perbedaan toefl dan ielts

Perbedaan TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS merupakan jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini digunakan sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri untuk dapat memastikan kamu sanggup mengikuti seluruh pembelajaran disana. Kelas persiapan TOEFL juga menjadi pilihan bagi banyak orang dan berharap mendapatkan skor terbaik.

TOEFL merupakan kependekan dari Test of English as a Foreign Language dan IELTS merupakan kependekan dari International English Language Testing System. Meskipun keduanya merupakan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris, tetapi tes tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut merupakan perbedaan dari TOEFL dan IELTS.

Penggunaan Bahasa

Perbedaan pertama dan yang paling mendasar dari kedua tes ini yaitu, penggunaan bahasa yang menjadi acuannya. Untuk tes TOEFL menggunakan jenis bahasa inggris Amerika. Sedangkan, untuk tes IELTS menggunakan bahasa inggris British.

Penggunaan bahasa yang berbeda tersebut disesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Negara Inggris, Amerika, Australia, New Zealand, dan beberapa Negara lainnya biasanya diharuskan untuk melampirkan hasil tes IELTS resmi.

Format Tes Reading Section

Perbedaan berikutnya antara TOEFL dan IELTS yakni, dalam format tes reading section atau tes yang mengukur kemampuan membaca dalam bahasa inggris. Dalam soal yang terdapat di TOEFL, kamu akan mendapatkan kurang lebih 3 hingga 5 lembar teks bacaan bahasa inggris yang di setiap teks tersebut berisikan soal yang harus dijawab.

Sedangkan, untuk tes IELTS format reading section yang diterapkan yaitu, kamu akan mendapatkan sebanyak kurang lebih 40 soal yang terbagi menjadi tiga teks bacaan berbeda. Adapun bentuk pertanyaanya seperti pilihan ganda, form completion, dan summary completion.

Format Tes Listening Section

Perbedaan selanjutnya antara TOEFL dengan IELTS yakni, format tes listening section atau tes untuk mengukur kemampuan pendengaran bahasa Inggris. Untuk TOEFL, kamu akan diputarkan dialog dari native speaker, kemudian kamu harus mengisi soal-soal yang berupa pilihan ganda.

Sedangkan untuk IELTS, kamu akan diberikan sebuah dialog dan perkuliahan singkat dari native speaker. Kemudian, kamu akan diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menuliskan jawaban yang tepat.

Format Tes Writing Section

Berikutnya, terdapat juga perbedaan dalam format tes writing section atau tes untuk mengukur kemampuan menulis dalam bahasa inggris. Untuk TOEFL, soal writing dibagi kedalam dua bagian. Untuk bagian pertama, mengharuskan kamu untuk menulis esai yang terdiri dari kurang lebih 300 hingga 350 kata dari topic yang ditentukan.

Kemudian, untuk bagian kedua mengharuskan kamu untuk menuliskan berdasarkan audio yang diputar. Sementara, untuk IELTS format tes writing juga dibagi menjadi dua. Pada bagian pertama, mengharuskan kamu untuk menuliskan sebuah repot untuk sebuah diagram. Lalu, bagian kedua mengharuskan kamu untuk menuliskan esai yang berupa respon dari topic yang diberikan.

Baca Juga:
Harga Tes Toefl dan IELTS

Format Tes Speaking Section

Perbedaan berikutnya yang terdapat dalam TOEFL dengan IELTS yaitu, format tes speaking section atau tes untuk mengukur kemampuan berbicara dalam bahasa inggris. Untuk TOEFL, kamu akan diberikan berbagai macam pertanyaan pendek dari perangkat komputer, yang kemudian akan merekam jawaban kamu untuk selanjutnya dinilai oleh penguji.

Sedangkan, format tes speaking section IELTS kamu akan diberikan berbagai pertanyan dengan topic yang beragam seperti education (pendidikan), health (kesehatan), hingga media yang akan dibagi menjadi 3 bagian. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa saja berbeda sesuai dengan kebijakan dari lembaga penyedia tes tersebut.

Format Penilaian Tes

Perbedaan terakhir antara TOEFL dengan IELTS yakni pada penilaian akhirnya. Untuk TOEFL, jumlah nilai akumulasi yang akan didapatkan yakni 120 dengan tiap-tiap section bernilai 30 poin. Sedangkan, untuk IELTS nilai tertinggi yang bisa didapatkan yaitu, 9.0 yang berlaku untuk setiap section.

TOEFL dan IELTS memiliki berbagai perbedaan yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih tes. Baik TOEFL maupun IELTS memerlukan fokus dan konsentrasi tinggi dalam pengerjaannya. Sehingga, sebelum kamu mengikuti tes tersebut sebaiknya dilakukan latihan khusus secara intensif terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika ingin mengetahui informasi tentang TOEFL & IELTS bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi