penggunaan to be dalam present continuous tense

Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris memiliki jenis yang bervariasi. Salah satu jenis yang cukup kompleks adalah present continuous tense. Dalam menggunakan tense tersebut, terdapat beberapa hal yang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah penggunaan to be dalam present continuous tense.

Dalam bahasa Inggris, to be merupakan kata bantu yang digunakan untuk menerangkan suatu kejadian atau kondisi yang sedang terjadi. Selain itu, to be berfungsi pula untuk menjelaskan suatu kegiatan yang sedang berlangsung atau dilakukan. Sehingga, penggunaan to be memang sangat krusial dalam bahasa Inggris.

Mengenal Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Secara umum, to be dibagi menjadi beberapa macam yaitu am, are, dan is. Dalam present continuous tense, penggunaan to be menjadi suatu yang hal penting pula. Pasalnya, to be menjadi penghubung dan kata bantu dalam suatu kalimat. Inilah beberapa to be yang seringkali digunakan dalam present continuous tense.

Am

To be pertama yang seringkali digunakan adalah am. To be ini digunakan sebagai kata bantu pada subjek I atau saya. Selain subjek I atau orang pertama, to be am tidak dapat digunakan. Karena tidak sesuai dengan grammar atau struktur kalimat bahasa Inggris. To be hanya dapat digunakan di present tense dan present continuous tense.

Dalam present continuous tense, to be berbentuk kata kerja atau disebut pula dengan verb. Rumusnya adalah I + am + verb ing untuk kalimat positif. I + am + not + verb ing untuk kalimat negatif dan am + I + verb ing untuk kalimat tanya. Contohnya adalah, I am reading the best seller book (saya sedang membaca buku best seller).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Progressive Tense Bahasa Inggris

Are

Sama halnya seperti to be am, are pun hanya dapat digunakan di present tense dan present continuous tense. Penggunaan to be dalam present continuous tense ini digunakan sebagai kata kerja atau verb. To be pada kata are hanya dapat digunakan untuk kata ganti orang kedua. Misalnya adalah, you, they, we, dan noun atau kata benda yang jamak/plural.

Rumusnya adalah subjek (you, we, they) + are + verb ing untuk kalimat positif. subjek (you, we, they) + are + not + verb ing untuk kalimat negatif. Sedangkan untuk kalimat tanya atau interrogative adalah are + subjek (you, we, they) + verb ing. Contohnya adalah, you are eating the delicious food (kamu sedang memakan makanan yang lezat).

Is

To be terakhir yang umum digunakan dalam present continuous tense adalah is. To be ini digunakan hanya untuk subjek atau kata ganti orang ketiga. Misalnya adalah he, she, dan it (kata ganti untuk benda). Sama halnya seperti dua to be sebelumnya, is pun hanya dapat digunakan untuk dua jenis tense yaitu present tense dan present continuous tense.

Rumusnya adalah subjek + is + verb ing untuk kalimat positif. Subjek + not + verb ing untuk kalimat negatif dan is + subjek + verb ing untuk kalimat tanya atau interrogative. Contohnya adalah, Ana is sleeping in school (Ana sedang tidur di sekolah). Untuk kalimat negatif, Ana is not sleeping in school (Ana tidak sedang tidur di sekolah).

Baca Juga:
Penggunaan To Be dalam Bahasa Inggris

Beberapa Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Ketika belajar bahasa Inggris, materi ini tentu harus kamu pelajari secara jelas. Untuk itu, bergabung dalam kursus bahasa Inggris dapat memudahkan kamu memahami materi ini dengan lebih baik. ICAN English menjadi salah satu tempat kursus yang menyediakan tutor berpengalaman untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa.

Perlu diketahui bahwa to be dalam present continuous tense wajib untuk dipindahkan ke bagian depan apabila merupakan kalimat tanya. Hal tersebut sesuai dengan kaidah dalam grammar berbahasa Inggris. Terdapat beberapa kata kerja yang tidak dapat ditambahkan verb ing dalam kalimat present continuous tense.

Misalnya pada kata kerja atau verb happy (bahagia). Kata kerja tersebut tidak dapat ditambahkan verb ing. Sehingga, dapat menambahkan kata being setelah to be. Hal tersebut untuk menyatakan bahwa kejadian tersebut tengah atau sedang berlangsung.

Contohnya adalah pada kata happy, apabila mengungkapkan dalam present tense maka akan menjadi you are happy. Namun, apabila ingin mengungkapkan dalam present continuous tense maka tidak dapat mengubahnya menjadi happying. Namun, dapat menambahkan being yaitu you are being happy (kamu sedang bahagia).

Baca Juga:
Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan

Penggunaan to be dalam present continuous tense tidak jauh berbeda dengan tense pada umumnya. To be yang dicantumkan pada present continuous tense pun sama seperti tense lainnya. Misalnya adalah am, are, dan is.

Walau begitu, pada present continuous tense harus ditambahkan verb ing untuk menyatakan progressive. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi