Panduan Belajar Perbedaan People dan Person

Panduan Belajar Perbedaan People dan Person

Perbedaan kata people dan person bagi pemula mungkin sulit untuk diketahui. Kedua kata tersebut sama-sama memiliki arti “orang”. Person dan people memang kegunaannya sangat mirip, akan tetapi masih bisa dibedakan dengan beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Secara etimologi, person and people memiliki bahasa Latinnya sendiri. Akan tetapi, kata person merupakan turunan dari kata Persona yang merujuk pada arti individu atau seseorang. Sedangkan kata people diambil dari kata populus yang merujuk pada sekelompok orang atau sebuah populasi.

Perbedaan Kata People Dan Person

Berikut adalah penjelasan tentang apa bedanya People dan Person dalam Bahasa Inggris:

People adalah collective noun, Persons adalah plural noun

Ketika berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris, Kamu mungkin berada dalam kondisi di mana harus menggunakan istilah yang menggambarkan sekelompok manusia. Menurut ketentuan dari English grammar,  “people” adalah collective noun dan “persons” adalah plural noun. Biasanya kata person digunakan dalam situasi formal seperti di lingkungan kerja.

Collective nouns adalah istilah menggambarkan sejumlah orang satu bagian misalnya sekelompok juri, dan sekelompok anggota paduan suara. Jika kamu kesulitan untuk memahami kapan harus menggunakan people and person dalam konteks yang spesifik, kamu bisa memilih menggunakan sinonim untuk people seperti human beings, citizens, atau humans.

Baca juga : Contoh Penggunaan Who Whom Whose Dalam Bahasa Inggris

Persons/People adalah banyak orang, Person adalah satu orang

Para penutur asli American English menggunakan kata persons sebagai bentuk plural dari kata person. Dalam modern English yang sudah berubah, banyak pembicara lebih cenderung menggunakan kata “People”.

Kata tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk berbicara atau menulis tentang sekelompok individu dalam jumlah banyak. Sehingga, penggunaan kata “Persons” mulai digantikan dengan penggunaan “People” Sebagai bentuk jamak.

Sementara itu, “person” sebagai kata benda tunggal yang menggambarkan sesosok manusia atau seseorang. Sedangkan “people” digunakan untuk mendeskripsikan sekelompok rombongan kecil, kumpulan orang yang sangat banyak, masyarakat luas.

Jadi jika kamu menulis tentang banyak individu, sekelompok suku, atau mungkin penduduk di wilayah tertentu, maka kamu harus menggunakan kata “people”. Berikut adalah contoh penggunaan kata person dan people dalam bahasa Inggris:

I know Mr. Budi, he is a good person.

There are a lot of people here and they want to meet you.

Dari dua contoh tersebut, sudah sangat mencolok perbedaannya. Person merujuk pada Mr. Budi sebagai subjek tunggal. Sedangkan kata people disandingkan dengan kata a lot yang menunjukkan makna banyak sekali jumlah orang, atau disebut sebagai kata benda plural atau plural noun. 

Baca Juga : Panduan Belajar Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Benda Dalam Bahasa Inggris 

Mau Belajar Lebih Banyak Tentang Bahasa Inggris?

Sekarang kamu jadi lebih tahu tentang Seperti apa perbedaan people and person. Untuk lebih mudah memahami penggunaan dua kata tersebut, maka dianjurkan untuk sering menggunakan dua kata tersebut dalam percakapan sehari-hari. 

Kamu bisa menggunakan keterampilan ini untuk meningkatkan kemampuan menulis atau berbicara dalam bahasa Inggris. Apapun tujuan kamu, ICAN English bisa menjadi salah satu solusi agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Pilih kelas yang kamu inginkan sesuai kebutuhan belajar personal, dan dapatkan banyak kegiatan bermanfaat dengan adanya bimbingan intensif dari tutor profesional. Di kelas ini, kamu bebas melakukan banyak kesalahan agar kamu bisa belajar langsung dari kesalahan-kesalahan yang sudah kamu buat sesuai dengan penjelasan dari tutor.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.