strategi mengerjakan soal reading toefl

Strategi Mengerjakan Soal Reading TOEFL

TOEFL merupakan jenis tes bahasa Inggris yang outputnya berupa sertifikat. Dalam sertifikat, biasanya terdapat skor atau nilai yang didapatkan dari tes TOEFL. Untuk mendapatkan skor yang tinggi, maka kamu perlu memaksimalkan semua bagian. Misalnya di bagian skill reading. Sebaiknya, kamu pun mengetahui strategi reading TOEFL.

Karena dalam soal TOEFL pun biasanya terdapat waktu yang berjalan. Sehingga kamu perlu mengerjakan TOEFL dengan waktu yang pas dan diusahakan mengisi semua soalnya. Dengan waktu terbatas, tentunya terdapat beberapa strategi yang perlu dilakukan. Terlebih dalam soal reading. Karena akan cukup banyak teks atau bacaan dan kamu diharuskan mencari intinya.

Strategi Reading TOEFL Agar Hasil Maksimal

Soal reading biasanya akan disimpan di akhir bagian. Apabila kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di soal listening. Maka waktu untuk soal reading akan semakin sedikit. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukanlah beberapa strategi penting ketika mengerjakan reading. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa strategi dan triknya di bawah ini!

Baca Juga:
Soal TOEFL Parallel Structure

1. Membaca Soal atau Pertanyaan Terlebih Dahulu

Strategi pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membaca soalnya terlebih dahulu. Ketika kamu sudah mulai memasuki bagian reading. Maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membaca soalnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu membuang banyak waktu hanya untuk membaca teksnya secara berulang kali.

Dengan membaca soalnya terlebih dahulu, maka kamu akan mengetahui konteks atau inti apa yang ditanyakan dalam teks tersebut. Misalnya di soal pertama, soalnya adalah gagasan utama dalam teks. Sehingga, kamu hanya perlu mengetahui gagasan utamanya. Tanpa perlu mencari tahu hal lain dalam teks tersebut. Sehingga, waktu mengerjakannya pun akan semakin cepat.

2. Menemukan dan Mengetahui Kata Kunci

Strategi reading TOEFL berikutnya adalah dengan menemukan kata kunci pada soal. Ketika membaca soal, carilah kata kuncinya terlebih dahulu sebelum membaca teksnya. Kata kunci yang ada pada soal biasanya berupa pertanyaan inti dari soal tersebut. Misalnya, terdapat soal yang teksnya membicarakan terkait proses pembentukan pelangi.

Di soal reading, kamu akan melihat pertanyaan terkait bagaimana terjadinya atau proses pembiasan cahaya. Maka, kata kuncinya adalah proses pembiasan cahaya. Setelah menemukan kata kunci, maka kamu dapat segera membaca teksnya dan carilah kata kunci tersebut. Sehingga, tidak memerlukan atau memakan waktu terlalu lama dalam menyelesaikan soal.

Baca Juga:
Cara Cek Keaslian Sertifikat TOEFL ITP

3. Menjawab Soal dengan Percaya Diri

Strategi terakhir adalah menjawab soal dengan percaya diri. Dalam soal reading, biasanya disebutkan bahwa semua jawaban itu benar. Namun, terdapat satu jawaban yang paling benar. Oleh sebab itu, tanamkan kepercayaan diri ketika mengerjakan soal.

Karena tes yang satu ini cukup rumit dan ada banyak bagian yang harus diselesaikan, banyak siswa memutuskan untuk bergabung dalam kursus persiapan TOEFL. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang menyediakan kursus ini. Kamu akan belajar dari para ahli dan mempelajari materi yang sesuai dengan tes ini.

Untuk mengerjakan soal reading lebih optimal. Maka disarankan untuk melakukan strategi reading TOEFL di atas. Jangan lupa untuk melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Agar lebih siap dalam menghadapi TOEFL.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi