Memahami Perbedaan Poem dan Poetry dalam Karya Bahasa Inggris

Memahami Perbedaan Poem dan Poetry dalam Karya Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris apakah kamu sudah benar-benar memahami perbedaan poem dan poetry? Keduanya merupakan bentuk karya  kesusastraan dalam berbagai macam pembelajaran bahasa dan memiliki nilai seni untuk bisa menarik minat membaca. Jika dalam bahasa Inggris Indonesia keduanya diartikan sebagai puisi dan sajak. 

Jadi kamu yang tertarik untuk mempelajari karya sastra bahasa Inggris, Maka memahami perbedaan antara poem dan poetry harus  bisa dilakukan. Kali ini kami akan memberikan pemahaman dari keduanya dan contoh yang akan membuat kamu lebih paham.

Perbedaan Poem dan Poetry

Dalam sastra Inggris ada yang namanya poem dan poetry, di mana keduanya memang tampaklah hampir sama tetap sembahyang memiliki makna yang berbeda.  Berikut  ini penjelasannya masing-masing.

Tentang Poem dalam Bahasa Inggris

Jadi, poem sering disebut sebagai sajak dan menjadi karya sastra secara tertulis maupun secara lisan tertentu yang mengikuti struktur, bentuk, atau gaya tertentu. Poem merupakan adalah karya seni tunggal, sering kali terdiri dari baris-baris yang disusun dalam bait.

Ada beberapa ciri khas yang bisa menjelaskan tentang poem dalam karya  sastra bahasa Inggris, seperti berikut:

  • Sajak ini biasanya sangat bervariasi panjangnya, gaya penulisan maupun pembacanya, dan pokok bahasannya. Bilang saja biasanya ada pesan-pesan yang disalurkan, entah itu secara pendek maupun panjang, formal maupun informal, dan dapat membahas berbagai macam tema maupun emosi.
  • Setiap sajak atau poem merupakan tulisan yang berdiri sendiri, dengan awal, tengah, dan akhir. Hal ini mungkin menceritakan sebuah cerita, mendeskripsikan gambar atau adegan, mengekspresikan emosi, atau menyampaikan ide-ide abstrak.
  • Contoh sajak atau poem antara lain seperti soneta, balada, haikus, epos, dan gubahan syair bebas. Setiap jenis puisi memiliki seperangkat aturan, konvensi, dan ciri gaya tersendiri.

Dari sini mungkin kamu sudah memahami dengan baik apa itu poem

Penjelasan Poetry dalam Bahasa Inggris

Berbeda dengan poem, dimana poetry  merupakan bentuk seni atau dengan genre sastra yang jauh lebih luas dan bisa mencakup semua  sajak, serta teknik, perangkat, dan konvensi yang digunakan untuk bisa diciptakan. Ada beberapa ciri yang dimiliki oleh poetry dalam bahasa Inggris, seperti berikut:

  • Poetry akan mengacu pada keseluruhan tulisan kreatif yang menggunakan perangkat linguistik dan sastra seperti metafora, perumpamaan, sajak, ritme, dan simbolisme untuk membangkitkan emosi, menyampaikan makna, dan mengeksplorasi tema.
  • Meskipun poetry adalah contoh puisi yang spesifik, puisi tersebut juga dianggap sebagai sebuah konsep mencakup berbagai ekspresi kreatif di luar puisi individu. Hal ini mencakup seluruh tradisi dan sejarah penulisan puisi, serta studi dan analisis teknik dan bentuk puisi.
  • Poetry dapat ditemukan dalam berbagai media di luar teks tertulis, termasuk pertunjukan kata-kata, lirik lagu, dan seni visual. Ini adalah bentuk ekspresi artistik yang dinamis dan berkembang yang mencerminkan pengalaman budaya, sosial, dan pribadi.

Jadi secara singkat bisa dikatakan bahwa poem merupakan karya sastra tunggal yang terpisah, sedangkan poetry merupakan genre atau bentuk dari seni yang jauh lebih luas dengan cakupan puisi secara teknis dan konveksi yang digunakan untuk bisa menciptakannya. Poetry  secara kreatif dan berupa melibatkan pembaca maupun pendengar melalui keindahan, ritme, dan  kekuatan bahasa.

Contoh Poem dan Poetry

Jika sudah memahami perbedaan dari keduanya melalui makna dan ciri-ciri, maka  berikut ini contoh poem dan poetry dalam bahasa Inggris:

Contoh Poem

Whispers of the Night

Shadows dance in the moon’s soft light,

While whispers of the night take flight.

Trees sway gently in the evening breeze,

 As stars twinkle above, with ease.

 Dreams drift through the silent air,

 Carried on wings without a care.

 The world sleeps beneath the silver glow,

 While secrets of the night continue to grow.

Contoh Poetry

Dance of the Fireflies

In the twilight’s tender embrace, they come alive,

Tiny sparks of luminescence in the velvet night.

With delicate wings and shimmering glow,

They dance in the meadows, a celestial ballet.

A fleeting moment of enchantment, a glimpse of magic,

As fireflies weave dreams in the canvas of the sky.

Penutup

Perbedaan poem dan poetry tampak jelas berada di cakupannya, jika poem merupakan tulisan yang berdiri sendiri, dengan awal, tengah, dan akhir. Hal ini mungkin menceritakan sebuah cerita, mendeskripsikan gambar atau adegan, mengekspresikan emosi, atau menyampaikan ide-ide abstrak.

Sedangkan Poetry akan mengacu pada keseluruhan tulisan kreatif yang menggunakan perangkat linguistik dan sastra seperti metafora, perumpamaan, sajak, ritme, dan simbolisme untuk membangkitkan emosi, menyampaikan makna, dan mengeksplorasi tema.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.