Penggunaan to be dalam present continuous tense

Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Mar 17, 2022 | Bahasa Inggris

Tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris memiliki jenis yang bervariasi. Salah satu jenis yang cukup kompleks adalah present continuous tense. Dalam menggunakan tense tersebut, terdapat beberapa hal yang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah penggunaan to be dalam present continuous tense.

Dalam bahasa Inggris, to be merupakan kata bantu yang digunakan untuk menerangkan suatu kejadian atau kondisi yang sedang terjadi. Selain itu, to be berfungsi pula untuk menjelaskan suatu kegiatan yang sedang berlangsung atau dilakukan. Sehingga, penggunaan to be memang sangat krusial dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: POLA KALIMAT PRESENT CONTINUOUS TENSE

Mengenal Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Secara umum, to be dibagi menjadi beberapa macam yaitu am, are, dan is. Dalam present continuous tense, penggunaan to be menjadi suatu yang hal penting pula. Pasalnya, to be menjadi penghubung dan kata bantu dalam suatu kalimat. Inilah beberapa to be yang seringkali digunakan dalam present continuous tense.

1.  Am

To be pertama yang seringkali digunakan adalah am. To be ini digunakan sebagai kata bantu pada subjek I atau saya. Selain subjek I atau orang pertama, to be am tidak dapat digunakan. Karena tidak sesuai dengan grammar atau struktur kalimat bahasa Inggris. To be hanya dapat digunakan di present tense dan present continuous tense.

Dalam present continuous tense, to be berbentuk kata kerja atau disebut pula dengan verb. Rumusnya adalah I + am + verb ing untuk kalimat positif. I + am + not + verb ing untuk kalimat negatif dan am + I + verb ing untuk kalimat tanya. Contohnya adalah, I am reading the best seller book (saya sedang membaca buku best seller).

2. Are

Sama halnya seperti to be am, are pun hanya dapat digunakan di present tense dan present continuous tense. Penggunaan to be dalam present continuous tense ini digunakan sebagai kata kerja atau verb. To be pada kata are hanya dapat digunakan untuk kata ganti orang kedua. Misalnya adalah, you, they, we, dan noun atau kata benda yang jamak/plural.

Rumusnya adalah subjek (you, we, they) + are + verb ing untuk kalimat positif. subjek (you, we, they) + are + not + verb ing untuk kalimat negatif. Sedangkan untuk kalimat tanya atau interrogative adalah are + subjek (you, we, they) + verb ing. Contohnya adalah, you are eating the delicious food (kamu sedang memakan makanan yang lezat).

3. Is

To be terakhir yang umum digunakan dalam present continuous tense adalah is. To be ini digunakan hanya untuk subjek atau kata ganti orang ketiga. Misalnya adalah he, she, dan it (kata ganti untuk benda). Sama halnya seperti dua to be sebelumnya, is pun hanya dapat digunakan untuk dua jenis tense yaitu present tense dan present continuous tense.

Rumusnya adalah subjek + is + verb ing untuk kalimat positif. Subjek + not + verb ing untuk kalimat negatif dan is + subjek + verb ing untuk kalimat tanya atau interrogative. Contohnya adalah, Ana is sleeping in school (Ana sedang tidur di sekolah). Untuk kalimat negatif, Ana is not sleeping in school (Ana tidak sedang tidur di sekolah).

Beberapa Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

Ketika belajar bahasa Inggris, materi ini tentu harus kamu pelajari secara jelas. Untuk itu, bergabung dalam kursus bahasa Inggris dapat memudahkan kamu memahami materi ini dengan lebih baik. ICAN English menjadi salah satu tempat kursus yang menyediakan tutor berpengalaman untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa.

Perlu diketahui bahwa to be dalam present continuous tense wajib untuk dipindahkan ke bagian depan apabila merupakan kalimat tanya. Hal tersebut sesuai dengan kaidah dalam grammar berbahasa Inggris. Terdapat beberapa kata kerja yang tidak dapat ditambahkan verb ing dalam kalimat present continuous tense.

Baca Juga: KALIMAT POSITIF SIMPLE PRESENT TENSE

Misalnya pada kata kerja atau verb happy (bahagia). Kata kerja tersebut tidak dapat ditambahkan verb ing. Sehingga, dapat menambahkan kata being setelah to be. Hal tersebut untuk menyatakan bahwa kejadian tersebut tengah atau sedang berlangsung.

Contohnya adalah pada kata happy, apabila mengungkapkan dalam present tense maka akan menjadi you are happy. Namun, apabila ingin mengungkapkan dalam present continuous tense maka tidak dapat mengubahnya menjadi happying. Namun, dapat menambahkan being yaitu you are being happy (kamu sedang bahagia).

Penggunaan to be dalam present continuous tense tidak jauh berbeda dengan tense pada umumnya. To be yang dicantumkan pada present continuous tense pun sama seperti tense lainnya. Misalnya adalah am, are, dan is. Walau begitu, pada present continuous tense harus ditambahkan verb ing untuk menyatakan progressive.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH