strategi efektif belajar english conversation practice exercises

Strategi Efektif Belajar English Conversation Practice Exercises

Menentukan strategi yang tepat ketika ingin belajar english conversation practice exercises adalah langkah penting yang menentukan keberhasilan. Sama seperti saat pertama kali anak-anak belajar berbicara, maka hal pertama yang dilakukan adalah aktif mendengarkan. Dari apa yang mereka dengar, mereka akan mulai meniru berbicara, membaca, dan akhirnya menulis.

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, kamu wajib latihan secara konsisten, terutama dalam empat keterampilan bahasa – mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Bagaimana agar kamu bisa mempelajari semua skill tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Triknya adalah menjadikan bahasa inggris sebagai bagian dari rutinitas hidup.

Cara Efektif Belajar English Conversation

Sedang mencari strategi paling efektif untuk mulai belajar english conversation practice exercises? Ada beberapa teknik yang bisa kamu pelajari. ICAN English akan membagikan beberapa tips agar kamu bisa berlatih percakapan bahasa inggris sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online

1. Gabung Klub Berbahasa Inggris

Metode paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris adalah latihan berinteraksi. Conversation atau percakapan membantu agar kamu tetap latihan bahasa inggris sambil meningkatkan kemampuan mendengarkan lawan bicara. Pastikan kamu mempunyai orang-orang yang sangat terbuka, suka belajar bersama.

Misalnya, kamu dapat memanfaatkan Google atau grup di medsos yang senang belajar berinteraksi dalam bahasa inggris. Atau, kamu bisa mencari grup yang berfokus pada Business English.

ICAN English bisa menjadi tempat tepat kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris untuk berbagai kebutuhan. Ada kelas Business English jika kamu fokus ingin meningkatkan kemampuan berbahasa untuk kebutuhan pekerjaan. Atau, kamu bisa mengambil kelas lainnya jika tertarik belajar TOEFL, IELTS, hingga ujian SAT. Dengan pembelajaran interaktif, kamu juga bisa mengambil kelas online, loh!

2. Gunakan Cermin dan Fokus Berlatih

Luangkan waktu beberapa menit saja setiap harinya di depan cermin. Berdiri, dan mulai berbicara dengan topik yang sudah kamu pilih untuk berbicara sendiri. Atur waktu selama 3 menit dan cobalah berdiskusi dengan partner khayalan. Tujuan metode ini adalah menganalisa cara kamu berbicara, fokus pada pengucapan, dan belajar bagaimana menyampaikan ide dalam bahasa inggris tanpa berhenti berbicara.

Latihan ini juga menguntungkan, karena kamu bisa  memperhatikan kesalahan secara konsisten yang sering kamu lakukan, dan catat itu. Jika kamu berhenti berbicara pada sebuah kata yang tidak kamu tahu, catat dan segera cari tahu kata tersebut setelah selesai latihan berbicara. Kamu bisa mengganti kata tersebut dengan kata lainnya, atau deskripsikan saja dengan cara lain.

3. Latihan Mendengarkan Secara Pasif

Latihan ini sangat penting dan mudah. Cara terbaik belajar berbahasa, meskipun kamu tidak sedang belajar, kamu bisa mendengarkan secara pasif. Strategi belajar ini sangat sesuai ketika kamu merasa terlalu banyak pekerjaan yang sudah kamu lakukan hari ini, sehingga kamu tidak punya banyak waktu untuk latihan seperti biasanya. Cobalah untuk mendengarkan musik berbahasa inggris atau audiobook saat ada waktu luang.

Ketika mendengarkan berbagai musik bahasa inggris, perhatikan penggunaan liriknya. Cari tahu apa maksud dari konteks lagu tersebut. Tidak perlu malu untuk bernyanyi bahasa inggris untuk melatih lidah agar terbiasa berbahasa inggris.

4. Rajin Membaca

Membaca tidak hanya sekedar hobi. Kamu bisa membaca berbagai bacaan bahasa inggris untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, meningkatkan kemampuan bealjar dan berkonsentrasi. Luangkan waktu minimal 15 menit setiap harinya untuk membaca bacaan bahasa inggris.

Saat membaca, pastikan kamu telah menemukan spot terbaik untuk membaca dengan nyaman, tanpa ada gangguan. Buat kegiatan membaca sangat efektif. Misalnya, kamu bisa menggunakan pen, kamus, dan vocabulary untuk memulai menulis beberapa kata baru dan ungkapan. Atur ponsel kamu dalam mode hening untuk memastikan otak hanya berfokus pada kegiatan membaca dan menulis.

5. Latihan Menulis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan diri sendiri, sehingga cukup baik pula untuk membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Menurut hasil berbagai penelitian, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan pen dan catatan, sesederhana itu! Cobalah untuk menulis pengalaman sehari-hari secara rutin.

Baca Juga:
Tips Belajar Basic English Conversation Lesson

Keuntungan Belajar Percakapan

Percakapan adalah alat paling penting dalam membangun hubungan, menciptakan komitmen, dan mencapai tujuan-tujuan hidup. Semua orang dalam berorganisasi harus mampu menguasai keterampilan berinteraksi sebagai bagian dari leadership skill. 

Kemampuan berinteraksi membuat kamu lebih mudah mengubah pengetahuan dalam bentuk tindakan, karena kamu dapat memberikan arahan saat harus bekerja sama. Kemampuan berinteraksi juga menunjukkan bahwa kamu mampu membaur dengan orang-orang yang berbeda usia, budaya, ekspektasi, dan bahasa.

Tanpa adanya kemampuan berinteraksi, maka tidak akan tercipta cara komunikasi yang baik. Seseorang yang mampu berinteraksi, juga pasti mempunyai kemampuan active listening dan kesadaran diri yang tinggi.

Mengembangkan potensi diri dengan belajar English conversation practice exercises, adalah salah satu cara terbaik saat ini. Kamu bisa mengembangkan berbagai potensi profesional dari kemampuan berinteraksi. Itu artinya, kamu mampu bekerja sama, bersosial, dan berkomunikasi dengan orang lain di bidang kerja apapun.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web