perbedaan toefl ibt dan itp

Perbedaan TOEFL iBT dan ITP

Terdapat beberapa jenis tes TOEFL. Diantaranya adalah TOEFL iBT, ITP, PBT, dan CBT. Jenis-jenis ini memiliki fungsinya masing-masing. Jenis tes yang banyak dipakai adalah TOEFL iBT dan ITP. Apabila masih bingung memilih tes TOEFL mana yang perlu diikuti. Maka, kamu harus mengetahui perbedaan TOEFL iBT dan ITP. 

Dengan mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis tes. Maka kamu akan semakin memahami masing-masing fungsinya. Sehingga akan mampu pula untuk memilih jenis tes mana yang sekiranya akan dibutuhkan.

3 Perbedaan TOEFL iBT dan ITP yang Perlu Diketahui

Sebenarnya, terdapat cukup banyak perbedaan dari TOEFL iBT dan ITP. Perbedaan ini dapat dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari biaya, skor, jenis tes, bahkan fungsinya. Karakteristik dari dua jenis tes ini memiliki perbedaan pula. Untuk mengetahui lebih jelasnya, maka simaklah penjabarannya di bawah ini!

Baca Juga:
Tips Belajar TOEFL ITP

1. Perbedaan Karakteristik TOEFL iBT dan ITP

TOEFL iBT atau internet based test merupakan tes yang medianya menggunakan internet. Dapat dikatakan pula bahwa tes ini merupakan pengganti dari PBT atau paper based test. Untuk jenis tes iBT ini, tes dapat dilakukan secara online. Jenis tes ini menjadi yang paling banyak digunakan untuk saat ini dibandingkan jenis tes lainnya.

Sedangkan untuk TOEFL ITP atau institutional testing program, adalah tes yang biasanya digunakan khusus untuk syarat dalam suatu instansi. Baik berupa instansi akademis atau pekerjaan. Apabila akan melamar pekerjaan ke perusahaan tertentu. Biasanya jenis tes inilah yang akan lebih sering digunakan dibandingkan jenis lainnya.

Baca Juga:
Contoh Soal dan Pembahasan TOEFL Listening

2. Perbedaan dari Jenis atau Format Tes

Berikutnya adalah perbedaan yang dapat dilihat dari jenis atau format tes pada ujian TOEFL. Dalam tes iBT atau internet based test, skill yang akan dites adalah reading, listening, writing, dan speaking. Lama tes untuk jenis ini adalah sekitar 4,5 jam. Karena setiap skillnya memiliki jumlah soal yang cukup banyak.

Sedangkan untuk TOEFL ITP atau institutional testing program, format tes cukup jauh berbeda. Skill yang dites diantaranya adalah structure and written expression, vocabulary and reading comprehension, serta learning comprehension. Durasi tesnya cukup singkat, yaitu 115 menit untuk level 1. Sedangkan untuk level 2 adalah 70 menit.

3. Perbedaan dari Biaya Tes

Perbedaan terakhir dapat dilihat dari biaya tesnya. Dalam TOEFL iBT atau internet based test, biaya tes yang perlu dikeluarkan sekitar Rp. 2,5 juta. Sedangkan untuk TOEFL ITP atau institutional testing program, biayanya adalah kisaran Rp. 475 ribu sampai dengan Rp. 600 ribu sesuai dengan levelnya.

Kesimpulan

Perbedaan TOEFL iBT dan ITP terletak pada beberapa aspek, sehingga menyebabkan fungsi dari kedua jenis TOEFL ini berbeda pula. Namun, mempersiapkan diri untuk kedua tes ini tentu sama pentingnya. Bergabung dalam kursus persiapan TOEFL akan membuat kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan skor yang maksimal.

ICAN English menjadi lembaga kursus yang menyediakan kelas ini dan dipandu oleh tim pengajar berpengalaman.

Apabila kamu akan menggunakan sertifikat TOEFL untuk bekerja, maka dapat memilih ITP. Sedangkan untuk sertifikasi kemampuan bahasa Inggris, dapat memilih iBT.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi