Perkenalan Kuliah Dalam Bahasa Inggris

Perkenalan Kuliah Dalam Bahasa Inggris

First impression atau kesan pertama sangatlah penting ketika kamu melakukan perkenalan kuliah dalam Bahasa Inggris. Dengan melakukan perkenalan yang berkesan, kamu sebagai mahasiswa dapat menciptakan awal hubungan yang positif dengan teman sekelas dan dosen.

Saat melakukan perkenalan, kamu juga akan mengatasi rasa malu. Banyak mahasiswa yang harus berjuang melawan kecemasan ketika berbicara di depan publik.

Cara Melakukan Perkenalan Diri yang Baik dalam Bahasa Inggris

Dengan latihan secara rutin, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri dan memudahkan dalam mengekspresikan diri. Berikut adalah bagaimana cara melakukan perkenalan kuliah dalam Bahasa Inggris yang baik:

Pahami Dasar dalam Memperkenalkan Diri

Adalah hal yang sangat penting untuk memahami komponen dasar perkenalan diri. Komponen tersebut adalah menyebutkan nama, usia, pekerjaan atau jurusan, dan hobi. Menyesuaikan cara perkenalan diri sesuai dengan audience akan menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan untuk mengenal satu sama lain dan menunjukkan sikap perhatian.

Baca Juga : Ini Manfaat Belajar Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Membuat Cara Memperkenalkan Diri Yang Terstruktur

Cara memperkenalkan diri yang terstruktur akan menciptakan komunikasi yang efektif. Mulailah dengan menyapa, menunjukkan antusiasme, dilanjutkan dengan menyebutkan nama, pekerjaan atau jurusan, dan hobi. Lakukan cara ini untuk memberikan presentasi yang jelas.

Tambahkan Sentuhan Personal

Cara memperkenalkan diri akan lebih mengesankan apabila kamu menambahkan sentuhan personal seperti dengan menambahkan anekdot. Atau berikan treatment yang unik untuk membuat siapa saja teringat dengan cara kamu memperkenalkan diri.

Seluruh audience tidak hanya tertarik kepada kepribadian yang kamu miliki, tetapi mereka juga ingin mengetahui apa keuntungan yang akan mereka dapatkan dari pertemuan perkenalan hari ini.

Mengatakan “My name is Andrew, I am a teacher” saja tidak cukup. Kamu perlu menunjukkan atau sesuatu yang membuat pekerjaan kamu berbeda dengan pekerjaan orang pada umumnya.

Kamu juga bisa memperkenalkan diri dengan fokus hanya pada pendidikan dan juga kualitas personal. Atau kamu juga bisa memperkenalkan diri dengan menceritakan pengalaman unik secara singkat yang relevan dengan kegiatan akademik dan non-akademik.

Baca juga : Materi Pelajaran Bahasa Inggris Di Universitas

Gunakan Percakapan Awal Perkenalan Diri Lebih Akrab

Kamu juga bisa menambahkan dialog lebih lanjut di bagian akhir perkenalan. Dialog tersebut bisa berupa pertanyaan yang sesuai dengan konteks agar menciptakan suasana perkenalan yang lebih santai dan akrab.

Tidak perlu merasa gugup ketika memperkenalkan diri kepada teman-teman di kelas di hadapan dosen. Memperkenalkan diri tidak perlu harus terlalu detil seperti sedang menulis essay.

Walaupun teman-teman di kelas ingin tahu lebih banyak tentang kamu, tapi mereka hanya akan fokus dengan kepribadian kamu secara singkat.

Untuk memperkenalkan diri, misalnya kamu bisa memulainya dengan mengucapkan “My name is Muhammad Rizal. My mom and my dad decided to call me Ririz, and I think they are right.”

Latihan Keterampilan Perkenalan Diri

Sama seperti keterampilan yang lainnya, kamu juga perlu latihan secara rutin sebelum memperkenalkan diri. Dengan sering mengulang-ulang cara memperkenalkan diri, maka kamu akan merasa lebih percaya diri jika sudah tiba giliran kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menguasai diri ketika akan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris ICAN English Di Semarang

Belajar Memperkenalkan Diri di ICAN English

Salah satu cara agar kamu bisa melakukan perkenalan diri yang baik dalam bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu. Karena sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, maka sudah menjadi hal yang biasa untuk berbicara di depan umum menggunakan bahasa asing.

Untuk memulainya, cobalah menggunakan sekitar 50% atau 70% bahasa Inggris dalam keseharian. Misalnya ketika sedang ngobrol dengan teman di sekolah atau ketika menghabiskan waktu di rumah.

Jika ingin lebih intensif belajar agar bisa fasih berbahasa Inggris, termasuk melakukan perkenalan kamu bisa belajar di Ican English. Lembaga Kursus bahasa Inggris ini adalah tempat bagi para pelajar maupun orang dewasa untuk meningkatkan keterampilan berbahasa.

Salah satu yang akan kamu pelajari adalah bicara bahasa Inggris di depan publik. Kamu juga akan belajar memperkenalkan diri dengan cara yang lebih mudah.

(https://www.linkedin.com/pulse/self-introduction-english-students-5-easy-ways-introduce-yourself)

(https://promova.com/blog/how-to-confidently-introduce-yourself-in-english)

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.