive dalam Bare Infinitive (Tanpa to atau Without to)

Bentuk infinitive dapat ditulis pula tanpa keterangan to, atau lebih dikenal pula dengan bare infinitive. Dalam bare infinitive ini, kamu tidak perlu mengawali kalimat infinitive dengan to. Itulah mengapa kata kerja di bare infinitive ini disebut pula sebagai kata kerja asli. Misalnya seperti look (melihat), read (membaca), hear (mendengar), speak (berbicara), dan go (pergi).

Contoh pertama adalah menggunakan kata kerja bantu (auxiliary), she can play a basketball (dia dapat bermain bola basket). Contoh kedua menggunakan awalan had better, would rather, atau had rather. She had better choose english literature as her major to improve her skill (sebaiknya dia memilih sastra Inggris sebagai jurusannya untuk mengasah kemampuannya).

5. Infinitive Sebagai Adverbs (Kata Keterangan)

Berikutnya adalah infinitive yang digunakan sebagai adverb. Dalam bahasa Inggris, adverb merupakan kata keterangan. Adverb berfungsi untuk menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan yang lainnya. Dalam beberapa pola kalimat, adverb dapat digunakan pula sebagai jawaban dari pertanyaan why atau mengapa.

Sehingga, infinitive dalam adverb ini digunakan sebagai kata keterangan untuk memberikan informasi lanjutan. Baik untuk kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan yang lainnya. Contohnya adalah, my mom is going to the market to buy some fruits and vegetables (ibuku pergi ke pasar untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran).

Baca Juga:
Cara Mudah Belajar Present Tense

Fungsi Infinitive dalam Bahasa Inggris

Apabila sedang mempelajari grammar dalam bahasa Inggris, maka perlu mengetahui penggunaan infinitive. Karena infinitive seringkali muncul di kalimat atau tulisan berbahasa Inggris. Apabila sudah memahami dan mengetahui penggunaan serta fungsi infinitive. Maka penguasaan grammar atau struktur bahasa Inggris pun akan lebih mudah. Anda bisa hubungi ICAN English untuk informasi lebih lanjut.

Biasanya infinitif dibentuk dengan menambahkan kata to sebelum bentuk dasar kata kerja, seperti in to be, namun terkadang bentuk dasar kata kerja digunakan sendiri (akan kami jelaskan lebih lanjut di bagian berikutnya).

Tujuan dari infinitif adalah untuk membahas suatu tindakan secara umum, bukan contoh spesifik dari tindakan yang sedang dilakukan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi