perbedaan has dan have

Ketahui Perbedaan Has dan Have serta Contohnya

Has dan have adalah dua kata paling populer dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan kepemilikan. Namun hanya karena kata-kata ini digunakan dalam percakapan sehari-hari, bukan berarti siapapun sudah familiar dengan aturan tata bahasa tentang cara menggunakannya dengan benar. Untuk mengetahui perbedaan has dan have, kamu bisa belajar melalui penjelasan berikut.

Has dan have keduanya merupakan bentuk kata kerja to have, namun digunakan dalam konteks tata bahasa berbeda. Has digunakan dengan subjek tunggal dan dengan kata ganti he, she, dan it. Have digunakan dengan subjek jamak dan dengan kata ganti I, you, we, dan they.

To have adalah kata kerja tidak beraturan, yang berarti mengkonjugasikannya dengan benar dapat menjadi tantangan. Kata kerjanya tidak mengikuti aturan umum penggunaan akhiran pada kata kerja. Memahami kapan dan bagaimana menggunakan kedua kata tersebut dengan benar sangat penting agar kamu bisa memilih kata yang tepat.

Kapan Menggunakan Has vs. Have

Perbedaan has dan have terletak pada subjek kalimat. Has merupakan konjugasi kata kerja to have yang digunakan untuk menyebut seseorang atau sesuatu dalam bentuk orang ketiga tunggal.

Penggunaan Has

Has umumnya digunakan dengan kata ganti he, she, dan it, yang semuanya berbentuk tunggal. Jika kamu mengacu pada satu orang atau sesuatu, dan tidak menggunakan “I” atau “you” untuk kata ganti orang atau sesuatu tersebut, maka gunakan has.

  • Budi has a Mathematic test this evening.
  • Rudi has a new car.
  • The dog has already slept.

Has digunakan dengan subjek tunggal (he, she, it) sedangkan have digunakan dengan subjek jamak (we, they). Perhatikan subjek kalimatnya, agar kamu bisa memahami bentuk kata kerja ‘to have’  mana yang benar.

Penggunaan Have

Have adalah konjugasi lain dari to have yang digunakan dalam tiga skenario utama: Saat menggunakan orang pertama (I, we), saat menggunakan orang kedua (you), dan saat menggunakan orang ketiga jamak (they).

Berbeda dengan has yang digunakan dengan subjek dan kata ganti tunggal, have digunakan dengan subjek jamak dan kata ganti tertentu seperti I, you, we, dan they.

  • I have a big question for you.
  • Do you have a friend?
  • They have a delicious menu

Have dapat digunakan dengan subjek orang pertama dan kedua (I, we, you, they).

Cara Menggunakan Has dan Have dengan Verb lainnya

Untuk setiap kalimat yang menunjukkan kepemilikan, ada kalimat lain yang menggunakan kata kerja tambahan dan memperumit kata kerja to have. Salah satu cara menggabungkan has dan have dengan kata kerja lain adalah untuk menunjukkan sesuatu yang belum terjadi, tetapi bisa saja terjadi.

  • They have to take out the trash.
  • The cat has to see the doctor.

Cara lain has dan have digabungkan dengan kata kerja lain adalah dengan mengkomunikasikan bahwa tindakan suatu kata kerja telah selesai sebelum momen saat ini. Cara ini akan membentuk pola kalimat perfect present tense, yang melibatkan hubungan waktu yang lebih kompleks, memasangkan kata kerja dengan has, have, atau had.

  • Budi and Doni have waited for the seller for hours.
  • Sherina has told me about this once before.
  • She had painted her room.

Jadi, perbedaan has dan have paling utama bergantung pada subjek kalimat. Has digunakan dengan subjek tunggal dan dengan kata ganti he, she, dan it. Have digunakan dengan subjek jamak dan dengan kata ganti I, you, we, dan they.

Agar kamu semakin jago berbahasa Inggris, dapatkan lebih banyak materi yang mudah dipahami dengan ikut kursus Bahasa Inggris ICAN English. Semua materi dasar hingga level advanced di kelas kami, dikemas dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web