Penjelasan adjective dalam bahasa Inggris

Penjelasan Adjective dalam Bahasa Inggris

Feb 17, 2022 | Bahasa Inggris

Selain mempelajari verb atau kata kerja, kamu juga wajib tahu tentang penjelasan adjective dalam bahasa Inggris atau kata sifat. Dalam segala bentuk bahasa, kata sifat punya peran yang penting yaitu untuk menggambarkan sebuah hal secara subjektif.

Sebagaimana dijelaskan dalam Cambridge Dictionary, Apa itu kata sifat atau adjective yaitu sebuah kata yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan kata benda atau noun juga kata ganti atau pronoun. Adjective kapan saja kamu ingin menjelaskan orang tempat, konsep abstrak, benda ataupun binatang. Supaya lebih jelas, kamu bisa membaca materi lengkap adjective dalam bahasa Inggris berikut ini.

Baca Juga: PENJELASAN TENTANG ADJECTIVE BAHASA INGGRIS

Definisi dan Bentuk-bentuk Kata Sifat

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus mengenal Adjective atau kata sifat yang masuk dalam bagian part of speech. Berikut adalah contoh-contoh kata adjective dalam bahasa Inggris:

Dark – Gelap

Bright – Terang

Stubborn – Keras Kepala

Beautiful – Indah

Pretty – Cantik

Young – Muda

Old – Tua

Tiny – Kurus

Fat – Gendut

Selfish – Egois

Sedangkan bentuk penjelasan adjective dalam bahasa Inggris juga dapat digunakan pada berbagai macam kalimat sebagaimana berikut:

1. Adjective Phrase

Adjective phrase adalah kombinasi antara adjective yang bekerja sebagai head dan juga modifier ataupun determiner sebagaimana contoh berikut:

DIY beautiful desk – Modifier + Adjective

These cold drinks – Determiner + Adjective

Many cheerful kids – Determiner + Adjective

Little cats in the kitchen – Determiner + Adjective

2. Compound Adjective

Adjective juga dapat tergabung sesuai dalam part of speech lainnya seperti kata benda atau noun dan kata kerja atau verb guna membentuk kata baru. Apabila hal tersebut terjadi, kata baru yang kamu hasilkan akan disebut compound adjective sebagaimana contoh berikut:

High speed engine – Adjective + Noun

Well-known Professors – Adjective + Past Participle

Good-looking doctors – Adjective + Present Participle

Waterproof products – Noun + Adjective

Baca Juga: CONTOH PARAGRAF PAST TENSE DAN PENJELASANNYA

Menggunakan Adjective Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah memahami tentang definisi dan penjelasan adjective dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, tidak semua orang tahu bahwa dalam penggunaan adjective sendiri harus mengikuti aturan dan urutan sebagaimana berikut ini.

1. Adjective Position

Menggunakan adjective harus melihat letak kata sifat pada sebuah kalimat. Attributive yaitu adjective yang berada pada bagian depan kata benda, seperti contoh:

A beautiful lady.

The poor bee.

Sedangkan untuk postpositive adjective, letaknya berada pada bagian noun tanpa ada linking verb sebagaimana contoh berikut:

Someone special.

Kemudian ada juga predicative adjective yang berada setelah noun dan dengan tambahan linking verb sebagaimana contoh berikut:

The flowers are beautiful.

They are cute.

2. Adjective Order

Kata sifat juga mempunyai urutan, sehingga kamu juga harus menggunakannya sesuai urutan apabila meletakkan lebih dari 1 adjective pada sebuah kalimat, dengan urutan dari opini, ukuran, bentuk, usia, warna, wilayah asal, materi, dan juga tujuan. Agar lebih jelas tentang penjelasan adjective dalam Bahasa Inggris, perhatikan contoh berikut:

Joanna had two cute small white cats – Joanna mempunyai dua kucing kecil dan lucu berwarna putih.

Dari contoh kalimat tersebut, urutan adjective yang digunakan yaitu dari opinion “Cute”, ukuran “Small”, dan terakhir adalah warna “White”.

Itulah informasi lengkap tentang penjelasan kata sifat atau adjective yang bisa kamu pelajari dalam bahasa Inggris. Selanjutnya dari penjelasan ini kamu bisa mencoba latihan membuat kalimat sendiri kemudian menerapkannya dalam latihan bahasa Inggris baik saat berbicara dengan orang lain atau saat menulis sebuah kalimat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH