Perbedaan Since dan For dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Since dan For dalam Bahasa Inggris

Perbedaan since dan for dalam bahasa Inggris harus bisa dibedakan, sehingga kamu  dapat menggunakannya dengan benar. Memahami perbedaan antara “since” dan “for” merupakan bagian penting dalam tata bahasa bahasa Inggris dan terbukti masih banyak yang merasa bingung. 

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia ternyata keduanya sering diterjemahkan sebagai “sejak”.  Tetapi, perbedaan penggunaan keduanya  sebenarnya sangat terlihat dan signifikan  ketika masuk dalam sebuah kalimat. 

Penggunaan “Since”  ditujukan untuk menunjukkan awal dari suatu peristiwa atau periode waktu tertentu, sementara “for”  dapat digunakan untuk durasi atau lamanya waktu yang telah berlalu. Jadi, memahami perbedaannya tentu sangat penting.

Memahami Perbedaan Since dan For

For dan since secara umum sering terdapat dalam kalimat dengan tenses present perfect dan present perfect continuous. Mengapa demikian? Karena hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa suatu aksi telah dimulai di masa lampau dan masih berlanjut hingga saat ini.

For dan since memiliki peran penting dalam memberikan informasi tentang durasi suatu aksi. Namun, yang membedakan keduanya adalah cara penyampaian informasi tentang waktu tersebut.

Penggunaan Since

Kata “Since” dapat  memberikan penekanan pada keterangan waktu yang lebih spesifik untuk menjelaskan suatu aksi yang terjadi. Penggunaan since disertai dengan penanda waktu yang menunjukkan kapan suatu kejadian atau aksi dimulai.

Tidak perlu menyebutkan tahun secara spesifik, since bisa memberikan informasi tentang “kapan” suatu kejadian dimulai.

Kata ini memiliki peran ganda sebagai preposisi atau subordinate conjunction. Sebagai kata hubung, since diikuti oleh klausa independen yang umumnya menggunakan kata kerja dalam bentuk simple past tense. Contohnya seperti berikut:

  • She has lived here since 2010. (Dia telah tinggal di sini sejak 2010.)
  • I haven’t seen him since last week. (Aku belum melihatnya sejak minggu lalu.)
  • We’ve been friends since childhood. (Kami sudah berteman sejak kecil.)

Jadi, “Since” digunakan untuk menunjukkan titik awal suatu periode waktu. Ini digunakan dengan titik waktu tertentu, seperti tanggal, peristiwa, atau momen di masa lalu.

Penggunaan For

Sedangkan “For” memiliki makna “selama” dan digunakan untuk menyatakan periode waktu dari sebuah aksi yang terjadi. Penggunaan for cenderung tidak spesifik karena tidak menentukan waktu mulai dari suatu kejadian, seperti “satu jam”, “sudah lama”, atau “seminggu”.

Dapat diingat dengan formula: for + periode waktu. Kalimat yang menggunakan for dalam pernyataannya biasanya dapat dijawab dengan pertanyaan “berapa lama”. Sebagai preposisi, for diikuti oleh periode waktu dalam bentuk kata benda atau frasa kata benda. Contohnya seperti berikut:

  • She has been studying for two hours. (Dia telah belajar selama dua jam.)
  • They have been married for ten years. (Mereka telah menikah selama sepuluh tahun.)
  • I will be on vacation for a week. (Saya akan berlibur selama seminggu.)

Jadi, “For” digunakan untuk menunjukkan durasi waktu suatu tindakan telah terjadi atau akan terus terjadi. Ini mengacu pada lamanya atau luasnya waktu dan menekankan durasinya.

Penutup

Jadi, perbedaan since dan for sangat terlihat jelas. Apabila “since” dapat menunjukkan titik awal suatu periode waktu. Sedangkan “for” menunjukkan durasi atau jangka waktu suatu tindakan telah terjadi atau akan terjadi. Pilihan antara “since” dan “for” bergantung pada apakah kamu mengacu pada titik awal suatu periode waktu atau durasi waktu.

Memahami perbedaan since dan for dalam penggunaan bahasa Inggris lebih baik jika diajari oleh tutor profesional dari lembaga kursus bahasa Inggris. ICAN English merupakan salah satu lembaga khusus bahasa Inggris profesional yang akan memberikan materi pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. Kamu akan didampingi oleh tutor profesional dengan pembelajaran fasilitas nyaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.