Rumus Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future Perfect Continuous Tense adalah: Subjek + Kata kerja bantu (will + have been) + Bentuk kata kerja-ing dari kata kerja utama + kalimat lainnya. Tenses ini merupakan bentuk kata kerja yang dapat digunakan untuk merujuk pada suatu tindakan yang akan terus berlanjut hingga suatu titik waktu tertentu di masa depan.

Future perfect continuous tense juga bisa disebut sebagai future perfect progressive tense. Jenis tenses ini menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang akan berlangsung ke waktu tertentu di masa depan. Mempelajari tenses apa pun dapat meningkatkan pemahaman tentang bahasa tersebut.

Penggunaan Rumus Future Perfect Continuous

Gunakan panduan berikut untuk belajar rumus future perfect continuous tense dan penggunaannya. Cara ini juga akan menambah ketepatan komunikasi dengan menunjukkan durasi suatu aktivitas hingga titik tertentu di masa depan.

Struktur dan Formula

Setelah kamu mengetahui rumus future perfect continuous tense, kamu bisa melakukan analisa struktur tense. Caranya adalah mengacu pada bagaimana perubahan struktur kalimat jika digunakan sebagai kalimat tanya positif, negatif, interogatif, atau negatif interogatif:

Struktur Future Perfect Continuous Tense
PositifNegatifInterogatifNegatif Interogatif
subjek + will + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, Tom will have been living in Surabaya for two years.
subjek + will + not + have +been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, Tom will not have been living in Surabaya for two years.
Will + subjek + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, will Tom have been living in Surabaya for two years?
Will + subjek + not + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.(atau)Won’t + subjek + have + been + verb-ing dari verb utama + kalimat lanjutan.Contoh:In February, will Tom not have been living in Surabaya for two years?

Hal-hal yang Perlu Diingat Saat Menggunakan Future Perfect Continuous Tense

Faktanya, future perfect continuous tense adalah tense yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris. Namun, ada baiknya mempelajari cara menggunakan tense karena kamu tidak pernah tahu kapan perlu menggunakan tense tersebut.

Jadi, ketika harus menggunakan future perfect continuous tense, perlu diingat bahwa tense tersebut memiliki tiga kata kerja bantu – will, has, dan been, diikuti oleh bentuk verb-ing dari kata kerja utama. Future perfect continuous tense hanya dapat digunakan dengan kata action verbs, bukan stative verbs.

Penggunaan Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future perfect continuous tense dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menunjukkan suatu tindakan atau peristiwa yang akan terus berlangsung, hingga suatu titik waktu tertentu atau peristiwa lain di masa depan. Untuk menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa yang menjadi penyebab tindakan atau peristiwa lain di masa depan.

Dengan menggunakan Future Perfect Continuous Tense, kamu dapat memberikan konteks dan informasi tambahan tentang sifat yang sedang berlangsung dari suatu tindakan. Hal ini membantu menyampaikan pesan yang lebih rinci dan bernuansa, terutama ketika mendiskusikan rencana atau acara di masa depan.

Tense ini sangat berguna ketika kamu juga ingin menekankan durasi suatu aktivitas yang akan berlanjut hingga titik tertentu di masa depan. Sehingga, keterampilan komunikasi yang kamu miliki jadi lebih ekspresif.

Mau lebih ekspresif dalam menyampaikan hal apapun menggunakan Bahasa Inggris? Langsung gabung di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English hari ini juga! Selain sebagai cara untuk meningkatkan potensi bahasa, kamu juga akan bertemu dengan tutor yang suportif di kelas yang intensif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web