Panduan Lengkap Belajar Recount Text dalam Bahasa Inggris

Panduan Lengkap Belajar Recount Text dalam Bahasa Inggris

Pelajaran recount text dalam Bahasa Inggris adalah salah satu materi yang kamu temui saat duduk di bangku sekolah. Hyland (2003: 20) menyatakan bahwa teks recount adalah teks yang menceritakan peristiwa atau sesuatu yang terjadi di masa lalu.

Tujuan dari teks recount menurut Anderson dan Kathy (2011:48) adalah “untuk membuat daftar dan mendeskripsikan pengalaman masa lalu dengan menceritakan kembali peristiwa-peristiwa sesuai urutan kejadiannya (chronological order)”.

Generic Structure Recount Text

Recount text dalam Bahasa Inggris ditulis untuk membuat laporan tentang suatu pengalaman dari serangkaian peristiwa yang berkaitan. Peristiwa-peristiwa tersebut diurutkan dan dilengkapi dengan karakter-karakter dalam waktu dan tempat tertentu. Berikut adalah apa saja generic structure yang ada pada teks recount:

Orientation

Bagian pembuka memberikan informasi latar belakang. Misalnya, latar dan pengenalan penulis dalam peristiwa yang diceritakan. Bagian ini menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, dan di mana.

Menurut Derewianka (1990: 15), recount text biasanya dimulai dengan arah atau orientasi yang memberikan pembaca pengetahuan tentang masa lalu yang diperlukan untuk memahami narasi tersebut (siapa dalam cerita tersebut, di mana terjadinya, dan kapan terjadinya).

Event

Event adalah bagian utama teks tempat penulis menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis. Peristiwa biasanya disajikan secara logis agar tetap koheren dan jelas.

Reorientation (opsional)

Beberapa teks recount menyertakan bagian penutup yang merangkum atau merefleksikan peristiwa. Hal ini tidak selalu ada dalam semua teks recount tetapi dapat dimasukkan agar memberikan penutup. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan wawasan yang diperoleh dari pengalaman.

Bagian ini merangkum cerita dengan merangkum hasil atau hasil, menilai pentingnya topik, atau memberikan komentar atau ide individual. Reorientation juga bisa ditulis dengan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Recount Text: Memahami Struktur, Ciri-ciri & Contohnya

Ciri Linguistik Recount Text

Sekarang, kamu sudah memahami tentang apa itu recount text dalam Bahasa Inggris. Jadi, teks recount merupakan salah satu genre tulisan yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Tujuan utama penghitungan ulang adalah untuk menginformasikan atau menghibur penonton dengan menyajikan rangkaian peristiwa dalam urutan kronologis.

Selnjutnya, kamu juga harus mengetahui tentang ciri-ciri linguistic atau language feature dalam teks ini. Pertama, terdapat penggunaan past tense dalam kalimat. Teks recount sebagian besar ditulis dalam bentuk lampau karena menggambarkan peristiwa yang sudah terjadi.

Kedua, terdapat kata ganti orang pertama dalam kalimat. Kata ganti orang pertama (I, we) digunakan karena penulis biasanya menceritakan pengalaman atau pengamatannya sendiri. Ketiga, kata dan frasa yang menunjukkan urutan peristiwa yang umum digunakan, seperti “first”, “next”, “so on”, “after”, dan seterusnya.

Terakhir, gunakan kata penghubung dan konjungsi. Fungsinya adalah untuk menghubungkan ide dan peristiwa dalam teks. Contohnya adalah “and”, “but”, “so”, dan seterusnya. Untuk belajar lebih lanjut tentang menulis recount text, kamu juga bisa belajar di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English. Selama di kelas, kamu akan mendapatkan penjelsan lebih dalam dari tutor berpengalaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi