Belajar Penulisan Angka Dalam Bahasa Inggris

Belajar Penulisan Angka Dalam Bahasa Inggris

Penulisan angka dalam bahasa inggris bagi banyak orang mungkin bukan topik yang paling menarik di dunia saat belajar. Namun, pemahaman ini merupakan keterampilan yang penting untuk dimiliki, terutama bagi siswa. Kamu harus memegang panduan gaya tertentu jika ingin menulis angka dalam Bahasa Inggris.

Bagi pemula maupun yang sudah profesional menggunakan Bahasa Inggris, mempelajari cara menulis angka bahasa Inggris dengan benar akan meningkatkan keterampilan komunikasi. Meskipun ada banyak panduan tentang cara mengeja angka dengan benar dalam bahasa Inggris lisan, ada juga beberapa aturan untuk menulisnya dengan benar.

Panduan Menulis Angka Kardinal Bahasa Inggris yang Benar

Saat menulis angka sebagai kata, terdapat aturan khusus yang diuraikan untuk melakukannya. Kamu dapat mempelajari berbagai cara untuk menulis bilangan pokok dan bilangan urut serta kapan menggunakan masing-masing bilangan dan tanda baca yang diperlukan. Gunakan panduan ini jika kamu ingin lebih mudah melakukan penulisan angka dalam Bahasa Inggris:

Cardinal Numbers (Bilangan Pokok)

Bilangan pokok adalah bilangan yang digunakan untuk menghitung benda, manusia, hewan, dan lain-lain. Bilangan pokok melambangkan suatu besaran. Saat menulis bilangan pokok, kamu dapat menuliskannya sebagai kata atau menggunakan angka – angka dari 0 hingga 9.

Untuk bilangan pokok dalam penulisan, kamu biasanya mengeja bilangan dari 1 sampai 9, dan menuliskannya dalam bentuk kata, seperti contoh berikut:

I have one son.

There are four bananas in the fridge.

Meskipun The Chicago Manual of Style menyarankan untuk mengeja angka nol hingga seratus, gaya ini dapat membuat tulisan kamu menjadi terlalu rumit dan menghabiskan terlalu banyak ruang. Kamu harus menggunakan angka untuk menyatakan angka besar (yaitu, di atas 9 atau 10 – bergantung pada panduan gaya). Misalnya:

There are 13 players in our team.

The temperature today is lower than 22 degrees Celsius!

Menulis Angka Pecahan

Jika menyangkut pecahan, kamu harus mengejanya dalam tulisan formal. Dalam teks biasa, hal tersebut adalah masalah preferensi.

They have completed one page of the book.

Take a half gallon of milk atau Take 1/2 gallon of milk.

Menulis Nominal Mata Uang

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah simbol mata uang, seperti tanda dolar, harus ditempatkan di depan angka secara tertulis. Dalam bahasa Inggris, kami juga menggunakan koma dengan angka empat digit atau lebih – kamu harus memberi koma setelah setiap tiga digit. Misalnya:

Joko won $15,000 in the lottery.

Menulis Waktu yang Benar dalam Bahasa Inggris

Kamu juga menggunakan bilangan pokok untuk menulis waktu yang tepat dalam bahasa Inggris, seperti 19:23. Meskipun waktu dapat dinyatakan dalam berbagai format, kamu mungkin ingin tetap menggunakan sistem 24 jam untuk menghindari kesalahpahaman penggunaan AM dan PM. Kamu dapat menggunakan angka tersebut untuk menulis waktu dan juga nomor telepon.

Penggunaan Tanda Penghubung pada Penulisan Angka

Kita menggunakan tanda hubung (-) untuk menghubungkan angka dua kata secara tertulis. Anda harus memberi tanda hubung pada semua bilangan gabungan dari dua puluh satu hingga sembilan puluh sembilan. Misalnya:

My sister is twenty-two years old.

This jacket costs eighty-two dollars and forty-five cents.

We have finished forty-five percent of this project.

Jika kalimat dimulai dengan angka, kamu harus selalu mengeja angka, tidak peduli seberapa kecil atau besar angka tersebut. Misalnya:

Four hundred and fifty babies are born every hour.

Thirty-five minutes are left.

Jika kamu ingin menghindari pengejaan angka yang memiliki tiga digit atau lebih, atur ulang kalimat agar angka tersebut tidak didahulukan, seperti contoh berikut:

There are 450 babies born every hour.

There are 35 minutes left.

Seperti yang kamu lihat, ada beberapa aturan yang perlu kamu ikuti dalam penulisan angka dalam bahasa inggris. Sebagian besar aturan ini bisa kamu pahami secara intuitif. Aturan utamanya adalah memilih panduan gaya tertentu dan tetap konsisten menggunakan panduan tersebut di seluruh teks. kamu dapat memilih antara gaya Chicago style, AP style, MLA style, dan APA style.

Mau belajar menulis lebih lancar? Ambil program kursus bahasa Inggris dengan kelas inovatif dan interaktif di ICAN English! Selain belajar menulis angka, banyak materi yang bisa kamu pelajari sesuai kebutuhan personal, gabung sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi