Perbedaan How Much dan How Many

Perbedaan How Much dan How Many

Apakah kamu mengetahui kapan harus menggunakan how much dan how many dalam bahasa Inggris? Untuk menggunakannya sesuai dengan konteks, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan how much dan how many. Hal ini juga menjadi salah satu materi yang membingungkan bagi para pemula.

Untuk menentukan apakah kamu akan menggunakan How many atau How much, maka kamu harus mengetahui apakah kamu menggunakan countable atau uncountable noun. Gunakan panduan berikut agar kamu lebih memahami penggunaan keduanya:

Pembahasan How much dan How many 

Untuk memudahkan kamu dalam mencari tahu perbedaan how much dan how many, kamu bisa memperhatikan pembahasan berikut:

How Many

Kamu dapat menggunakan How many dalam pertanyaan yang memiliki countable noun. Apa itu countable noun adalah suatu benda yang bisa kamu hitung jumlahnya, seperti contoh berikut:

  • How many books do you have? I have one book
  • How many pillows are in this bedroom? There are five pillows in this bedroom.
  • How many pencils did you bring? I brought three pencils.

Dalam contoh di atas, books, pillows, dan pencils adalah beberapa contoh countable noun.

Baca juga:
Penggunaan How Many Dan How Much

How Much

Kamu dapat menggunakan How much dalam pertanyaan yang menggunakan uncountable noun. Uncountable noun adalah kata benda yang tidak bisa dihitung, yang bentuknya dalam satu bagian, atau sangat banyak. Uncountable noun tidak ada dalam banyak bahasa.

Beberapa contoh uncountable noun adalah water, information, money, time, dan milk. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang menggunakan How much dan uncountable noun:

  • How much information do we have about the project?
  • How much water is in the water bottle?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menggunakan How much karena adanya uncountable noun. Walaupun demikian, terkadang jawaban yang diberikan adalah countable noun, seperti contoh berikut:

  • How much money do you have?
  • I have IDR 300.000.

Cara Mempelajari How Much dan How Many

Sekarang, kamu sudah memahami perbedaan how much dan how many. Kamu bisa melihat dari countable dan uncountable noun yang akan ditanyakan.

Salah satu cara agar kamu bisa lebih mudah membedakan antara how much dan how many, adalah dengan mempelajari daftar countable dan uncountable noun terlebih dahulu. Setelah memahami semua daftar noun tersebut, gunakan pemahaman tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Untuk mempermudah proses belajar berbagai materi dalam bahasa Inggris, ICAN English dapat menjadi pilihan tepat. Kamu tidak hanya belajar tentang How much dan How many, tetapi juga materi lainnya yang masih menjadi problem bagi pemula.

Selama di kelas kami, kamu akan belajar sesuai kemampuan personal. Seluruh materi dirancang agar kamu bisa mengikuti pembelajaran sesuai tingkatan bahasa Inggris yang kamu miliki. Kamu juga memiliki tutor berpengalaman yang akan memberikan lebih banyak ilmu agar kamu bisa praktek bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih efektif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.