contoh paragraf past tense dan penjelasannya

Contoh Paragraf Past Tense dan Penjelasannya

Belajar tenses tidaklah mudah, sehingga menggunakan contoh paragraf past tense membantu agar kamu bisa lebih paham. Simple past tense digunakan untuk menceritakan kejadian apapun di masa lalu, dan sama seperti namanya, simple berarti adalah cara paling dasar untuk mengutarakan sebuah kejadian.

Mengenal Past Tense dalam Bahasa Inggris

Berbeda dengan past continuous tense yang justru menceritakan peristiwa dalam masa lampau tetapi terus terjadi sampai saat ini. Simple past tense justru digunakan untuk peristiwa di masa lalu saja, dan berhenti kala itu, tidak terus berlanjut sampai saat ini.

Kata kerja regular past tense dibentuk menggunakan infinitive yang diikuti dengan akhiran -ed. Kalimat ini secara sederhana selalu digunakan untuk sesuatu yang sudah selesai, ketika seseorang mengatakan kapan sesuatu terjadi, sehingga dikatikan dengan ekspresi waktu lampau tertentu.

Contoh Paragraf Past Tense Lengkap Penjelasan

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa simple past tense adalah kalimat dengan penggunaan verb atau kata kerja bentuk kedua. Kata bantu yang digunakan yaitu did , sedangkan to be adalah was atau were.

Kegiatan apa yang akan kamu lakoni saat liburan? Banyak kegiatan bisa kamu lakukan saat liburan. Contohnya, kamu bisa piknik, bertamasya, berkebun, belajar membuat kue, naik sepeda motor, atau lainnya.

Baca Juga:
Cara Belajar Simple Past Tense

Pengalaman liburan bisa kamu jadikan sebagai contoh paragraf dalam bentuk simple past tense. Masa liburan yang terlewat tersebut bisa kamu jadikan sebagai bahan atau topik tulisan. Contohnya, kamu bisa melihat paragraf berikut:

During my holiday, I made some handcrafts. So, I googled fun handcrafts. I watched the tutorial videos from youtube and then I followed the steps. I was not alone, because my parents helped me a lot. They even gave me money to buy things and tools for the project.

Dari contoh paragraf past tense di atas, maka kamu tahu penulis menceritakan liburannya. Ia bersama keluarga membuat kerajinan tangan dengan mencari video tutorialnya terlebih dahulu dari YouTube dan mengikuti semua langkahnya. Bahkan orangtuanya sangat membantu dengan memberikan uang untuk beli bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

Baca Juga:
Contoh Past Perfect Tense dan Artinya

Belajar Fungsi Past Tense

Sekarang, kamu sudah tahu seperti apa contoh paragraf past tense. Perhatikan bahwa ketika kamu ingin membuat kalimat tentang kejadian di masa lalu, maka kamu harus mengetahui apa fungsi dari kalimat tersebut. Kalimat ini tidak hanya tentang menyatakan peristiwa di masa lalu saja.

Past tense mempelajari kejadian ataupun peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu, tetapi tidak ada hubungannya dengan waktu saat ini. Past tense juga dapat kamu gunakan untuk membicarakan peristiwa maupun kejadian yang telah selesai atau berakhir yang telah dialami seseorang. Sehingga, past tense sering digunakan dalam menulis cerita.

Selain tentang menceritakan kejadian di masa lampau, fungsi past tense adalah untuk membicarakan kebiasaan apa yang kamu miliki di masa lampau maupun fakta apa yang ada di masa lalu. Selain itu juga bisa kamu gunakan untuk berbicara fakta di masa lampau.

Perhatikan bahwa ketika menulis simple past tense, maka terdapat predikat kalimat Preterite Verbs atau  kata kerja kedua. Sedangkan kalimat tanya pada simple past pasti diikuti dengan kata did atau was/were sebelum subjek. Kalimat negatif past tense bisa ditambahkan kata not setelah did atau setelah was/were.

Dengan informasi ini, kamu bisa belajar banyak hal, tidak hanya tentang contoh paragraf dalam menulis past tense, tetapi juga fungsinya. Kamu juga bisa belajar banyak hal, termasuk 16 tense dan materi Bahasa Inggris lainnya bersama ICAN English. Belajar jadi lebih menyenangkan dan lebih efektif karena kamu akan dibimbing langsung oleh tutor profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi