pentingnya belajar grammar bahasa inggris untuk toefl

Pentingnya Belajar Grammar Bahasa Inggris untuk TOEFL

Meskipun TOEFL tidak memiliki pertanyaan khusus tentang grammar, namun keterampilan grammar kamu sendiri akan diuji selama sesi berbicara dan menulis. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki pemahaman grammar yang baik sebelum hari ujian lewat belajar grammar bahasa Inggris untuk TOEFL.

Untuk bagian berbicara dan menulis, di mana kamu harus menemukan jawaban sendiri, penilai ujian akan mencari kesalahan grammar yang kamu lakukan. Jika kesalahanmu terbilang banyak, maka akan berpengaruh terhadap poin yang didapatkan.

3 Aturan Grammar dalam TOEFL

Belajar TOEFL memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Berikut beberapa aturan grammar dasar yang penting untuk kamu ketahui. Ini juga akan membantu kamu memenuhi syarat untuk TOEFL.

Baca Juga:
Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

1. Gunakan Definite Article

Penggunaan article seperti “The” cukup membingungkan terutama bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Sebuah kata yang sudah pernah kamu gunakan sekali dalam sebuah kalimat, biasanya harus menggunakan “The” sebelum kata itu. Setelahnya, setiap kali kata yang sama akan kamu ulangi, kamu harus mengunakan “The”.

Misalnya, I saw a beggar asking for money. It was surprising for me to see people were shouting at the beggar who was looking shabby and dirty. Di sini cukup jelas bahwa “The” digunakan ketika beggar diulang dalam kalimat.

2. Gunakan Reflexive Pronouns

Kamu harus menggunakan kata ganti refleksif seperti  myself, yourself, themselves, herself, himself, and itself dengan cara yang benar.

Penggunaan utama kata ganti refleksif adalah untuk menekankan kata tersebut. Kamu harus menggunakannya untuk menunjukkan hasil tindakan yang menimpa subjek yang merupakan pelaku tindakan. Misalnya: You don’t underestimate yourself. Dalam kalimat ini yourself adalah objek subjek dan you adalah subjek penerima tindakan di sini.

3. Konsistensi dalam Kalimat

Kalimat yang kamu buat saat berbicara atau menulis harus konsisten dengan penggunaan tenses. Kamu harus pandai dalam struktur kalimat. Kamu harus memahami bagaimana meninggalkan kesan yang baik pada pendengar atau pembaca. Kamu bisa melakukannya dengan konsisten dalam penggunaan tenses yang berbeda dalam kalimat yang panjang.

Kesimpulan

Mempersiapkan diri untuk TOEFL memang bukan hal yang mudah, kamu perlu persiapan yang matang bila perlu bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English.

Penjelasan diatas merupakan beberapa aturan grammar terpenting yang harus dipelajari untuk meningkatkan skor ujian TOEFL. Masuk atau tidaknya kamu ke lembaga pendidikan teratas yang berbasis di luar negeri bergantung pada seberapa mahir kamu dalam grammar.

Jika kamu memiliki gaya menulis dan berbicara yang mengesankan dengan pengetahuan bahasa Inggris yang sangat baik, pasti kamu dapat memenuhi syarat TOEFL dengan nilai yang sangat tinggi. Kamu juga bisa masuk ke universitas impian.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi