Tips Lancar Pidato Bahasa Inggris untuk Lomba

Tips Lancar Pidato Bahasa Inggris untuk Lomba

Kemampuan yang wajib kamu miliki saat belajar bahasa Inggris adalah speaking atau berbicara. Supaya kamu bisa mahir berbahasa Inggris, terdapat lomba berpidato atau speech yang bisa kamu ikuti. Berbagai lembaga pendidikan sering mengadakan perlombaan tersebut.

Lomba ini menjadi kesempatan dalam terus melatih dan melancarkan pelafalan kosakata. Melatih kemampuan diri dengan berpidato bahasa Inggris bukan hal sulit untuk dilakukan. Ternyata, pidato bahasa Inggris akan membantu kamu mendalami bahasa asing. 

Tips Pidato Bahasa Inggris

Ada banyak tips yang dapat dilakukan supaya kamu mencapai kesuksesan dalam pidato bahasa Inggris. Agar kamu tidak kebingungan dan grogi ketika berpidato, berikut adalah apa saja yang harus kamu lakukan:

Perhatikan isi pidato

Ketika akan melakukan pidato bahasa Inggris, seharusnya periksa dulu struktur dan susunan kosakata pada isi pidato yang disampaikan. Berusaha menyampaikan pidato yang pembukaannya, memberikan kesan berbeda dari yang lain sehingga lebih menarik. Isi pidato disusun dengan jelas dan tidak bertele-tele agar ketika penyampaian pendengar akan menyukainya.

Di akhir pidato, kamu bisa menyuguhkan kesimpulan yang sudah menjadi rangkuman dari seluruh isi. Ketika merancang isi pidato, kamu perlu mencari materi yang banyak sebagai materi pendukung.

Selain itu, judul untuk pidato bahasa Inggris harus jelas dan diusahakan membuat audience menerima isi dengan mudah. Penyampaian pidato bisa disertai dengan alat bantu agar penampilan kamu lebih bagus dan menarik. Bantuan secara visual maupun materi tambahan yang akan mendatangkan reaksi penonton seperti tertawa atau tersentuh.

Perhatikan Efektivitas Saat Menyampaikan Pidato Kepada Audience

Saat berpidato bahasa Inggris, seharusnya kamu sudah mempersiapkan apa tujuan pidato. Misalnya, kamu ingin audience termotivasi, ingin memberi informasi pendidikan kepada audience, memberi inspirasi dan lain sebagainya. 

Perhatikan dengan jeli pemilihan materi dan cara penyampaian pidato. Sampaikan dengan cara yang menyenangkan agar menarik bagi audience. Hindari memilih materi yang akan menimbulkan kontroversi bagi pendengar.

Pahami Nilai atau Kualitas Materi Pidato

Jika kamu sudah yakin dengan pilihan materi untuk pidato bahasa Inggris, pastikan juga kualitasnya. Kamu bisa mengangkat isu maupun tema yang sedang hangat sebagai bahan perbincangan. Materi yang sedang terjadi ataupun masih diikuti banyak orang akan membuat kamu lebih mudah membawa pemahaman audience. 

Kesempatan seperti ini, akan membuat kamu lebih nyaman saat berpidato lebih hidup dan terkesan nyambung kepada audience. Hindari mengangkat topik atau tema yang sudah kuno agar audience tidak merasa bosan. Sehingga kamu tidak merasa melakukan pidato tanpa dukungan dari para pendengar.

Topik yang biasa saja atau tidak memiliki nilai akan membuat pidato bahasa Inggris kamu menjadi monoton. Topik lama yang kamu angkat kembali, sebaiknya disertai dengan gagasan atau pemikiran serta sudut pandang yang kamu pikirkan sendiri. Pembahasan lebih kreatif dan inovatif tentunya bernilai tinggi untuk pidato bahasa Inggris yang kamu sampaikan.

Perhatikan Bagaimana Menyampaikan Pidato

Setelah kamu berhasil memilih isi materi dan topik untuk pidato bahasa Inggris, selanjutnya kamu dapat mempelajari cara penyampaiannya supaya audience tidak bosan. Hal-hal yang harus kamu perhatikan yaitu penampilan, gestur dan vokal pada saat kamu mulai berpidato. Memakai pakaian rapi supaya penampilan kamu lebih terlihat formal. 

Usahakan gestur tertata dan disesuaikan dengan kalimat yang berhubungan dengan isi pidato bahasa Inggris kamu. Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan juga adalah suara ataupun vokal pada saat berpidato. Audience harus menerima informasi yang kamu sampaikan dengan pelafalan jelas. Penyampaian pidato yang berhasil adalah audience mampu menerima informasi yang kamu sampaikan.

Tampil Percaya Diri

Pidato bahasa Inggris memerlukan keberanian dan percaya diri di depan audience. Lebih santai saat berpidato akan membantu kamu lebih konsentrasi dalam mengingat susunan materi yang sudah disiapkan sebelumnya. Kelancaran berpidato dapat kamu peroleh dengan menghadap ke audience dan lebih terjalin interaksi. Tampil percaya diri bukan berarti kamu menyuguhkan penampilan yang sangat berlebihan.

Untuk mendapatkan rasa percaya diri saat berpidato, kamu bisa berlatih secara teratur di depan cermin. Kamu bisa meminta bantuan teman dan keluarga untuk mendengarkan kamu berlatih. Mereka bisa kamu anggap sebagai audience yang akan kamu temui pada saat lomba pidato. Berlatih dengan rutin akan sangat membantu kesiapan kamu saat menghadapi lomba. 

Baca juga : Panduan Menulis Teks Narasi Bahasa Inggris

Contoh Pidato Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh teks pidato bahasa Inggris yang bisa kamu coba:

Ladies and gentlemen, teachers, and fellow students,

Good [morning/afternoon/evening],

My name is [Your Name], and I’m here to talk to you about a topic that affects each and every one of us – education. You see, education is like the compass that guides us through the uncharted waters of life. We, as junior high school students, are at a crucial point in our educational journey. It’s a time of growth, exploration, and discovery. But why is education so important at this stage of our lives?

Firstly, education equips us with the tools we need to face the challenges that lie ahead. From mastering mathematical equations to understanding the intricacies of history, each lesson molds us into informed individuals ready to contribute to society.

Secondly, education is not just about books and exams; it’s about developing a set of skills that will serve us well beyond the classroom. We learn how to collaborate with our peers, solve problems, and think critically. These skills are not just for passing exams – they’re for life.

So, as we navigate through our junior high school years, let’s make the most of every opportunity to learn, to question, and to grow. Because, in the end, education is the bridge that leads us to a future full of possibilities.

Thank you.

Mau lebih lancar belajar berpidato dalam Bahasa Inggris? Belajar sekarang juga di ICAN English. Tempat kursus Bahasa Inggris kami menawarkan banyak program yang akan membuat kamu jadi lebih fasih dan percaya diri di hadapan audience!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi