perbedaan will dan would

Perbedaan Will dan Would

Will dan would dalam bahasa Inggris terkadang membuat bingung. Kamu mungkin menganggapnya cukup rumit karena kedua kata ini memiliki arti yang sangat mirip. Mengetahui perbedaan will dan would akan membantu kamu dalam membentuk kalimat yang tepat baik untuk tulisan maupun lisan.

Sebenarnya, perbedaan kontras dari will dan would terletak pada keterangan waktu. Will digunakan sebagai kata yang bisa memprediksi masa depan lewat rumus simple future tense. Sedangkan, would biasanya digunakan berdasarkan pandangan dari masa lalu dengan rumus past future tense.

Lebih Jauh Seputar Kedua Kata Ini

Seperti yang telah diketahui bahwa Will memiliki arti akan atau ingin. Penggunaan kata ini juga memberikan makna sebagai kemauan, kehendak, dan lainnya sesuai dengan konteks tertentu.

Will ini adalah salah satu auxiliart dan bisa digunakan di segala situasi. Biasanya, situasi yang sering dihadapi untuk penggunaan will adalah menatakan sesuatu yang terjadi di amsa depan. Perbedaan paling mendasar dengan would adalah will tidak bisa digunakan dalam bentuk kalimat lampau.

Kata will bisa digunakan sebagai noun atau verb. Penggunaannya juga bisa sebagai pelengkap dari conditional sentence yang bisa menunjukkan sebab-akibat dari kondisi tertentu.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Future Tense

Contoh kalimat menggunakan will, seperti:

  • Ill ride my bike to school tomorrow
  • I will do my homework tomorrow
  • Will you help me to clean the classroom?

Seperti Will, Would dalam kalimat adalah auxiliary modal verbs. Would biasanya bisa kamu gunakan untuk sebuah kondisi alternatif di masa depan. Namun, harus didukung oleh sebuah pernyataan atau aksi tertentu. Would juga digunakan dalam tulisan yang menggunakan bentuk lampau.

Contoh kalimat menggunakan would adalah sebagai berikut:

  • I would eat this ice cream four hours ago, if I didnt have meeting all day
  • I would like to eat pasta for lunch

Meski membingungkan, perbedaan will dan would ini perlu kamu pahami dengan baik agar dapat membuat sebuah kalimat yang benar-benar tepat.

Baca Juga:
Pola Kalimat Simple Future Tense

Penggunaan Kata Will dan Would

Setelah mengetahui tentang penjelasan serta penggunaan dari kata will, berikut ini merupakan contoh penggunaanya. Berikut, merupakan contoh penggunaan kata will untuk menunjukan suatu keputusan yang dibuat di waktu yang sama : I think I will drink tea instead coffee (sepertinya saya akan minum teh saja daripada minum kopi).

Berikutnya, contoh penggunaan kata will untuk menyatakan penawaran : I will make some food for lunch, if you want (saya akan memasakan beberapa makanan untuk makan siang jika kamu mau). Lalu, contoh untuk menyatakan janji : I will come to the school tomorrow morning (saya akan datang ke sekolah besok pagi).

Setelah mengetahui tentang penjelasan dari kata would, berikut merupakan contoh penggunaannya. Pertama, contoh untuk menyatakan undangan : would you like to come to my birthday party tonight? (apa kamu mau datang ke pesta ulang tahunku malam ini?). Contoh menyatakan permintaan : would you come today? (bisakah kamu datang hari ini?).

Kemudian, contoh penggunaan would untuk conditional sentence (kalimat pengandaian). Contoh pertama tentang pengandaian yang terjadi di situasi sekarang : if I had car, I would come to your house right now (jika aku memiliki mobil, aku akan datang ke rumahmu sekarang juga).

Baca Juga:
Pengertian dan Contoh Conditional Sentence

Perbedaan will dan would kerap kali mengalami kekeliruan, sehingga penting untuk mencari tahu perbedaannya. Secara sederhana baik will maupun  would keduannya merupakan jenis auxiliary modal verbs yang menyatakan tentang permintaan, kemungkinan, dan sejenisnya. Selain itu, kedua kata ini juga bisa digunakan untuk conditional statements atau kalimat pengandaian. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi ICAN English untuk konsultasi langsung dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web