Rumus Bahasa Inggris untuk Daily Conversation

Rumus Bahasa Inggris untuk Daily Conversation

Dalam percakapan sehari-hari, kamu dapat memahami dan menerapkan kemampuan berbahasa Inggris jika paham konteks penggunaan rumus bahasa inggris. Misalnya, ketika kamu ingin bertanya tentang apa yang sedang orang lain lakukan, maka pola kalimat tanya yang tepat adalah “what are you doing?”.

Tanpa memahami rumus dalam menyusun kalimat yang tepat, maka akan membuat kalimat yang kamu sampaikan susah dipahami oleh lawan bicara. Misalnya, saat kamu ingin bercerita bahwa “seekor ikan sedang dimakan kucing”, maka kalimat yang tepat adalah “a fish is being eaten by a cat.”, bukan “a fish eat a cat” karena maknanya sudah salah (seekor ikan makan seekor kucing)

Daftar Rumus Bahasa Inggris dalam Conversation

Berikut adalah rumus bahasa inggris atau pattern yang sangat membantu untuk daily conversation atau percakapan sehari-hari:

What are you up to on…?

Rumus ini beguna ketika kamu ingin mengundang seseorang, sebagaimana contoh berikut:

What are you up to on Friday night?

What are you up to this weekend?

Frasa ini terdengar sangat casual dan akrab. Jadi, konteksnya hanya dapat digunakan saat mengundang orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat. Gunakan “on” jika rencana mengundang dalam waktu dekat dan jelas di hari apa, tetapi jika belum spesifik tanpa diketahui harinya, gunakan seperti contoh kalimat kedua. Jangan gunakan frasa ini kepada teman-teman di tempat kerja atau teman di kelas.

How did you…?

Gunakan frasa ini ketika kamu ingin mendapatkan petunjuk bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Misalnya, ketika seorang teman mampu menggunakan sebuah komputer di kantor, tapi kamu belum tahu bagaimana mengoperasikannya. Nah, kamu bisa menggunakan frasa ini:

How did you do that? Please, teach me.

Atau, ketika kamu ingin tahu bagaimana seseorang berhasil menciptakan sesuatu, misalnya robot atau inovasi lainnya. Berikut kalimat yang bisa kamu coba:

How did you create that?

Jika kamu heran dengan masakan seorang teman atau keluarga yang rasanya sangat lezat, kamu juga bisa menggunakan frasa ini dengan kalimat berikut:

How did you make this dish? It’s very delicious.

I was … ing when…

Jika kamu ingin menceritakan sesuatu terjadi, padahal kamu sedang melakukan suatu aktivitas di hari kemarin, atau beberapa waktu lalu, gunakan pola kalimat ini. Berikut adalah contoh penggunaan pola tersebut:

I was sleeping when you came.

Rumus ini dikenal sebagai rumus progressive. Adanya verb-ing menandakan suatu aktivitas sedang berlangsung. Jadi, ketika saya sedang tidur, kamu (pada saat itu) datang.

Baca Juga: Macam Materi Conversation Dasar

Belajar Rumus Bahasa Inggris di ICAN English

Sekarang, kamu sudah memiliki beberapa rumus bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mudah dipelajari di zaman sekarang. Kamu bisa memanfaatkan berbagai teknologi modern, seperti aplikasi, podcast, streaming film, atau berita yang bisa kamu akses dari internet.

Jika kamu menginvestasikan waktu dan usaha untuk belajar Bahasa Inggris, maka kamu akan memiliki kemampuan speaking dan menjadi bagian dari 20% masyarakat dunia yang berbahasa Inggris. Saat ini, bahasa Inggris telah menjadi bahasa resmi di 67 negara. Dengan kemampuan tersebut, kamu jadi lebih mudah bepergian di berbagai belahan dunia. Kamu juga dapat berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Bingung mau belajar Bahasa Inggris, tetapi belum bisa konsisten? Coba saja belajar di ICAN English! Ada banyak kelas ataupun program yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan, termasuk conversation skill.

Kamu bisa mengambil kelas General Speaking atau Speaking for Business, sesuai level kemampuan yang sudah kamu miliki. Jika kamu masih berada di level 0, kamu juga bisa mengambil kelas privat untuk level beginner.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web