Alasan Harus Belajar Puisi dalam Bahasa Inggris

Alasan Harus Belajar Puisi dalam Bahasa Inggris

Kamu mungkin berasumsi bahwa puisi dalam Bahasa Inggris adalah sumber bacaan terbaik yang hanya dapat dinikmati oleh penutur asli bahasa Inggris. Tapi, pemikiran tersebut tidaklah benar. Bagi ESL (Second Language Learners), puisi bisa menjadi alat yang unik dan efektif untuk belajar bahasa Inggris.

Selama bertahun-tahun, banyak sekolah menggunakan puisi untuk hafalan siswa. Mereka saling mendengarkan satu sama lain, membaca puisi konyol atau serius, dan mempelajari puisi di kelas. Puisi kadang terdengar seperti bahasa asing dengan susunan kata yang maknanya jauh dari kehidupan sehari-hari. 

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Puisi dalam Bahasa Inggris

Mengapa menghabiskan waktu belajar puisi Bahasa Inggris? Berikut adalah beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan:

1. Mudah diatur

Puisi adalah unit bahasa yang mudah diatur dan singkat untuk dipelajari. Salah satu tujuan dalam belajar membaca adalah agar kamu dapat melihat dan memproses kata-kata tersebut. Selanjutnya, kamu dapat menemukan serta menikmati apa yang disampaikan oleh kata-kata tersebut.

Puisi adalah bahasa yang disusun dalam struktur tata bahasa yang cerdas. Sehingga, puisi memberikan tantangan ekstra dalam membaca dengan baik, dalam waktu singkat.

2. Belajar Meniru

Siswa, dengan meniru puisi, mempelajari cara-cara kreatif dan ampuh dalam merangkai kata. Penyair sangat ahli dalam memunculkan visual tajam dalam benak pembaca, dan berkomunikasi melalui metafora, personifikasi, maupun simile.

Selain itu, penyair suka bermain dengan kata-kata, sehingga maknanya harus mengejutkan dan menyenangkan. Kamu juga akan belajar merangkai kata, menampilkan keunikan, tekstur, suara, dan nuansa dalam kata-kata.

3. Belajar Disiplin

Kamu akan belajar jika setiap kata sangat berarti dan studi terfokus akan memberi penghargaan kepada pembaca. Setiap kata dalam kesatuan puisi yang kompak mempengaruhi makna, bunyi, ritme, nada, dan pola puisi.

Kamu juga dapat belajar memperhatikan mengapa kata yang tepat itu dipilih. Sehingga, kamu akan belajar disiplin, membantu dalam segala jenis bacaan dan tulisan.

4. Orisinalitas Ide

Puisi memiliki kemampuan untuk mengungkapkan ide, mendeskripsikan objek, atau menangkap pengalaman dengan cara unik. Puisi memiliki bahasanya sendiri, yaitu “bahasa gambar dan musik.”

Itulah mengapa, untuk menjelaskan sepenuhnya semua yang dikomunikasikan dalam sebuah puisi, membutuhkan banyak halaman tulisan. Puisi memiliki kualitas unik dalam menggabungkan bunyi kata, gambaran yang diciptakan pada pilihan kata, dan struktur puisi untuk menyampaikan makna yang padat.

5. Belajar Perspektif Baru

Karena puisi mengungkapkan sesuatu dengan cara yang unik, puisi dapat membantu melihat dunia dengan cara berbeda. Puisi membantu siswa memahami kebenaran abadi tentang suatu hal, seperti persahabatan, percintaan, atau lainnya. Sehingga, melalui puisi, seseorang dapat mengekspresikan pujian, rasa suka cita, atau kesedihan menjadi lebih jelas.

6. Belajar Pengucapan

Meskipun puisi mungkin kurang musikal dibandingkan lagu, puisi bisa sama liris dan melodinya. Perangkat sastra yang digunakan, seperti aliterasi dan sajak, tidak hanya membuat kamu belajar bahasa, tetapi juga membantu memori dan menghafal kata-kata. Saat membaca puisi dengan suara keras, kamu akan terpaksa melatih pengucapan.

Selain itu, puisi menggunakan struktur syair formal penuh dengan informasi tentang di mana tekanan jatuh pada suku kata tertentu dari kata tertentu, kata mana yang berima dan tidak. Serta dapat belajar tentang bagaimana sintaksisnya bekerja (bagaimana kata-kata bersatu). Bahkan, ada begitu banyak informasi struktural dalam bahasa puisi, sangat jelas mengapa puisi dapat membantu meningkatkan bahasa Inggris.

Baca juga : Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris

Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris dari Puisi

Puisi akan mengajarkan kamu tentang perangkat sastra dalam bahasa Inggris (hal-hal seperti metafora, alegori, dan simbolisme). Seringkali penulis akan mendeskripsikan sesuatu secara kiasan, yang berarti non-literal atau tidak realistis.

Belajar menulis puisi dalam Bahasa Inggris juga sangat efektif bagi pemula. Kamu dapat menulis berbagai macam puisi, dan bermain-main dengan standar tata bahasa yang konvensional, tanpa harus memikirkan aturan grammar.

Jika membaca puisi, kamu dapat belajar banyak tentang suatu bahasa melalui cara penulis memanipulasi dan bermain-main dengan bahasa tersebut. Semakin banyak membaca puisi, semakin mulai mengidentifikasi perangkat sastra dan semakin memiliki pemahaman lebih baik tentang sebagian besar hal yang kamu baca dalam bahasa Inggris.

Buat keterampilan Bahasa Inggris kamu dalam skill reading, writing, speaking, listening, atau grammar dan vocabulary lebih meningkat di kelas ICAN English. Program kursus Bahasa Inggris yang kami tawarkan tersedia untuk semua kalangan. Selain belajar tentang puisi, kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.