Panduan Belajar Penulisan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Panduan Belajar Penulisan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Memahami penulisan tahun dalam bahasa inggris sangat penting untuk komunikasi yang efektif dan kejelasan dalam berbagai dokumen tertulis. Pemahaman ini dibutuhkan dalam makalah akademis, laporan profesional, teks sejarah, dan korespondensi pribadi.

Konsistensi dan keakuratan dalam format tahun memastikan pembaca dapat dengan mudah memahami informasi kronologis tanpa kebingungan atau ambiguitas. Dalam bahasa Inggris, terdapat ketentuan khusus untuk penulisan tahun, seperti apakah akan menggunakan angka atau mengeja angka, cara memformat dekade, dan kapan harus menyertakan tanda baca.

Panduan Belajar Menulis Tahun

Kemampuan menulis bertahun-tahun dalam bahasa Inggris tidak hanya penting untuk komunikasi yang jelas. Tetapi, juga berguna untuk menjunjung tinggi ketelitian dan integritas akademis dalam wacana ilmiah.

Cara Menulis Tahun

Tahun harus dinyatakan dalam angka kecuali di awal kalimat. Secara umum, mengawali kalimat dengan angka adalah gaya yang kurang baik. Sehingga, penulisan tahun dalam bahasa inggris ditempatkan di awal kalimat harus dituliskan sebagai kata-kata, sebagaimana contoh berikut:

The year 1959 brought an influenze epidemic.

Nineteen fifty-nine brought an influenza epidemic.

Much happened in the economical arena in 2019.

Two thousand and nineteen was an eventful year in economics.

Two thousand nineteen was an eventful year in economics.

Cara Menulis Tahun Dalam Bentuk Centuries

Berikut tipnya: Saat menulis tentang centries, jangan gunakan tanda kutip sebelum s. Berabad-abad itu jamak, bukan posesif. Misalnya, ketika kita menulis tahun 1800-an, yang kita maksud adalah semua tahun dari tahun 1800 hingga 1899.

Dalam rentang tersebut terdapat seratus tahun yang terpisah; yaitu lebih dari satu dan termasuk jamak. Kamu juga dapat menyebut tahun-tahun itu secara kolektif sebagai abad kesembilan belas dengan huruf kecil semua.

My grandmother wore bonnets in the 1900’s. (Salah)

My grandmother wore bonnets in the 1900s. (Benar)

My grandmother wore bonnets in the nineteen hundreds. (Benar)

My Grandmother wore bonnets in the eighteenth Century. (Salah)

Women often wore bonnets in the eighteenth century. (Benar)

Cara Menulis Dekade

Cara menulis dekade menggunakan angka: keduanya merupakan singkatan dan jamak. Tips singkat untuk menulis “My uncle was born in the 1840s” adalah “My uncle was born in the 40s.”

Tanda apostrof (bukan tanda kutip tunggal pembuka) menunjukkan di mana angka sesuai dekade. Tidak perlu memberi tanda apostrof di antara angka nol dan s, karena nantinya justru malah mengindikasikan posesif.

In the 70’s, I had a trendy haircut. (Salah)

In the ’70s, I had a trendy haircut. (Benar)

In the seventies, I had a trendy haircut. (Benar)

Benefit Belajar Penulisan Tahun Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah belajar tentang penulisan tahun dalam bahasa inggris. Pembelajaran ini juga penting untuk tujuan hukum dan administratif, yang mengutamakan ketepatan dan konsistensi. Dalam dokumen hukum, kontrak, dan formulir resmi, pencatatan tanggal dan tahun secara akurat sangat penting untuk menetapkan batas waktu, menegakkan perjanjian, dan menyelesaikan perselisihan.

Kesalahan atau ketidakkonsistenan dalam penulisan tahun dapat menyebabkan ambiguitas dan perselisihan hukum. Sehingga sangat penting memperhatikan dengan cermat terhadap detail dalam penulisan hukum.

Mau lebih baik dalam menulis Bahasa Inggris? Kelas kursus Bahasa Inggris ICAN English menjadi pilihan alternatif terbaik untuk semua kalangan. Selama di kelas ini, kamu bisa meningkatkan skill berbahasa secara general ataupun spesifik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.