Penggunaan Who, Whom, Whose dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Who, Whom, Whose dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, penggunaan who, whom, whose mungkin membuat beberapa orang masih merasa bingung. Belajar bahasa Inggris mungkin kamu akan menemukan beberapa kata yang memiliki arti sama, tetapi digunakan untuk konteks yang berbeda. Dan hal ini juga berlaku untuk penggunaan who, whom, serta whose. 

Kamu harus bisa memahami perbedaan penggunaan kata tersebut dengan baik, sebab sering digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Apalagi jika lingkungan kamu lebih banyak menggunakan percakapan bahasa Inggris, misalnya di kantor atau di sekolah.

Memahami Penggunaan Who, Whom, Whose

Sekalipun hampir sama, ternyata penggunaan dari who. Whom, dan whose berbeda loh. Nah, berikut ini penjelasannya.

Penggunaan Who

Secara umum di dalam bahasa Inggris kata who memiliki arti “siapa” dalam bahasa Indonesia. Biasanya digunakan untuk kata tanya, dengan tujuan menanyakan seseorang dan bukan benda. Who, di sini  berfungsi untuk kata hubung  yang independen dan dependent clause.

Jadi kata yang satu ini memiliki peran sebagai kata penghubung yang  dapat menggantikan subjek dengan tujuan agar lebih mudah  dipahami dan menyederhanakan kalimat. Selain memiliki peran menjadi penghubung pengganti subjek, “who” juga memiliki peran lain dalam menjelaskan kepemilikan objek. Ketika “who” digunakan untuk menunjukkan kepemilikan objek, seringkali diikuti oleh “is” atau “has“, sehingga terbentuklah bentuk “who is” atau “who’s“.

Contoh Penggunaan Who

Berikut ini beberapa contoh untuk penggunaan kata who,  dalam bahasa Inggris:

  • “Who is coming to the party?” (Siapa yang datang ke pesta?) -Bertanya tentang subjek siapa yang akan datang ke pesta.
  • “She is the one who helped me yesterday” (Dialah yang membantuku kemarin) – Memperkenalkan Klausa relatif yang menjelaskan subjek “she”.

Dengan contoh tersebut, tentu kamu sudah bisa memahami penggunaan who dalam bahasa Inggris ya.

Penggunaan Whom

Setelah memahami penggunaan dan arti dari kata who dalam bahasa Inggris, selanjutnya ada juga whom. Jadi kata bahasa Inggrisnya satu ini memiliki arti yang sama dengan who, yaitu bermakna “siapa”.

Tapi untuk penggunaannya tetap berbeda, apabila penggunaan kata who sebagai kata tanya maka whom hanya digunakan untuk kata ganti bagi objek atau object pronoun. Di dalam sebuah kalimat kata who biasanya akan didahului dengan auxiliary verb. Kata yang satu ini juga memiliki kedudukan yang sama dengan kata ganti seperti me,us, you, atau him. 

Contoh Penggunaan Whom

Berikut ini ada beberapa contoh penggunaan kata whom dalam bahasa Inggris agar lebih mudah memahami:

  • “Whom did you invite to the wedding?” (Siapa yang kamu undang ke pesta pernikahan?) – Dalam kalimat tersebut orang pertama bertanya tentang objek kepada orang kedua.
  • “He is the person whom I met at the  conference” ( Dia adalah orang yang saya temui di konferensi) – Di kalimat tersebut dijelaskan orang pertama memperkenalkan bangsa relatif yang mendeskripsikan objek, yaitu orang yang sedang dikenalkan)

Jadi penggunaan whom lebih mengarah kepada “siapa” tetapi diperuntukkan sebagai kata ganti objek. Dimanfaatkan untuk memajukan pertanyaan terkait objek kata kerja maupun preposisi, atau juga  digunakan untuk memperkenalkan Klausa relatif yang bisa mendeskripsikan objek.

Penggunaan Whose

Kemudian ada juga whose yang jarang dipahami dengan benar. Agar dapat memahami cara penggunaan kata “whose”, sangat penting untuk memahami konteks dan substansi kalimatnya terlebih dahulu. “Whose” merupakan kata ganti yang bertugas untuk menanyakan tentang kepemilikan. Biasanya, kata ini selalu diikuti oleh sebuah kata benda.

Jadi, jika seseorang menggunakan kata “whose” dalam pertanyaannya, itu mengindikasikan ketertarikan untuk mengetahui siapa pemilik dari benda atau barang tersebut.

Contoh Penggunaan Whose

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata whose dalam bahasa Inggris:

  • “Whose book is this” ( buku siapa ini?) –  bertanya tentang kepemilikan
  • “She is the woman whose car broke down on The Highway” ( Kalau wanita yang hobinya mogok di jalan raya) – Contoh yang satu ini memperkenalkan Klausa relatif yang menggambarkan kepemilikan)

Jadi kata ganti yang satu ini dikenal sebagai kata ganti posisi untuk menunjukkan kepemilikan atau penguasaan. Digunakan juga untuk mengajukan pertanyaan tentang kepemilikan maupun memperkenalkan proses relatif yang bisa menjelaskan kepemilikan tersebut.

Penutup

Penggunaan who, whom, whose seringkali membuat orang bingung. Jadi bisa dipahami bahwa perbedaan utamanya kata “who” digunakan sebagai kata ganti subjek, sedangkan “whom”  digunakan sebagai kata ganti objek, dan “whose” digunakan untuk bisa menunjukkan kepemilikan.

Untuk memahami berbagai macam materi bahasa Inggris lebih baik,  ada baiknya jika kamu bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris. ICAN English merupakan salah satu lembaga bahasa Inggris profesional dengan  materi pembelajaran terbaru, serta memberikan konsep pembelajaran menyenangkan bagi para siswa. Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di ICAN English dengan baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.