jenis reflexive pronoun dan contoh lengkap

Jenis Reflexive Pronoun dan Contoh Lengkap

Reflexive pronoun merupakan kata ganti orang yang digunakan oleh pembicara untuk menunjukan suatu kejadian atau hal yang terjadi dilakukan sendiri oleh subjek. Kata ganti tersebut digunakan ketika subjek menerima aksi dari verb (kata kerja), atau bisa juga ketika suatu objek dalam sebuah kalimat sama dengan subjeknya.

Jika dalam bahasa Indonesia, kamu mengenali model kalimat saya melakukan segala hal sendirian. Maka jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris menjadi I do all those things by myself Kata myself yang terdapat dalam kalimat tersebut kata ganti orang. Dalam membuat kalimat model ini kamu wajib untuk selalu menghadirkan subjek yang berperan sebagai objek.

5 Macam Reflexive Pronoun Singular Beserta Contohnya

Selain mengetahui terkait pengertiannya, kamu juga harus paham betul mengenai macam-macam bentuk kata ganti orang dalam bahasa inggris. Secara umum reflexive pronoun dibagi menjadi dua jenis yakni bentuk singular atau tunggal dan bentuk plural atau jamak. Materi bahasa Inggris memang cukup banyak dan perlu kamu pelajari keseluruhan. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris menjadi salah satu upaya untuk mempelajari bahasa Inggris secara lengkap.

Berikut merupakan penjelasan mengenai kata ganti orang dalam bahasa Inggris bentuk singular.

1. Myself

Jenis kata ganti yang pertama yakni myself atau saya sendiri/ diri sendiri. Kata myself ditujukan untuk mengatakan diri sendiri. Jadi, ketika kamu membuat suatu kalimat dengan subjek saya atau I, kemudian kamu ingin mengubahnya ke bentuk kata ganti orang, maka gunakanlah kata Myself.

Untuk lebih memahami penggunaan kata myself kamu bisa menyimak contoh berikut ini. I am preparing for tomorrow party by myself  (saya sedang mempersiapkan untuk pesta besok sendirian). Kata myself di akhir kalimat tersebut merupakan kata ganti dari subjek I yang disebutkan di awal kalimat.

2. Yourself

Bentuk kata ganti orang dalam bahasa inggris yang berikutnya yakni, yourself atau kamu sendiri. Kata ini digunakan saat dalam situasi kamu menunjuk lawan bicaramu. Layaknya penggunaan kata you, tetapi bedanya kata ini merupakan bentuk reflexive pronoun.

Untuk lebih memahami maksud dari kata ini, kamu bisa menyimak contoh berikut. You need to find yourself a good partner to do this task perfectly (kamu perlu menemukan sendiri partner yang baik untuk mengerjakan tugas ini secara sempurna). Kata yourself yang terdapat dalam kalimat tersebut merupakan bentuk kata ganti subjek you di awal kalimat.

3. Herself

Berikutnya, terdapat kata ganti orang herself atau dirinya sendiri (untuk perempuan). Kata ganti herself berasal dari kata her yang merupakan kepunyaan she. Contoh dari kata ganti ini yaitu, Khaira carry the bag by herself  (Khaira, mengangkat tas tersebut sendiri). Kata herself dalam kalimat tersebut adalah kata ganti dari subjek Khaira (she).

4. Himself

Sama halnya dengan bentuk sebelumnya, tetapi herself ditujukan untuk dia sendiri (untuk laki-laki. Adapun, untuk penggunaanya juga sama dengan herself. Contoh, he does not like to tell about himself (dia tidak suka membicarakan dirinya sendiri). Kata himself dalam kalimat tersebut menunjukan kata ganti orang dari subjek he.

5. Itself

Kata itself juga memiliki makna dia sendirian tetapi untuk benda atau hewan. Penggunaanya juga sama dengan bentuk kata yang sebelumnya. contoh, the dog scratches itself (anjing itu menggaruk dirinya sendiri). Kata itself merupakan kata ganti untuk subjek dog (it)

Baca Juga:
Perbedaan Singular Noun dan Plural Noun dalam Bahasa Inggris

Macam-Macam Reflexive Pronoun Plural Serta Contohnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa terdapat dua jenis kata ganti secara umum, jika sebelumnya kamu telah mengetahui terkait kata ganti untuk subjek tunggal (singular). Maka berikut merupakan contoh kata ganti untuk subjek plural atau jamak.

Yourselves

Yourselves merupakan bentuk jamak dari kata ganti yourself. Layaknya penggunaan yourself, pada kata ini juga ditujukan untuk menunjuk beberapa orang yang jadi lawan bicara. Contohnya, you should do everything by yourselves (kalian harus melakukan segalanya sendiri). Kata yourselves digunakan sebagai kata ganti subjek you

Ourselves

Kata ourselves memiliki makna kami sendiri. Kata tersebut berasal dari kata our (kami) yang atau bentuk kepunyaan kata we yang menunjukan orang-orang disekitar termasuk sang pembicara. Contohnya, we should buy the present by ourselves (kami harus membeli hadiahnya sendiri. Kata ourselves merupakan kata ganti orang dari subjek we.

Themselves

Bentuk kata ganti orang yang terakhir yaitu, themselves yang bermakna mereka sendiri. Kata ini berasal dari kata them yang menunjukan sekumpulan orang. Contohnya, all of student prepare exam by themselves (semua pelajar mempersiapkan ulangannya sendiri). Kata themselves adalah kata ganti dari subjek all of student (they)

Ketika kamu sedang mempelajari bahasa Inggris, maka penting untuk memahami dengan betul mengenai reflexive pronoun. Hal tersebut dikarenakan, selain akan muncul dalam materi sekolah juga akan sangat sering digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi