Penggunaan How Many Dan How Much

Penggunaan How Many Dan How Much

Salah satu kesulitan yang sering dihadapi pemula adalah penggunaan how many dan how much. “How many” dan “How much” dapat berfungsi sebagai determiner untuk menentukan kuantitas suatu kata benda. Masalahnya, kedua determiner tersebut juga mengkuantifikasi berbagai jenis kata benda.

Namun, ada aturan sederhana yang harus diikuti yang dapat membantu menggunakan keduanya dengan benar

Gunakan “many untuk kata benda yang dapat dihitung atau jamak, dan gunakan “much” untuk kata benda yang tidak dapat dihitung atau tunggal. Lantas, bagaimana untuk menggunakannya dalam bentuk pertanyaan? Kapan harus menggunakan “how many” dan “how much”?

Panduan Penggunaan How Many dan How Much

Berikut adalah aturan penggunaan how many dan how much yang harus kamu perhatikan:

Penggunaan How Many

Kamu dapat menggunakan “how many” dengan kata benda yang dapat dihitung. Countable nouns adalah semua kata benda yang dapat dihitung. Kata benda yang dapat dihitung antara lain buku, mobil, rumah, sepeda, dan apel, seperti contoh berikut:

  • “How many books are on the shelf?”
  • “How many days in a week is considered ideal for a workout routine?”
  • “How many tasks do you have on your to-do list?”
  • “How many siblings does she have?”

“How many” dapat disandingkan dengan is, are, do, does, tergantung jumlah noun atau kata benda yang dibicarakan.

Penggunaan How Much

Dalam bahasa Inggris, ungkapan “how much” digunakan ketika ingin menanyakan harga suatu barang, seperti berikut:

  •  “How much does that shirt cost?”
  • “How much do these electronic gadgets cost?”

Saat menanyakan harga, gunakan “how much” dengan “is” untuk satu barang dan “are” untuk lebih dari satu barang.

  • “Could you let me know how much the rent is for this apartment?”
  • “How much are those shoes in the display window?”

Selain itu, “how much” umumnya digunakan untuk menanyakan tentang barang tunggal atau tak terhitung. Biasanya untuk hal-hal yang tidak dapat kita hitung, seperti waktu (time), gula (sugar), atau air (water), sebagaimana contoh berikut:

“Can you tell me how much time it will take to reach the airport?”

“I’m not sure how much sugar we have in the kitchen. Should I check?”

“How much water do you need for the recipe?”

Latihan akan membuat kamu lebih paham dalam membedakan keduanya. Coba gunakan “how much” saat pergi berbelanja atau saat berbicara tentang harga. Jangan takut membuat kesalahan. Dengan latihan, menanyakan harga dalam bahasa Inggris akan menjadi mudah!

Pentingnya Belajar How Many dan How Much

Memahami penggunaan how many dan how much yang tepat sangat penting untuk komunikasi. Pemahaman ini memastikan bahwa pertanyaan diutarakan dengan benar berdasarkan kuantitas yang terlibat dapat dihitung atau tidak.

Pengetahuan ini bermanfaat dalam berbagai situasi, termasuk percakapan sehari-hari, meminta informasi, dan membentuk kalimat yang benar secara tata bahasa. Peningkatan keterampilan bahasa juga akan meningkatkan komunikasi dan pemahaman bahasa Inggris secara keseluruhan.

Buat kamu yang masih bingung harus belajar tata bahasa darimana, ikut kursus langsung di ICAN English. Kami akan membantu meningkatkan keterampilan grammar, dan skill lainnya agar bisa lancar berkomunikasi dengan banyak pilihan kelas yang menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web