definisi superlative degree, contoh dan bentuk penggunaannya!

Definisi Superlative Degree, Contoh dan Bentuk Penggunaannya!

Ketika belajar tentang cara membandingkan dalam bahasa Inggris, maka terdapat beberapa tingkatan, yaitu positive degree, comparative degree, dan superlative degree. Materi tingkat perbandingan harus kamu kuasai karena sangat dibutuhkan dalam percakapan sehari-hari.

Misalnya, ketika kamu ingin menyatakan bahwa kamu adalah orang yang paling bahagia di dunia, maka kamu harus tahu bentuk superlative degree dari kata paling bahagia, yaitu happiest.

Mengenal Definisi Superlative Degree

Berbeda dengan positive degree dan comparative degree, superlative degree merupakan bentuk tingkat perbandingan terakhir, atau tertinggi dalam Bahasa Inggris. Bentuk perbandingan tersebut digunakan untuk menyatakan tingkat paling. Jika dalam bahasa Indonesia, bentuknya adalah yang paling…, atau ter-.  Misalnya, yang paling tinggi/ tertinggi, yang paling pintar/terpintar, dan sebagainya.

Superlative digunakan ketika kamu ingin membandingkan tiga atau lebih benda (noun), bisa berupa orang, binatang, atau benda mati. Biasanya, kata yang menandaka superlative disertai dengan akhiran -est, atau diawali dengan “The most…”. Untuk itu, kamu wajib tahu, kapan harus menggunakan akhiran -est dan awalan the most.

Aturan Penggunaan Superlative Degree

Berikut adalah aturan penggunaan dan rumus superlative degree yang harus kamu perhatikan:

1. Digunakan untuk membicarakan satu objek

Penggunaan superlative hanya untuk membicarakan satu objek, hal, atau orang saja, seperti contoh berikut: I think Ratih is the smartest student in this class.

Dalam contoh kalimat tersebut, Ratih adalah bahan pembicaraan, orang yang merupakan pelajar paling pintar di kelas tersebut. Jadi, ratih adalah orang ketiga yang sedang menjadi bahan pembicaraan “I”dan lawan bicaranya.

Baca Juga:
Penjelasan Lengkap Seputar Degree of Comparison

2. Diawali the most atau penambahan akhiran -est

Ada dua cara dalam menggunakan superlative, yaitu “the most” dan akhiran “-est”. Dibutuhkan ketelitian untuk mengetahui kaapn harus menggunakan the most atau -est.

Untuk adjective dan adverb yang mempunyai dua suku kata, maka dapat menggunakan awalan seperti the most, dengan contoh berikut:

Handsome – The most handsome

Modern – The most modern

Expensive – The most expensive

Aturan penggunaan superlative “The most” juga berlaku pada adverb atau adjective yang berbentuk past participle dengan akhiran -d/-ed, seperti contoh berikut:

Tired – the most tired

Bored – the most bored

Visited- the most visited

Polished – the most polished

Dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa kata yang menggunakan imbuhan -est, karena adanya huruf akhiran -y, berubah menjadi “i” dan ditambah -est, seperti contoh berikut:

Happy – Happiest

Pretty – Prettiest

Funny – Funniest

Easy – Easiest

Jika terdapat adjective dan adverb yang mempunyai satu suku kata saja, maka kamu harus menggunakan -est. Aturan ini biasanya digunakan apabila ada dua huruf konsonan pada ujung kata, dengan bentuk berpola: consonant-vocal-consonant, seperti contoh berikut:

Cold

Cold mempunyai pola c (consonant) – o (vocal) – l (consonant). Sehingga superlative dari cold adalah coldest. Begitu juga dengan contoh lainnya seperti fat, fine, rich, tall, dan thin.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Superlative Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Superlative Degree

Berikut adalah 10 contoh kalimat superlative degree:

1. Tallest

The Empire State Building is the tallest skyscraper in New York City.

(Gedung Empire State adalah gedung pencakar langit tertinggi di Kota New York.)

“Tallest” digunakan untuk menyatakan bahwa Gedung Empire State memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada gedung-gedung lainnya di New York City.

2. Highest

This building is the highest in the city.

(Bangunan ini adalah yang paling tinggi di kota ini)

“Highest” digunakan untuk menunjukkan bahwa bangunan ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada bangunan lainnya di kota tersebut.

3. Coldest

Contoh kalimat superlative degree menggunakan kata coldest:

Antarctica is the coldest continent on Earth.

(Antartika adalah benua yang paling dingin di Bumi.)

“Coldest” digunakan untuk menyatakan bahwa Antartika memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan dengan semua benua lain di Bumi.

4. Longest

This river is the longest in the world.

(Sungai ini adalah sungai terpanjang di dunia.)

“Longest” digunakan untuk mengindikasikan bahwa Sungai yang dimaksud adalah yang paling panjang dibandingkan dengan semua sungai di seluruh dunia.

5. Fastest

The cheetah is the fastest land animal.

(Cheetah adalah hewan darat tercepat.)

“Fastest” digunakan untuk menunjukkan bahwa cheetah adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan tertinggi.

6. Largest

This ocean is the largest on Earth.

(Samudera ini adalah samudera terbesar di Bumi.)

“Largest” digunakan untuk menggambarkan bahwa Samudera yang dimaksud memiliki luas yang lebih besar dibandingkan dengan semua samudera lain di muka bumi.

7. Driest

The Sahara Desert is the driest place on Earth.

(Padang pasir Sahara adalah tempat yang paling kering di Bumi.)

“Driest” digunakan untuk menunjukkan bahwa Sahara adalah tempat dengan curah hujan terendah di seluruh Bumi.

8. Deepest

The Grand Canyon is the deepest canyon in the United States.

(Grand Canyon adalah kanion terdalam di Amerika Serikat.)

“Deepest” digunakan untuk mengindikasikan bahwa Grand Canyon adalah kanion yang memiliki kedalaman terbesar di Amerika Serikat.

9. Strongest

Contoh superlative degree dari kata strongest:

This is the strongest winds I have known on our planet.

(Ini adalah angin terkuat yang pernah aku tahu di bumi kita.)

“Strongest” digunakan untuk menunjukkan bahwa angin yang dimaksud adalah yang terkuat dibandingkan dengan angin di tempat lain.

10. Most Visited

This Museum is the most visited in Italy.

(Museum ini merupakan museum yang paling banyak dikunjungi di Italia.)

“Most visited” digunakan untuk menggambarkan bahwa museum yang ada di Italia tersebut adalah museum yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung dari seluruh dunia.

Itulah penjelasan lengkap tentang superlative degree yang berguna ketika kamu ingin membandingkan sesuatu dengan yang lainnya dan menunjukkan bahwa objek yang dibicarakan adalah yang terbaik atau yang paling tinggi, terpanjang, tercepat, atau yang terbesar dalam kategori tertentu.

Mau jago berbahasa Inggris? Ikuti program General English ICAN English untuk belajar dari nol sampai mahir! Dijamin, level bahasa Inggris kamu pasti lebih meningkat! program General English

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi