Perbedaan Penggunaan Much Dan Many

Perbedaan Penggunaan Much Dan Many

Salah satu masalah banyak pelajar Bahasa Inggris adalah memahami perbedaan penggunaan much dan many. Bahkan, native speaker juga mengalami permasalahan tersebut.

“Much” dan “Many” digunakan untuk mendeskripsikan banyak hal, tetapi dalam konteks berbeda. Normalnya, kamu tidak bisa menggunakan “many” untuk menggantikan “much”.

Perbedaan Much dan Many

Perbedaan penggunaan much dan many yang paling mencolok adalah “many” digunakan dengan countable noun. Sedangkan “much” digunakan dengan uncountable noun.

Baca juga:
Perbedaan Don’t Dan Doesn’t Yang Perlu Diketahui

Many

Penggunaan “many” diikuti dengan countable noun, seperti: an orange, a person, a cat. Countable noun seringnya bersifat benda konkrit seperti animals, shops, atau cars. Akan tetapi, juga bisa bersifat abstrak, seperti: an idea, a situation, a problem. Ketika menulis countable noun, harus diletakkan artikel (a/an) sebelum noun.

Untuk menggunakan ‘many’ dengan countable noun, kamu bisa memperhatikan contoh berikut:

How many teachers in your school?

There are many things to do in this museum.

How many books do you have?

Much

Ketika ingin menggunakan kata ‘much’, gunakan untuk singular uncountable nouns. Beberapa noun yang kamu gunakan bersamaan dengan much sangat banyak, beberapa diantaranya: time, water, rice.

Berikut adalah contoh penggunaan “much” dalam Bahasa Inggris:

We still have much water.

We don’t have much time.

You don’t have much rice.

Baca juga:
Perbedaan How Much Dan How Many

Noun yang Dapat Digunakan dengan Much dan Many

Beberapa noun dapat digunakan dengan ‘much’ atau ‘many’, bergantung pada konteks penggunaannya. Hal ini karena beberapa noun sifatnya countable dalam beberapa konteks, tetapi uncountable di konteks lainnya.

‘Fish’ adalah salah satu kata yang sering membingungkan para pembelajar bahasa Inggris, seperti contoh berikut:

There are many fish in our pond.

She doesn’t have much fish on her plate.

Konteks kalimat pertama membicarakan tentang ‘fish’ sebagai binatang (countable) dan konteks kedua adalah ‘fish’ yang merupakan makanan (uncountable).

Baca juga:
Panduan Lengkap Penggunaan Kata Will dalam Bahasa Inggris

Benefit Belajar Much dan Many

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja perbedaan penggunaan much dan many. Pemahaman penggunaan kedua kata tersebut dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk mempermudah komunikasi dalam konteks kuantitas.

Belajar penggunaan many dan much juga membantu dalam meningkatkan pemahaman grammar atau tata bahasa. Kamu dapat meningkatkan pemahaman tentang countable dan uncountable noun agar bisa menggunakan much dan many dengan tepat.

Dalam skill writing, much dan many digunakan dalam penulisan akademik, komunikasi bisnis, dan konteks formal. Sedangkan dalam reading, much dan many membantu untuk pemahaman budaya terkait kuantitas.

Dalam skill reading, pemahaman tentang perbedaan antara much dan many membantu pemahaman teks bacaan. Mengenal bagaimana penggunaan kata tersebut membantu pembelajar menginterpretasi pembelajaran tertulis secara akurat dan mendapat makna dari konteks beragam.

Untuk kamu yang sudah belajar Bahasa Inggris sendiri tetapi masih belum ada hasil signifikan, jangan khawatir. Kamu bisa memanfaatkan tawaran program kursus Bahasa Inggris di ICAN English. Semua kelas di tempat kami dirancang untuk semua kalangan, dari level beginner hingga advanced!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi