jenis permainan dalam bahasa inggris, bisa buat belajar!

Jenis Permainan dalam Bahasa Inggris, Bisa Buat Belajar!

Ada banyak jenis permainan dalam Bahasa Inggris yang dapat membuat mood belajar lebih baik. Banyak orang beranggapan belajar bahasa inggris itu susah dan membutuhkan waktu lama. Selain itu, saat belajar vocabularies atau kosakata, selalu dihadapkan dengan kegiatan monoton seperti hafalan.

Agar belajar bahasa inggris jauh lebih mudah dan menyenangkan, kamu bisa menyediakan waktu khusus dengan metode belajar sambil bermain. Dengan cara inilah, maka suasana belajar terasa lebih menyenangkan dan lebih hidup.

3 Jenis Permainan Bahasa Inggris untuk semua Kalangan Pelajar

Berikut adalah pilihan jenis permainan dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan sebagai ice breaker:

Baca Juga:
Permainan Kosakata Bahasa Inggris

1. The Mime

The Mime atau tebak gaya adalah sebuah permainan menarik yang dapat menguji kemampuan tenses atau koleksi verb. Guru-guru juga dapat menggunakannya untuk ice breaking supaya menyegarkan suasana proses belajar mengajar yang lama dan menguras konsentrasi.

Speaking dan vocabulary adalah dua konten utama dalam permainan tersebut. Tulis beberapa aktivitas dalam Bahasa Inggris di kertas. Lalu, gulung kertas tersebut, masukkan dalam mangkok atau toples. Contoh verb yang bisa kamu tulis adalah berikut:

  • Jumping
  • Running
  • Sleeping
  • Eating

Bagi kelas dalam dua tim, dan pilih tim mana yang akan bermain. Masing-masing tim menentukan siapa orang pertama yang akan mulai mempraktekkan gerakan dan anggota timnya harus menebak untuk memperoleh poin.

2. Word Jumble Race

World Jumble Race adalah permainan puzzle. Permainan tersebut terbilang kompetitif untuk menstimulasi siswa bekerja bersama tim.

Game tersebut berguna jika ingin melatih tenses, grammar, ataupun penataan kata di dalam kalimat. Game tersebut juga membantu melatih berbagai kemampuan murid dalam kegiatan reading. Konten materi di dalam permainan tersebut yaitu grammar, ejaan, dan vocabulary.

Teknis permainannya dipatuhi saat bermain game. Pertama, siapkan kalimat yang diperlukan dan pastikan jumlah kalimat sesuai jumlah kelompok. Potong kalimat tersebut jadi beberapa kata. Sehingga, mereka harus menyusun kata tersebut menjadi kalimat jika ingin jadi pemenang.

Baca Juga:
Permainan Tradisional dalam Bahasa Inggris

3. Hot Seat

Hot seat merupakan game belajar bahasa inggris yang menyenangkan dalam speaking, vocabulary, ataupun listening. Bagi peserta menjadi beberapa tim. Masing-masing tim diminta menunjuk satu orang duduk di hot seat.

Peserta yang duduk di hot seat menghadap timnya, sedangkan di belakang kursi tersebut tersedia papan tulis.

Guru harus menulis sebuah kata di papan tulis, lalu anggota tim wajib mendeskripsikan kata tersebut. Contoh, guru dapat menulis buku. Anggota bisa memberikan petunjuk seperti:

It is thick, but it can be thin. It contains paper and we write on it.

Kalau tidak bisa menebak, maka peserta diberi hukuman ringan namun menyenangkan, seperti menggunakan coretan bedak di wajah.

Baca Juga:
Game Untuk Belajar Grammar Bahasa Inggris

Apakah Efektif Belajar Bahasa Inggris Melalui Permainan?

Dengan belajar sambil bermain, maka akan lebih efektif karena menciptakan suasana lebih menyenangkan. Di ICAN English, kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran bahasa inggris dengan banyak macam permainan. Semua itu ditujukan agar kamu bisa meningkatkan skill bahasa dan belajar tanpa merasa terbebani.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis permainan dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan. Namun, apakah belajar bahasa inggris dengan permainan adalah metode efektif?

Dengan permainan, maka para pelajar bisa mengembangkan aspek kognitif. Selama kegiatan berlangsung, para pelajar akan mendapatkan materi yang lebih mudah ditangkap serta meningkatkan kemampuan berpikir.

Pelajar juga akan mempunyai pengetahuan ataupun pengalaman baru, termasuk menggunakan bahan ataupun alat, melihat benda baru atau mendengarkan penjelasan orang lain. Jadi, pemahaman dirinya dan lingkungan akan terus bertambah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web