perbedaan singular noun dan plural noun dalam bahasa inggris

Perbedaan Singular Noun dan Plural Noun dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kelompok kata. Diantaranya adalah noun, verb, adverb, adjective, pronoun, dan sebagainya. Setiap kelompok kata mempunyai fungsi dan penggunaan yang berbeda. Salah satu kelompok kata yang banyak digunakan adalah noun atau kata benda. Noun memiliki dua jenis yang berbeda yaitu singular noun, plural noun.

Tentunya kedua jenis noun tersebut memiliki definisi dan penggunaan yang berbeda. Perbedaan ini perlu diketahui, khususnya bagi kamu yang tengah mempelajari bahasa Inggris. Karena perbedaan kedua noun ini akan berpengaruh pula terhadap makna atau arti kalimat dalam bahasa Inggris.

Pengertian dan Contoh Singular Noun, Plural Noun

Untuk mengetahui perbedaan kedua jenis noun ini, hal paling utama yang wajib diketahui adalah pengertiannya. Penting untuk mempelajari materi ini ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Sebab, ini menjadi salah satu materi yang penting dalam bahasa Inggris. Berikut adalah pengertian dan contoh yang perlu diketahui dari singular beserta plural noun.

1. Pengertian dan Contoh Singular Noun

Singular noun merupakan kata benda, orang, tempat, ide yang bersifat tunggal dan tidak lebih dari satu. Umumnya, singular noun ini akan menggunakan atau menambahkan awalan a, an, atau the di awal kalimat.

Contoh kalimatnya adalah she is a doctor (dia adalah seorang dokter). Dalam kalimat tersebut, terlihat adanya a yang digunakan. Sehingga menandakan bahwa jumlah bendanya adalah satu atau tunggal.

2. Pengertian dan Contoh Plural Noun

Plural noun adalah kebalikan dari singular noun. Jika pada singular noun bentuk kata bendanya adalah tunggal, maka dalam plural noun adalah jamak. Plural noun digunakan untuk menunjukkan kata benda, orang, tempat, atau ide yang bersifat jamak dan lebih dari satu. Plural noun tidak menggunakan awalan a, an, atau, the. Namun, biasanya akan diakhiri dengan s.

Misalnya dalam kata cat, apabila jumlahnya banyak atau jamak maka akan berubah menjadi cats. Kata cats inilah yang disebut dengan plural noun. Contoh kalimatnya adalah my mom bought some apples yesterday (ibuku membeli beberapa apel kemarin) dan my father eats sandwiches last night (ayahku memakan beberapa roti lapis kemarin malam).

Baca Juga:
Mengenal Dependent Clause Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Singular Noun, Plural Noun: Penggunaan Singular Noun

Salah satu aspek yang paling membedakan singular dan plural noun adalah cara penggunaannya. Selain singular yang memiliki awalan a dan plural dengan akhiran s, terdapat contoh penggunaan lainnya. Oleh sebab itu, di bawah ini adalah ciri-ciri singular noun terlebih dahulu.

1. Diawali dengan a, an, Atau the

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa singular noun biasanya akan menggunakan awalan a, an, atau the. Untuk awalan a, biasanya digunakan pada kata benda yang diawali huruf konsonan. Misalnya adalah a girl, a glass, a cat, a fork, a handphone, dan sebagainya. Sedangkan awalan an biasanya digunakan untuk kata benda dengan awalan huruf vokal.

Misalnya adalah an apple, an example, and evidence, and athlete, an upside, an award, dan sebagainya. Sedangkan the digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan kata benda yang sifatnya sudah spesifik.

2. Menggunakan Diksi One

Berikutnya adalah menggunakan diksi atau kata one (sebuah, satu). Misalnya adalah one girl, one email, one icon, dan sebagainya. Kata tersebut menandakan bahwa benda yang disebutkan bersifat tunggal.

Baca Juga:
Macam Part Of Speech Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Singular Noun, Plural Noun: Penggunaan Plural Noun

Berikutnya adalah ciri-ciri dan penggunaan plural noun. Untuk penggunaan plural noun, sebenarnya lebih kompleks dibandingkan singular. Agar lebih jelas, simaklah penjabarannya di bawah ini!

1. Berakhiran S

Penggunaan pertama merupakan yang paling umum, yaitu diakhiri dengan s. Kata benda yang bersifat jamak dan merupakan irregular noun. Maka dapat menggunakan akhiran s. Misalnya adalah bags, apples, emails, dan sebagainya.

2. Imbuhan es

Berikutnya adalah berakhiran es untuk kata benda yang diakhiri oleh -sh, -ss, -x, dan ch. Contohnya adalah kata kerja glass, box, dish, dan match. Maka akan berubah menjadi glasses, boxes, dishes, dan matches.

3. Imbuhan ves

Selanjutnya adalah diakhiri dengan ves untuk noun yang berakhiran -fe serta -f. Misalnya adalah kata wife dan shelf. Sehingga, dua kata benda tersebut apabila jamak akan berubah menjadi wives dan shelves.

4. Imbuhan ies

Kata benda yang memiliki akhiran -y, maka -y tersebut akan berubah menjadi -ies. Contohnya adalah pada kata kerja city, library, dan baby. Apabila bentuknya jamak, maka akan berubah menjadi cities, libraries, dan babies.

5. Imbuhan os dan oes

Terakhir adalah kata benda yang diakhiri dengan -o. Maka, bentuk pluralnya akan menjadi berimbuhan os atau oes. Misalnya adalah zoo, hero, potato, dan video. Bentuk jamaknya akan berubah menjadi zoos, heroes, potatoes, dan videos.

Singular noun, plural noun sebenarnya bukanlah materi dalam bahasa Inggris yang sulit dipahami. Karena rumus dan penggunaanya pun tidak terlalu kompleks. Namun, tetap harus mengingat cara-cara penggunaannya. Terlebih pada plural noun yang memiliki cara penggunaan sangat bervariasi. Anda juga bisa menghubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web