pentingnya belajar grammar bahasa inggris untuk toefl

Pentingnya Belajar Grammar Bahasa Inggris untuk TOEFL

Meskipun TOEFL tidak memiliki pertanyaan khusus tentang grammar, namun keterampilan grammar kamu sendiri akan diuji selama sesi berbicara dan menulis. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki pemahaman grammar yang baik sebelum hari ujian lewat belajar grammar bahasa Inggris untuk TOEFL.

Untuk bagian berbicara dan menulis, di mana kamu harus menemukan jawaban sendiri, penilai ujian akan mencari kesalahan grammar yang kamu lakukan. Jika kesalahanmu terbilang banyak, maka akan berpengaruh terhadap poin yang didapatkan.

Aturan Grammar dalam TOEFL

Belajar TOEFL memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Berikut beberapa aturan grammar dasar yang penting untuk kamu ketahui. Ini juga akan membantu kamu memenuhi syarat untuk TOEFL.

Baca Juga:
Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

1. Gunakan Definite Article

Penggunaan article seperti “The” cukup membingungkan terutama bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Sebuah kata yang sudah pernah kamu gunakan sekali dalam sebuah kalimat, biasanya harus menggunakan “The” sebelum kata itu. Setelahnya, setiap kali kata yang sama akan kamu ulangi, kamu harus mengunakan “The”.

Misalnya, I saw a beggar asking for money. It was surprising for me to see people were shouting at the beggar who was looking shabby and dirty. Di sini cukup jelas bahwa “The” digunakan ketika beggar diulang dalam kalimat.

2. Gunakan Reflexive Pronouns

Kamu harus menggunakan kata ganti refleksif seperti  myself, yourself, themselves, herself, himself, and itself dengan cara yang benar.

Penggunaan utama kata ganti refleksif adalah untuk menekankan kata tersebut. Kamu harus menggunakannya untuk menunjukkan hasil tindakan yang menimpa subjek yang merupakan pelaku tindakan. Misalnya: You don’t underestimate yourself. Dalam kalimat ini yourself adalah objek subjek dan you adalah subjek penerima tindakan di sini.

3. Konsistensi dalam Kalimat

Kalimat yang kamu buat saat berbicara atau menulis harus konsisten dengan penggunaan tenses. Kamu harus pandai dalam struktur kalimat. Kamu harus memahami bagaimana meninggalkan kesan yang baik pada pendengar atau pembaca. Kamu bisa melakukannya dengan konsisten dalam penggunaan tenses yang berbeda dalam kalimat yang panjang.

Mempersiapkan diri untuk TOEFL memang bukan hal yang mudah, kamu perlu persiapan yang matang bila perlu bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English.

Ini adalah beberapa aturan grammar terpenting yang harus dipelajari untuk meningkatkan skor ujian TOEFL. Masuk atau tidaknya kamu ke lembaga pendidikan teratas yang berbasis di luar negeri bergantung pada seberapa mahir kamu dalam grammar.

Jika kamu memiliki gaya menulis dan berbicara yang mengesankan dengan pengetahuan bahasa Inggris yang sangat baik, pasti kamu dapat memenuhi syarat TOEFL dengan nilai yang sangat tinggi. Kamu juga bisa masuk ke universitas impian.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web