penggunaan to dalam bahasa inggris

Penggunaan To Dalam Bahasa Inggris

Dalam menulis bahasa Inggris, terdapat unsur kata yang dinamakan preposisi. Salah satunya adalah preposisi to. Penggunaan to dalam bahasa Inggris biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu tempat, seseorang, dan sebagainya. To dalam kalimat dapat digunakan pula sebagai adverbial atau kata kerja infinitive.

Secara umum, preposisi dalam sebuah kalimat memang digunakan untuk berbagai macam fungsi. Mulai dari menunjukkan sebab akibat, tempat, tujuan, asal, arah, perbandingan, dan sebagainya. Sehingga, preposisi pun menjadi unsur yang krusial dalam sebuah kalimat. Karena kalimat cenderung akan rancu apabila tidak menggunakan preposisi.

Beberapa Penggunaan To Dalam Bahasa Inggris

To memiliki beberapa fungsi yang lebih spesifik. Secara umum, to memang memiliki fungsi untuk menunjukkan tempat, seseorang, dan sebagainya. Namun, yang lebih spesifik adalah untuk menunjukkan sesuatu yang bergerak. Sederhananya, to digunakan untuk mengindikasikan atau menunjukkan adanya sebuah pergerakan.

Adapun pergerakan yang dimaksud adalah pergerakan atau perpindahan orang dan beda dari satu tempat menuju tempat lainnya. Atau dari satu orang menuju ke orang yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penggunaan to dalam bahasa Inggris di bawah ini. Materi ini akan sangat berguna untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris.

Menunjukkan Tempat atau Orang

Penggunaan pertama adalah untuk menunjukkan suatu tempat atau orang. Namun orang atau tempat ini bersifat bergerak ke suatu arah tertentu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan to merujuk pada sesuatu yang bergerak.

Berikut adalah beberapa contohnya. Pertama, Ana is heading to the entrance of the Cinema (Ana pergi menuju ke pintu masuk bioskop itu). Kedua, Ana is looking to the room at the Cinema (Ana melihat ruangan yang berada di Bioskop itu).

Menunjukkan Sebuah Hubungan

Penggunaan kata to berikutnya adalah untuk menunjukkan sebuah hubungan. Hubungan yang dimaksud adalah terhadap sebuah kejadian atau hal yang ada dalam satu kalimat. Contohnya adalah pada kalimat this course is very important to know (mata pelajaran ini sangat penting untuk diketahui). Pada kalimat tersebut, terlihat adanya sebuah hubungan.

Hubungan yang dimaksud adalah pada course atau mata pelajaran dan alasannya untuk dipelajari atau diketahui. Course tersebut perlu untuk dipelajari, karena memang sangat penting. Sehingga, terlihat adanya hubungan dalam kalimat tersebut. Contoh lainnya adalah, to pass the exam, you need to study hard (untuk dapat melewati ujian, kamu perlu belajar giat).

Menunjukkan Titik Akhir

Penggunaan to dalam bahasa Inggris berikutnya adalah untuk menunjukkan sebuah batas atau titik akhir dalam kalimat. Biasanya, hal tersebut berkaitan dengan data, angka, atau jarak. Karena memang menunjukkan sebuah batas atau titik akhir. Misalnya adalah, the stock of clothes rose up to 300 pieces (stok pakaian meningkat sampai dengan 300 buah).

Dalam kalimat tersebut, terlihat adanya batas atau titik akhir. Batas akhir yang ditunjukkan dalam kalimat tersebut adalah stok pakaian yang tersedia saat itu, yaitu mencapai angka 300. Sehingga, angka 300 menjadi sebuah batas akhir yang dimaksudkan. Contoh lainnya, the thermometer keep rising up to the highest level (thermometer mencapai tingkat tertinggi).

Baca Juga:
Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Menyatakan Sebuah Motif

Berikutnya adalah untuk menunjukkan atau menyatakan sebuah motif. Motif tersebut merupakan alasan terhadap dilakukannya sebuah hal atau peristiwa. Dalam penggunaan kalimat ini, diperlukan adanya verb atau kata kerja pula. Misalnya adalah, I am here to see you (Saya berada di sini untuk melihatmu). Dalam kalimat tersebut, terlihat adanya sebuah motif.

Motif yang dilakukan oleh karena berada di sini, yaitu disebabkan karena I ingin bertemu dengan objek you dalam kalimat tersebut. Sehingga, dapat terlihat dengan cukup jelas bahwa to digunakan sebagai motif atau alasan terjadinya sesuatu. Contoh lainnya adalah, Im study hard to pass the exam (Saya belajar giat untuk melewati ujian).

Menyatakan Waktu

Selain untuk menunjukkan peristiwa atau sesuatu, to dapat digunakan pula untuk menyatakan waktu. Hal ini menjadi salah satu penggunaan yang cukup klise dalam berbahasa Inggris. Karena penggunaan atau menunjukkan waktu menjadi mata pelajaran sejak di bangku sekolah.

Contohnya adalah, it five to five (ini jam 04.35) atau jam setengah 5 lewat 5 menit. Dalam bahasa Indonesia, menunjukkan jam cukup menyebutkan pukul setengah 9 atau pukul setengah 8. Namun, dalam bahasa Inggris ini diperlukan preposisi to dalam penyebutan jam.

Kesimpulan

Penggunaan to dalam bahasa Inggris perlu diketahui oleh kalangan yang tengah memperdalam bahasa Inggris. Karena to menjadi preposisi paling banyak digunakan. Terutama dalam skill menulis atau writing bahasa Inggris. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi