3 Siaran Radio untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Siaran Radio untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris kini bisa dilakukan di manapun. Dengan perkembangan internet yang semakin cepat, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kapanpun dan di manapun. Salah satu media yang bisa kamu gunakan adalah siaran radio bahasa Inggris.

Dengan siaran radio berbahasa Inggris yang tepat, kamu bisa belajar mendengarkan percakapan bahasa Inggris kapanpun di manapun. Radio adalah salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan mendengar kamu, sambil membiasakan diri dengan kecepatan dan nada penutur asli bahasa Inggris.

3 Rekomendasi Siaran Radio untuk Belajar Bahasa Inggris

Para pelajar bahasa Inggris harus selalu mulai berlatih dengan mendengarkan stasiun radio yang sesuai untuk mereka. Umumnya, pembicara dalam acara ini akan menggunakan bahasa Inggris dengan kecepatan yang lebih lambat dan menggunakan kosakata sederhana.

Tujuan dari acara radio ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pendengar bahasa Inggris secara keseluruhan. Berikut beberapa siapan radio bahasa Inggris yang bisa kamu dengarkan.

Baca Juga:
Web untuk Belajar Bahasa Inggris

1. Voice of America

Ini adalah salah satu sumber belajar bahsa Inggris yang paling terkenal untuk belajar American English. Siaran radio berjudul Learning English Broadcast adalah program radio yang didesain khusus untuk pemula dan pelajar menengah.

Dalam program radio ini, para presenter selalu berbicara dengan suara yang jauh lebih lambat dan lebih jernih daripada acara radio yang ditujukan untuk penutur asli. Kosakata juga dipilih secara khusus agar pelajar dapat dengan mudah memahami dan menangkap arti kata-kata yang digunakan.

2. BBC Learning English

Seperti namanya, acara ini menyediakan episode pendek untuk aktivitas mendengarkan bahasa Inggris secara cepat. Episode ini ideal untuk pelajar tingkat menengah. Audionya sendiri tampak seperti acara radio lainya dengan bahasa Inggris yang lebih sederhana.

Tapi di setiap episode mencakup kegiatan, soal latihan dan daftar kata dengan artinya. Ini semua bisa digunakan untuk meningkatkan kosakata kamu.

3. Bloomberg Radio

Bloomberg adalah saluran berita internasional yang berfokus pada keuangan, bisnis, pasar, dan segala sesuatu yang terkait dengannya. Mereka sering meliput kasus hukum, politik Amerika dan perubahan kebijakan yang mempengaruhi pasar.

Acara radio ini menggunakan bahasa yang sederhana dan nada yang jelas. Meskipun kamu juga akan mendengar banyak istilah keuangan teknis. Jika kamu mencoba belajar bahasa Inggris untuk bisnis, sebaiknya kamu mendengarkan stasiun ini selama sekitar 10 menit, mencatat berita utama dan kata-kata teknis, lalu pergi ke situs web utama mereka untuk membaca artikel tentang berita tersebut.

Baca Juga:
Percakapan Harian Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Radio

Banyak sekali orang menyukai musik, namun siaran radio bahasa Inggris tak hanya tentang musik. Kamu bisa mendengar banyak acara dengan variasi yang beragam untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Dengan begitu, kamu masih dapat menikmati musik kesukaan, sambil belajar intonasi bahasa Inggris dan mendengarkan dengan lebih baik melalui percakapan alami di radio. Acara radio bincang-bincang mencakup banyak topik berbeda, dari olahraga hingga sains, jadi pilihlah sesuatu yang menarik minat kamu.

Untuk melakukan ini, gunakan Google dan ketik: radio + (wilayah yang kamu inginkan) + (jenis acara yang kamu cari). Misalnya, jika kamu menginginkan acara radio hiburan dari California, ketik “hiburan radio California” ke pencarian Google atau dalam bahasa Inggris radio California entertainment.

Cobalah dengarkan beberapa stasiun radio bahasa Inggris online yang berbeda sampai kamu menemukan yang paling kamu sukai.

Jika kamu ingin belajar melalui siaran radio bahasa Inggris, kamu harus mencari stasiun radio yang melaporkan berita, memberi tahu cuaca, atau memberikan saran. Dengan begitu, kamu akan mendengar bahasa Inggris yang jelas plus informasi yang relevan dengan kehidupan kamu sendiri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web