Rumus Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future Perfect Continuous Tense adalah: Subjek + Kata kerja bantu (will + have been) + Bentuk kata kerja-ing dari kata kerja utama + kalimat lainnya. Tenses ini merupakan bentuk kata kerja yang dapat digunakan untuk merujuk pada suatu tindakan yang akan terus berlanjut hingga suatu titik waktu tertentu di masa depan.

Future perfect continuous tense juga bisa disebut sebagai future perfect progressive tense. Jenis tenses ini menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang akan berlangsung ke waktu tertentu di masa depan. Mempelajari tenses apa pun dapat meningkatkan pemahaman tentang bahasa tersebut.

Penggunaan Rumus Future Perfect Continuous

Gunakan panduan berikut untuk belajar rumus future perfect continuous tense dan penggunaannya. Cara ini juga akan menambah ketepatan komunikasi dengan menunjukkan durasi suatu aktivitas hingga titik tertentu di masa depan.

Baca juga : Panduan Lengkap Belajar Rumus Past Perfect Progressive

Struktur dan Formula

Setelah kamu mengetahui rumus future perfect continuous tense, kamu bisa melakukan analisa struktur tense. Caranya adalah mengacu pada bagaimana perubahan struktur kalimat jika digunakan sebagai kalimat tanya positif, negatif, interogatif, atau negatif interogatif:

Struktur Future Perfect Continuous Tense
PositifNegatifInterogatifNegatif Interogatif
subjek + will + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, Tom will have been living in Surabaya for two years.
subjek + will + not + have +been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, Tom will not have been living in Surabaya for two years.
Will + subjek + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.
Contoh:In February, will Tom have been living in Surabaya for two years?
Will + subjek + not + have + been + verb-ing dari main verb + kalimat lanjutan.(atau)Won’t + subjek + have + been + verb-ing dari verb utama + kalimat lanjutan.Contoh:In February, will Tom not have been living in Surabaya for two years?

Hal-hal yang Perlu Diingat Saat Menggunakan Future Perfect Continuous Tense

Faktanya, future perfect continuous tense adalah tense yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris. Namun, ada baiknya mempelajari cara menggunakan tense karena kamu tidak pernah tahu kapan perlu menggunakan tense tersebut.

Jadi, ketika harus menggunakan future perfect continuous tense, perlu diingat bahwa tense tersebut memiliki tiga kata kerja bantu – will, has, dan been, diikuti oleh bentuk verb-ing dari kata kerja utama. Future perfect continuous tense hanya dapat digunakan dengan kata action verbs, bukan stative verbs.

Baca juga : Perbedaan Perfect Tense Dan Past Tense

Penggunaan Future Perfect Continuous Tense

Rumus Future perfect continuous tense dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menunjukkan suatu tindakan atau peristiwa yang akan terus berlangsung, hingga suatu titik waktu tertentu atau peristiwa lain di masa depan. Untuk menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa yang menjadi penyebab tindakan atau peristiwa lain di masa depan.

Dengan menggunakan Future Perfect Continuous Tense, kamu dapat memberikan konteks dan informasi tambahan tentang sifat yang sedang berlangsung dari suatu tindakan. Hal ini membantu menyampaikan pesan yang lebih rinci dan bernuansa, terutama ketika mendiskusikan rencana atau acara di masa depan.

Tense ini sangat berguna ketika kamu juga ingin menekankan durasi suatu aktivitas yang akan berlanjut hingga titik tertentu di masa depan. Sehingga, keterampilan komunikasi yang kamu miliki jadi lebih ekspresif.

Baca juga : Belajar Grammar Bahasa Inggris Tenses Untuk Pemula

Mau lebih ekspresif dalam menyampaikan hal apapun menggunakan Bahasa Inggris? Langsung gabung di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English hari ini juga! Selain sebagai cara untuk meningkatkan potensi bahasa, kamu juga akan bertemu dengan tutor yang suportif di kelas yang intensif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.